Trafik Pengguna Layanan 3G XL Axiata di Bawah 10 Persen

3G 4G

Selular.ID – XL Axiata menggambarkan kini dalam tahap penataan ulang teknologi yang digunakan (technology reframing) dari 3G ke 4G.

Langkah ini dilakukan sejalan dengan arahan pemerintah sekaligus sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas jaringan, guna memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pelanggan dan masyarakat dalam menggunakan layanan data.

“Saat ini penataan ulang teknologi tersebut telah dilakukan secara bertahap di sejumlah area/wilayah tertentu sampai seluruh spektrum yang saat ini dipergunakan di 3G dapat dimaksimalkan untuk 4G,” terang Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih, Senin (24/1).

Baca juga: Telkomsel Percepat Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G

Lebih lanjut Ayu menerangkan dalam proses yang bertahap ini, XL Axiata melakukan prioritisasi berdasarkan kebutuhan kapasitas data di setiap area dengan tetap mempertimbangkan kesiapan ekosistem yang ada.

“Termasuk kesiapan gawai dari sisi pengguna, sehingga XL Axiata dapat tetap menjaga pengalaman pelanggan dalam proses realokasi 3G ke 4G,” lanjutnya.

Ayu menceritakan, di beberapa area di Tanah Air jaringan tulang punggung (4G) tercatat masih terbatas, sehingga tak dipungkiri menjadi salah satu kendala besar dalam program digitalisasi Indonesia.

“Maka untuk sementara, wilayah tesebut akan masih mengandalkan teknologi akses 3G kami. Dimana jaringan 4G XL Axiata memang masih belum dapat dimaksimalkan di wilayah-wilayah tersebut,” katanya.

Dan sebagai catatan, saat ini trafik pengguna layanan 3G di jaringan XL Axiata, relative kecil, kurang dari 10% dari jumlah trafik data, jauh lebih kecil dibanding 4G.

“Dan kami sudah sejak beberapa tahun lalu aktif mengedukasi dan mendorong pelanggan kami untuk lebih banyak menggunakan 4G karena lebih efisien. Dan pelanggan yang masih menggunakan sinyal 3G XL Axiata, saat ini untuk mengakses layanan data,” tutup Ayu.

Baca juga: Agar Jaringan Lebih Efisien, XL Axiata Minta Pemerintah Matikan Jaringan 3G

Sekedar tambahan, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah melakukan kajian yang mendalam terkait rencana penghapusan sinyal 3G di seluruh Indonesia.

Dalam proses penghapusan sinyal 3G, Kominfo merujuk pada dua hal pertimbanga penting. Pertama adalah memastikan wilayah-wilayah layanan telekomunikasi sudah teraliri akses internet 4G, guna untuk melakukan penghapusan 3G.

Dan yang kedua pertimbangan kepentingan masyarakat secara umum, yang lebih menitik beratkan kepada mekanisme yang tidak merugikan pengguna atau tidak merugikan pengguna layanan seluler.