Pemerintah India Akan Buat OS Smartphone Siap Bersaing Dengan Android dan iOS

OS India

Selular.ID – Pemerintah India telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang meneliti pembuatan OS smartphone. Yang akan menjadi pesaing baru bagi sistem operasi yang punya kapitalisasi tinggi seperti Android dan iOS.

Tampaknya pemerintahan India melihat adanya ruang untuk masuk pada kompetisi OS di Dunia smartphone yang saat ini  telah terjadi  duopoli, yang dilakukan Android dan iOS. Yang sudah dilakukan oleh Harmony OS pada Huawei dan Sailfish yang pernah mendukung ponsel Nokia.

Mengutip dari Android Authority, untuk saat ini Menteri Komunikasi India mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki kemampuan startup dan institusi akademik di wilayah Bollywood ini yang siap untuk membuat OS buatan sendiri.

“Dalam banyak hal terdapat minat yang luar biasa pada MeitY dan pemerintah India bahkan untuk membuat sistem operasi untuk perangkat smaertphone baru. Kami sedang berbicara dengan orang-orang. Kaarena pemerintahan sedang mencari kebijakan untuk itu,” kata Chandrasekhar

Baca Juga: Cara Hapus Jejak Pencarian di Google Chrome untuk Ponsel Android

Jika menarik kebelakang, sebaiknya pemerintahan India juga harus melihat resiko yang lebih langka, karena Ada beberapa perusahaan teknologi yang menduduki tahta OS dalam dekade terakhir ini. Ini termasuk BlackBerry 10, Bada OS, Tizen, Windows Phone, dan WebOS, yang semuanya telah dimatikan di ruang smartphone.

Tapi jangan khawatir, Karena sudah ada beberapa pemain di bidang OS ini masih bergulir, seperti KaiOS (menargetkan ponsel fitur) dan Sailfish OS. Huawei juga telah menawarkan platform Harmony OS-nya, meskipun jika di lihat lebih detail menunjukkan bahwa itu adalah Android 10 dan EMUI dengan beberapa hal yang dimodifikasi.

Namun demikian, OS smartphone dari India di masa depan kemungkinan perlu menawarkan dukungan aplikasi Android dan kemampuan untuk berjalan dengan lancar pada perangkat keras kelas bawah jika untuk menjadi daya tarik calon pengguna. Tapi jika tidak bisa menggunakan GMS dikhawatirkan tidak akan laku layaknya pengembang sistem operasi yang saat ini tumbang.

Baca Juga: Fortnite Geforce NOW Segera Rilis di iOS dan Android Dalam Versi BETA