Beranda News Enterprise Telkom Luncurkan Platform Solusi Data Analitik ‘BigBox’  

Telkom Luncurkan Platform Solusi Data Analitik ‘BigBox’  

-

Jakarta, Selular.ID – Kita menyadari saat ini sudah semakin banyak keputusan diambil berdasarkaan data yang diolah sedemikian rupa, guna menghasilkan informasi yang mendukung dan berpengaruh pada pengambilan keputusan penting dan akurat.

“Data kini tidak lagi dipandang sebagai cost, melainkan merupakan aset penting yang mengandung sumber informasi bermanfaat. Perencanaan melalui data akan menjadi lebih akurat dan efesien,” jelas Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, dalam acara Launching BigData Telkom Group; Enabling Satu Data Indonesia, Rabu (2/11).

Ririek melanjutkan, data pun kini semakin dirasakan kebutuhanya, namun dihadapi dengan sejumlah masalah seperti penyimpanan data, mengekstrak data menjadi inforamsi berharga, intergrasi sumber data dan lain sebagainya.

Baca juga: 25 Tahun Dual Listing Telkom di Bursa Dunia

“Itu sebabnya kami meluncurkan BigBox suatu platfom data untuk membantu bagaimana kita bisa mengintegrasikan data, menyimpan, dan dimanfaatkan secara baik,” sambungnya.

BigBox sendiri merupakan solusi big data analitik yang disediakan Telkom untuk program Satu Data Indonesia yang dicetuskan oleh pemerintah di mana solusi ini diharapkan dapat menjawab tantangan mengenai data yang tersebar, tidak terintegrasi dan sulit untuk dimanfaatkan.

Seperti yang sudah disinggung di awal, BigBox sendiri merupakan end-to-end big data platform, produk dari Amoeba sebagai inkubasi model startup internal perusahaan.

Menurut International Data Center (IDC) Benchmark Analysis Report, November 2020, platform ini memiliki key product/features seperti data integration, data lake, workflow management, search engine, data exploration and insight, realtime dashboard, API factory, dan crawling engine.

Baca juga: Agate dan Telkom Ajak Eksplorasi Keindahan Bali Melalui Game Tirta

Selain itu, platform Big Data ini juga memiliki vertical platform, yaitu social media analytic platform (BigSocial), e- commerce analytic platform (BigCommerce) dan one data management platform (BigOne). Khusus untuk BigOne, akan diusung oleh Telkom untuk menjadi platform Satu Data Indonesia, secara nasional.

Sementara itu Muhammad Sigit Pramudya, Founder BigBox, mejelaskan solusi Data Analitik ini diyakini mampu memenuhi semua hal yang tercantum dalam kebutuhan Satu Data Indonesia.

“Mulai dari lingkungan data yang terintegrasi dan mudah diakses, pengolahan data, analitik yang akurat dan dipertanggungjawabkan, sampai menghasilkan insight untuk pengambilan keputusan serta API (Application Programming Interface) marketplace yang memudahkan data dibagi-pakaikan.

Meski baru diluncurkan, sepanjang perjalanan pengembangan BigBox pun telah teruji di berbagai use case implementasi big data.

Beberapa di antaranya, seperti proyek yang mengintegrasikan 5.518 sumber data SPBU, bahkan telah mengantarkan BigBox meraih penghargaan nasional dan internasional. Mulai dari ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO), Data Impact Awards, APAC CIO Outlook hingga sebagai penerima penghargaan di ajang BUMN Millennial Innovation Summit 2020.

Artikel Terbaru