Monday, August 26, 2019
Home News Enterprise Implementasikan IoT, Beginilah Tantangannya

Implementasikan IoT, Beginilah Tantangannya

-

Jakarta, Selular.ID – Sektor yang sedang berkembang di tanah air adalah Internet of Things (IoT). Sektor ini memiliki dampak pada kehidupan sehari-hari di lingkungan perkotaan maupun pedesaan.

Dalam implementasi IoT disebut-sebut ada beberapa elemen yang dapat mendorong perkembangan teknologi IoT, seperti sensor, connectivity dan big data.

Dengan elemen itu dikatakan Fetra Syahbana, Country Manager F5 Indonesia, ada hal-hal yang dihadapi dalam implementasi IoT dimasa depan.

Masalah keamanan disebut-sebut akan menjadi kendala dan ancaman dalam sektor IoT.

Menurutnya, penting bagi masyarakat untuk memahami penerapan IoT. Bagaimana perangkat saling terhubung.

“Agar tidak sembarang orang bisa mengakses, para pengguna harus punya skenario sendiri,” ujar Fetra, di Jakarta (12/03/19).

Hal lain yang patut diperhatikan adalah, Internet of Things bukan saja melulu mengenai “Things” atau perangkatnya, melainkan aplikasi dan layanan yang menjadi pendukung dari IoT.

Menurut Fetra, semakin banyak perangkat terkoneksi, maka akan semakin banyak pula aplikasi dan layanan yang berjalan.

Di baliknya, terdapat berbagai aplikasi yang bekerja secara simultan atau pun bersamaan untuk menghasilkan data-data tersebut.

Risiko seperti aplikasi yang ‘macet’ di tengah jalan sudah umum terjadi dan ini memerlukan perhatian khusus.

Selain itu, ada juga tantangan dalam hal manajemen identitas dan akses, peningkatan pengalaman pengguna, serta kebutuhan akan pengadaan layanan yang cepat.

“Oleh karena itulah, dibutuhkan solusi yang dapat membantu aplikasi melakukan kinerja lebih baik dan aman, serta memungkinkan pengiriman aplikasi berjalan dengan lancar dan dapat beriringan dengan inovasi IoT,” pungkas Fetra.

Latest