Pentingnya Bahasa Pemrograman yang Simple, Mudah Dipahami Bagi Bisnis

Pentingnya Bahasa Pemrograman yang Simple, Mudah Dipahami Bagi Bisnis
Pentingnya Bahasa Pemrograman yang Simple, Mudah Dipahami Bagi Bisnis

Selular.ID – Paques penyedia solusi big data analitik buatan Indonesia, memperkenalkan PQL (Paques Query Language), yakni bahasa pemrograman yang Powerful janjikan kemudahan dipahami bagi bisnis.

Benni Adham, CEO & Product Creator Pagues menyebutkan, pemanfaatan data dalam bisnis saat ini masih terbilang kurang efisien, meskipun kesadaran mengenai pentingnya data itu sendiri sudah cukup tinggi.

Terkait hal itu, bahasa pemrograman dirancang Pagues, untuk menghadapi masalah inefisiensi pengolahan data, menyediakan kemudahan bagi pengguna bisnis guna mempercepat waktu pemasaran.

Pengolahan data yang umumnya merupakan proses yang kompleks, dapat dikerjakan hanya menggunakan satu platform.

Dengan performa tinggi oleh Paques, menggunakan bahasa pemrogaman yang dibuat sendiri.Dilengkapi Distributed Asynchronous Parallel Pipeline Processing yang mana adalah core dari Paques itu sendiri.

Baca Juga: Berdayakan Big Data dan AI, Prixa dan AdMedika Hadirkan Akses Layanan Kesehatan dan Telemedisin secara Cashless

Selain itu, bahasa pemrogaman buatan Paques ini memungkinkan pengguna tanpa kemampuan koding untuk mengoperasikan Paques secara mudah dengan adanya fitur drag-and-drop, secara praktis dan signifikan dapat menyederhanakan proses data analitik pengguna bisnis.

“Paques memungkinkan data yang masuk secara apa adanya langsung dapat diolah dengan cepat, dengan teknologi yang kita buat sendiri yaitu Distributed Asynchronous Parallel Pipeline Processing, menghasilkan data yang dapat dipresentasikan dengan cepat untuk users” , papar Benni.

Onno W. Purbo, Pakar Teknologi Informasi menuturkan, pemanfaatan data sebagai bentuk pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis atau data driven merupakan pokok dari materi presentasi yang dibawakan.

Artinya, teknologi saat ini data dilihat sebagai aset yang sangat penting, di mana pemanfaatan data yang efektif dapat membantu bisnis dalam melakukan analisa prediktif untuk memprediksi permintaan pelanggan serta mendorong proses pengambilan keputusan optimal dan efisiensi pengelolaan bisnis.

Proses pengolahan data yang umumnya ada saat ini merupakan bagian yang cukup kompleks dan memakan tidak hanya waktu, tetapi juga sumber daya yang tidak sedikit dengan adanya kebutuhan berbagai macam tools atau software untuk mendukung fungsi seperti analisa data dan visualisasi data.

Sementara Wahyudi Chandra Purnama, General Manager Network Service Assurance, Telkomsel Sumbagsel menamhkan, dengan menggandeng Paques untuk mengolah data yang sangat besar dengan respon yang sangat diandalkan.

Baca Juga: Paques CLoud Connect, Bidik UMKM dan Startup

Paques merupakan solusi inovatif yang menghadirkan kekuatan pengolahan dan analitik data yang sudah teruji ditambah kemampuan untuk menampilkan hasil analisa data melalui bentuk visualisasi data menarik yang memudahkan pengguna mendapatkan insight yang dibutuhkan.

Paques sendiri menyajikan solusi-solusi big data yang dapat digunakan sesuai kebutuhan yang menjadi fokus pengguna bisnis, antara lain Paques Cloud Connect, Paques Data Enterprise, Paques Data Studio, Paques TrueAI, dan Paques Media Intelligence.