Alokasi Distribusi Set Top Box Gratis di Bengkulu Capai 14.713 Unit

set top box gratis

Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengalokasikan 14.713 bantuan Set Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin dalam implementasi program Analog Switch Off (ASO) tahap pertama.

Di Bengkulu, sebagian wilayah yang masuk dalam tahap pertama implementasi ASO pada 25 April 2022, akan mendapat total kurang lebih 14.713 unit Set Top Box gratis dari Pemerintah.

“Di Bengkulu, tahap pertama implementasi ASO mencakup Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah,” ujar Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang, Kamis (11/3).

Baca juga: Ketersediaan Set Top Box Gratis Tahap Pertama Terpenuhi

Dari total STB yang didistribusikan tersebut, terdapat sebanyak 9.636 unit yang dialokasikan untuk Kota Bengkulu dan 5.077 unit untuk kabupaten Bengkulu Tengah.

Gelaran migrasi teresterial televisi analog ke televisi digital atau Analog Switch Off (ASO) tahap awal akan berlangsung pada 17 Agustus mendatang. Saat ini, Kementerian Kominfo telah memetakan sebanyak 6,7 juta keluarga yang kurang mampu.

Dari total sebanyak itu, akan dibantu seluruh diberikan set  top box (STB) dengan anggaran yang diambil secara langsung dari APBN.

Dalam pembagian STB gratis tersebut tercatat bakal ada sebanyak 3,2 juta STB telah tersedia, dan siap didistribusikan ke 166 kabupaten/kota yang terdampak pada Analog Switch Off (ASO).

Adapun mekanisme distribusi set top box gratis TV digital, sebagai berikut:

  1. Pengiriman door to door ke rumah tangga miskin sebagai penerima bantuan.
  2. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan dengan menyertakan KTP dan KK dan kepemilikan TV di rumah. Bila tidak sesuai, maka STB gratis ini kembali ke gudang.
  3. Petugas melakukan serah terima, serta dilakukan instalasi perangkat sampai beroperasi dan bergfungsi dengan baik.
  4. Petugas memindai QR Code melalui WhatsApp di layar TV yang sudah diinstalasi dengan STB. Lalu, petugas menginput nama, NIK/KK, alamat, foto penerima bantuan & KTP melalui WhatsApp.
  5. Petugas menyiapkan berita acara serah terima kepada penerima yang sah dan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca juga: Jelang Migrasi TV Digital Tahap I, Polytron Genjot Produksi Set Top Box di Tengah Keterbatasan Chip

Sekedar tambahan, di tahap kedua untuk 96 kabupaten dan kota, dibutuhkan sebanyak 2.011.941 dari total kebutuhan 2.165.890 STB.

Sedangkan di tahap ketiga, ada 65 kabupaten kota dengan kebutuhan 1.368.227 STB, yang kini belum jelas kabarnya ketersediaanya.

Lalu merujuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial, terdapat jumlah maksimal penerima bantuan STB sebanyak 6.737.971 Rumah Tangga Miskin, yang tentu menjadi tanggung jawab pemerintah dalam program migrasi siaran TV analog ke digital ini.