XL Axiata Perluas Jaringan 4G di 132 titik 3T di Wilayah Sumatera

XL Axiata

Selular.ID – XL Axiata mengumumkan akan melakukan perluasa layanan data 4G ke 132 wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Sumatera, Indonesia.

Perluasan layanan itu merupakan hasil kerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menjelaskan sebagai pelaku industri telekomunikasi, pihaknya menyadari tugas dan tanggung jawab untuk menyediakan jaringan dan layanan data sebagai infrstruktur utama transformasi menuju digital.

Baca juga: Trafik Pengguna Layanan 3G XL Axiata di Bawah 10 Persen

Tidak terkecuali, bagi masyarakat di 3T yang sampai saat ini masih belum terjangkau jaringan telekomunikasi dan data.

“XL Axiata berharap wilayah yang mendapatkan akses bisa membangun dan meningkatkan literasi digital sehingga siap memasuki era serba digital, termasuk meraih manfaatnya,” terang dia.

“Kerja sama dalam Program Penyediaan Telekomunikasi Selular 4G di daerah 3T, yang mencakup 132 titik di Area 1-Sumatera, yang berada di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, dan Kepulauan Riau,” sambungnya.

Dengan tambahan 132 titik ini, Dian menegaskan semakin bertambah titik lokasi layanan di area 3T yang XL Axiata Kelola.

“Termasuk yang melalui program kerjasama dengan BAKTI sebelumnya, yang tersebar di 62 kabupaten dan 17 provinsi, juga yang terletak di sejumlah pulau terpencil di Kawasan Timur Indonesia,” tandasnya.

Baca juga: BAKTI Gandeng Telkomsel dan XL Axiata, Garap BTS 4G di 7.904 Desa 3T

Sekedar tambahan, XL Axiata secara keseluruhan memiliki 57,98 juta pelanggan. Dan diperkuat dengan lebih dari 153.000 BTS termasuk lebih dari 69.000 BTS 4G.

Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas. Dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.