Seperti Ini Keuntungan Memilih Data Center Colocation Untuk Kerja Virtual

Keuntungan Memilih Data Center Colocation Untuk Kerja Virtual
Keuntungan Memilih Data Center Colocation Untuk Kerja Virtual

Selular.ID – Ketersediaan data yang reliable adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan dalam menciptakan tempat kerja virtual yang andal. Salah satunya memilih data center colocation, untuk mendukung karyawan Work From Home (WFH).

Menurut Bogi Witjaksono, Direktur Wholesale dan International Services Telkom, jika karyawan jarak jauh tidak dapat mengakses data dan aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka, akan ada banyak waktu yang dihabiskan hanya untuk duduk dan menunggu.

Itulah sebabnya, untuk dapat memfasilitasi implementasi WFH, banyak bisnis yang akhirnya memilih data center colocation daripada opsi yang konvensional.

Diungkapkannya, ada dua efisiensi yang didapatkan dari penggunaan layanan colocation, yakni efisiensi finansial dan operasional. Data Center yang menawarkan layanan colocation seperti NeuCentrIX nya Telkom dapat memastikan efisiensi finansial dan operasional dalam bisnis.

“Dengan layanan colocation, kita tidak perlu memiliki fasilitas di lokasi sendiri untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pusat data neuCentrIX akan memberi kita ruang, peralatan, daya, pendinginan, keamanan, dan konektivitas yang diperlukan untuk operasi bisnis,”terang Bogi.

Baca Juga: Ini Update Pengembangan Bisnis Data Center Telkom di Cikarang

Secara finansial, colocation menguntungkan dalam dua cara, mengurangi pengeluaran modal dengan menghilangkan investasi infrastruktur awal untuk membangun pusat data di lokasi dan memotong biaya untuk akuisisi karyawan departemen TI.

Dikatakan Bogi, perusahaan juga dapat mengurangi pengeluaran operasional dengan berbagi biaya ruang dan daya dengan pengguna NeuCentrIX lainnya.

NeuCentrIX hadir dalam memberikan layanan cloud dan data center dapat meningkatkan efisiensi bisnis dalam beberapa cara.

Dengan tagline hub of world digital ecosystem dan memberikan layanan terbaik dengan harga yang fleksibel, layanan ini menawarkan cara bagi perusahaan untuk mengurangi biaya modal dan biaya operasional sekaligus mendapatkan semua manfaat pada saat yang bersamaan.

layanan ini juga memastikan perlindungan data dan meminimalkan risiko serangan cyber. Terakhir, dan yang terpenting, penyedia layanan cloud dan data center yang tepat membantu perusahaan meminimalkan downtime.

Salah satu masalah yang paling umum namun paling mahal saat ini adalah downtime. Menurut Gartner, biaya rata-rata downtime bisa mencapai $5.600 per menit. Downtime membuat bisnis tidak dapat memberikan layanan secara maksimal kepada pelanggan dan juga tidak dapat berfungsi dengan baik secara internal. Hal ini tentu menyebabkan hilangnya pendapatan, reputasi, pelanggan, dan produktivitas.

Untuk memitigasi downtime, neucentrix menerapkan komponen berlapis yang telah diperkuat, termasuk bandwidth, konektivitas, sumber daya, dan sistem pendingin, yang memastikan lebih dari 99% uptime dan ketersediaan yang lebih baik.

“NeuCentrIX Telkom Indonesia, mengandalkan 14 fasilitas data center yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, jika satu data center down atau tidak dapat diakses, fasilitas di lokasi lain dapat menjadi recovery data center,” jelas Bogi.

Bogi mengungkapkan jika Service Data center colocation, seperti yang disediakan pada neuCentrIX membuat pekerjaan jarak jauh menjadi lebih mudah dan memungkinkan perusahaan untuk mendapat layanan terbaik serta mengurangi biaya dibanding dengan mengelola data center sendiri.

Baca Juga: Telkom Hadirkan Data Center neuCentrIX Ulin Banjarmasin

Sebagai informasi colocation merupaka penempatan mesin komputer atau server di lokasi pihak ketiga dan terkoneksi dengan jaringan distribusi atau bandwidth yang tersedia. Pilihan untuk menggunakan colocation data center merupakan kombinasi konteks biaya, kehandalan operasional dan keamanan.