Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable NFC Smartphone

Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable NFC Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Kendati penggunaanya sudah meluas, namun fitur NFC masih jarang ditemukan di ponsel ramah anggaran. Padahal, teknologi NFC sangat memudahkan pengguna untuk mengurangi kontak fisik guna menghindari penyebaran virus Covid-19.

Selain mengecek dan mengisi saldo uang elektronik atau kartu e-toll, NFC juga akan memudahkan produktivitas pengguna di masa kini yang serba digital, seperti mengirim dan menerima data, membagikan kontak, serta menyambungkan dua perangkat hanya dengan menempelkan perangkat.

Namun, keberadaan teknologi NFC yang canggih ini cenderung tersemat pada smartphone di kelas menengah atau flagship, yang rata-rata harganya dibanderol seharga Rp3 jutaan ke atas dan tak dapat dijangkau oleh semua kalangan. Maka dari itu kita harus memberi apresiasi kepada vendor smartphone yang berupaya menghadirkan fitur NFC di produk yang ramah di dompet.

Selama tahun 2021, berikut empat kandidat smartphone yang masuk dalam kategori Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable NFC Smartphone

Vivo Y53s

Kandidat pertama Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable NFC Smartphone datang dari brand Vivo. Melenggang Juli 2021, Vivo Y53s mengusung spesifikasi dan fitur yang ditingkatkan dari produk Y-Series sebelum-sebelumnya, salah satunya NFC.

Fitur NFC Multifunctions tentu memudahkan penggunaan pada aktivitas sehari-hari. Selain bisa digunakan untuk keperluan top-up dan cek saldo e-money serta transfer data, NFC dapat pula digunakan untuk menduplikasi fungsi kartu akses gedung, kantor, rumah, atau apartemen.

Untuk urusan memori, ponsel hadir dengan membawa fitur flagship 8GB+3GB Extended RAM menjadi 11GB RAM. Untuk kapasitas memori internal Vivo Y53s dibekali storage sebesar 128GB dan perangkat menawarkan triple slot yang dapat digunakan untuk memori eksternal yang dapat digunakan hingga 1TB.

Kapasitas baterai jumbo 5000mAh kini didukung dengan kemampuan pengisian cepat 33W FlashCharge yang lebih cepat dari seri terdahulunya demi memberikan ponsel yang baterai yang tahan lama. Dengan fitur ini, baterai bisa terisi hingga 70% hanya dalam waktu 41 menit.

Di sektor pencitraan, Vivo Y53s memiliki konfigurasi 64MP Night Camera, 2MP Super Bokeh Camera dan 2MP Super Macro Camera. Kamera sudah dilengkapi oleh fitur terkini Super Night Mode, Ultra Stable Video dengan EIS, serta Eye Autofocus.

Pada kamera depan, ponsel juga menyematkan 16MP AI Selfie Camera yang memiliki fitur Super Night Selfie beresolusi High Definition (HD) dengan kemampuan teknologi Selfie Softlight Band serta AI Beauty. Konsumen sudah bisa mendapatkan Vivo Y53s pada kanal online ataupun offline di berbagai daerah di Indonesia dengan harga Rp3.699.000.

Tecno Spark 7 NFC

Ponsel selanjutnya yang menjadi kandidat Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable NFC Smartphone datang dari brand baru yaitu Tecno. Tecno Mobile secara resmi memperkenalkan Spark 7 NFC pada Agustus 2021. Dilengkapi teknologi terkini untuk generasi muda yang mempunyai mobilitas tinggi, Spark 7 NFC datang dengan fitur andalan Near-Field-Communication, atau yang lebih dikenal dengan NFC.

Smartphone ini dipersenjatai rangkaian teknologi kontemporer mulai dari Chipset Helio A25, Memori 2+32GB, Dual Rear AI Camera 2.0 dengan LED Flash, dan baterai 5.000 mAh yang tahan lama, dan dijual dengan harga rekomendasi retail Rp1.349.000.

