App Store Apple Akan Hapus Massal Aplikasi yang Tak Menerima Update dari Pengembangnya

Apple Blokir 1,6 Juta Aplikasi Berbahaya Beresiko Tipu Pegguna
Apple Blokir 1,6 Juta Aplikasi Berbahaya Beresiko Tipu Pegguna

Selular.ID – App Store Apple akan menghapus massal aplikasi yang tidak menerima update dari pengembangnya.

Apple tampaknya melakukan penghapusan massal terhadap aplikasi-aplikasi yang tak lagi menerima update dari pengembangnya.

Mereka mengirimkan email dengan subjek “App Improvement Notice” atau ‘Pemberitahuan Peningkatan Aplikasi’ kepada para pengembang yang terdampak.

Apple mungkin akan menindak aplikasi yang tidak lagi memberikan pembaruan.

TONTON JUGA:

Dalam email tangkapan layar yang dikirim ke pengembang yang terpengaruh, Apple memperingatkan akan menghapus aplikasi dari App Store bagi pengembang yang belum memperbarui aplikasi dalam waktu yang signifikan.

Apple memberikan waktu pengembang hanya 30 hari untuk memperbarui aplikasi.

“Anda dapat membuat aplikasi ini tersedia bagi pengguna baru untuk Anda temukan dan unduh dari App Store dengan mengirimkan pembaruan untuk ditinjau dalam 30 hari,” tulis Apple dalam email, dilansir dari The Verge, Selasa (26/4/2022).

Sementara Apple akan menghapus aplikasi usang dari App Store, semua aplikasi yang Anda unduh sebelumnya akan tetap ada di pengguna.

Sejumlah pembuat aplikasi, seperti pengembang Protopop Games Robert Kabwe menyatakan keprihatinan mereka tentang perubahan tersebut.

Kabwe mengatakan di Twitter bahwa Apple mengancam akan menghapus gimnya yang berfungsi penuh, Motivoto, karena belum ada pembaruan sejak Maret 2019.

Sedangkan, Kosta Eleftheriou, pengembang keyboard FlickType Apple Watch, mengatakan Apple menghapus versi aplikasinya khusus untuk tunanetra.

Hal ini karena tidak ada pembaruan dalam dua tahun.

Ada Kritikan

Baca juga: TSMC Ungkap Akan Raih Pendapatan Rp244 Triliun pada 2022 Hanya Dari Apple?