Perkuat Use Case 5G, Telkomsel Kedepankan Langkah Kolaboratif

use case

Selular.ID – Implementasi gelaran 5G di Tanah Air tak dipungkiri bakal berjalan dengan penuh tantangan, mulai dari ketersediaan spektrum ideal, menemukan use case yang pas untuk diaplikasikan di Indonesia, hingga ketersediaan perangkat.

    Persoalan use case tak dipungkiri juga menjadi salah satu tantangan terbesar karena killer application 5G hingga kini belum diketahui secara pasti.

Telkomsel, ketika dikonfirmasi oleh Selular menjelaskan untuk menemukan use case 5G yang cocok di Indonesia dilakukan melalui langkah kolaboratif.

Baca juga: Pengembangan Use Case 5G Perlu Kolaborasi, Kominfo: Operator Jangan Garap Sendirian

“Kami sendiri (Telkomsel) banyak memiliki platform riset dengan kampus, lalu kami juga memiliki platform inkubasi yang diberi nama Telkomsel Innovation Center (Tinc), dilanjutkan kita juga ada venture capital  bernama Telkomsel Mitra Inovasi (TMI),” ungkap VP Strategy Technology Telkomsel Indra Mardiatna.

Lalu beberapa kolaborasi bersama startup teknologi perikanan eFishery, yang memiliki solusi berbasis IoT pun hingga kini tercatat berjalan sukses.

“Kolaborasi kita dengan eFishery itu kami lakukan sejak 2018, dan kini mereka mendapat pendanaan seri C, lalu yang terkait dengan 5G sendiri kami juga berkolaborasi dengan ShintaVR, untuk smart city TMI menggandeng Qlue,” papar Indra.

Lebih jauh, Indra menekankan jika Telkomsel tidak memilik kemampuan penuh untuk menggarap use case 5G sendirian.

“Kami tidak menggarapnya sendirian, namun kami sesuaikan berdasarkan kemampuan perusahaan,” tekannya.

Baca juga: Ketersediaan Perangkat Juga Hambat Euforia 5G di Tanah Air  

Hal ini karena use case 5G ujungnya bakal tumbuh dari masyarakat, hal ini terlihat dari use case pada jaringan 4G yang ternyata killer aplicationnya ada pada layanan digital, sebut saja seperti Tokopedia, Gojek, Traveloka dan lain sebagainya.

“Dari kolaborasi tadi kami berharap, adanya Telkomsel yang memiliki jaringan pelanggan yang besar dapat mempercepat hasil dari kolaborasi tadi. Kami percaya kolaborasi merupakan kunci di era 5G saat ini,” tutupnya.