Tecno Mobile mengusung tagline “Spark Your Dream” di peluncuran Spark 7 NFC untuk menyalakan semangat anak muda karena memiliki tampilan fashionable dengan 3 warna modern yaitu Magnet Black, Spruce Green dan Morpheus Blue yang colorful namun tetap bergaya elegan.

Dengan fitur NFC, pengguna dapat melakukan mobilitas tanpa batas serta mengurangi kontak fisik guna menghindari penyebaran virus Covid-19. Selain mengecek dan mengisi saldo uang elektronik atau kartu e-toll, NFC juga akan memudahkan produktivitas pengguna di masa kini yang serba digital, seperti mengirim dan menerima data, membagikan kontak, serta menyambungkan dua perangkat hanya dengan menempelkan perangkat.

Infinix Hot 11s NFC

Kandidat Most Affordable NFC Smartphone ketiga adalah Infinix Hot 11s NFC. Meluncur awal November 2021, ponsel langsung mencuri perhatian pengguna ponsel tanah air. Bagaimana tidak, dengan harga Rp2,2 juta konsumen sudah mendapatkan smartphone dengan fitur NFC Multitasking.

Lebih dari itu, sesuai kategori Selular Editor’s Choice 2021, Infinix Hot 11s NFC menjadi perangkat gaming paling terjangkau di pasaran. Ponsel ditopang chipset Mediatek Helio G88 Dual-Chip. Ditambah fitur intelligent resource management engine, ponsel bisa dipastikan mempunyai kinerja berkelanjutan dan gameplay yang lancar, karena memiliki refresh rate 90 Hz, dengan kualitas layar FHD+.

Untuk RAM dan penyimpanan internalnya, ponsel memiliki dua opsi yaitu RAM 4GB dan 6GB sedangkan penyimpanan internalnya 64GB dan 128GB. Perihal baterai, Infinix Hot 11s NFC dibekali kapasitas 5000 mAh, dengan kemampuan fast charging 18W. Berkat fitur bernama power marathon technology, saat baterai ponsel berada di 5% masih bisa digunakan untuk menelpon hingga 2 jam.

Tidak hanya performa gahar, Infinix Hot 11s NFC juga mempunyai kualitas fotografi yang memukau. Infinix Hot 11s NFC dilengkapi dengan Triple Camera 50MP. Di bagian depan, produk ini juga sudah dilengkapi kamera dengan sensor 8MP Selfie Camera. Dengan kamera tersebut dijamin hasil foto selfie pengguna menjadi semakin memukau.

Poco M3 Pro 5G

Juni 2021 Poco resmi menghadirkan M3 Pro 5G. Menjadi kandidat Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable NFC Smartphone, ponsel dijual dengan harga resmi Rp2.699.000 (4/64) dan Rp2.999.000 (6/128). Selain NFC, perangkat juga menawarkan rangkaian fitur lengkap untuk memudahkan penggunaan sehari-hari, termasuk IR blaster dan jack headphone 3.5mm.

Sebagai smartphone 5G-ready, ponsel dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 700 dan layar FHD+ 6,5 inci 90Hz resolusi 1080P yang sangat mulus yang memberikan efisiensi daya yang optimal untuk pemakaian baterai yang sangat lama.

Susunan tiga kamera dengan kamera utama 48MP bersama dengan kamera makro 2MP dan depth sensor 2MP hadir untuk memberikan kebebasan berkreasi bagi pengguna Poco M3 Pro 5G. Sejumlah fitur software kamera juga disediakan seperti Night mode, video Time-lapse dan Time burst.

Pendukung seluruh fitur Poco M3 Pro 5G ini adalah baterai 5.000mAh yang dapat bertahan hingga lebih dari 2 hari. Dengan dukungan pengisian cepat 18W dan pengisi daya dalam kotak 22,5W, pengguna dapat mengisi ulang baterai dan kembali beraktivitas dalam waktu singkat.

Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable NFC Smartphone

Tecno Spark 7 NFC menghadirkan teknologi komunikasi jarak dekat dengan banderol sangat terjangkau. Pengguna bisa mengecek dan mengisi saldo uang elektronik atau kartu e-toll melalui perangkat dengan harga kurang dari Rp1,5 juta.

Simak video berikut ini: