Selular Editor’s Choice 2021: Most Innovative IoT Product in Health Care

Selular Editor’s Choice 2021: Most Innovative IoT Product in Health Care

Jakarta, Selular.ID – Terlepas dari kecepatan akses yang lebih kencang, kehadiran 5G sejatinya memiliki fungsi utama yakni untuk IoT atau internet of things. Seperti misalnya mobil tanpa supir, kesehatan, security, layanan masyarakat, smart city, AI, dll.

Di bidang kesehatan, sejumlah perusahaan mulai mengembangkan solusi berbasis IoT. Solusi ini ada yang berupa aplikasi, product, sampai ekosistem menyeluruh. Berikut empat kandidat solusi untuk kategori Selular Editor’s Choice 2021: Most Innovative IoT Product in Health Care.

QlueThermal

Kandidat pertama pada Selular Editor’s Choice 2021: Most Innovative IoT Product in Health Care adalah kolaborasi apik dari Qlue dengan Pertamina Patra Niaga untuk menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker otomatis bernama QlueThermal. Perangkat ini tersedia di sejumlah Pertashop milik Pertamina Retail sepanjang Pulau Jawa dalam menekan persebaran Covid-19.

QlueThermal digunakan untuk menegakkan protokol kesehatan dengan mendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker pengunjung Pertashop. Dengan kata lain, QlueThermal memastikan para pengendara aman dari gejala Covid-19 dan tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Sejak diimplementasi pada tanggal 19 Desember 2020, perangkat QlueThermal yang terpasang telah berhasil membantu melakukan screening secara otomatis ke lebih dari 16,000 pelanggan Pertashop.

QlueThermal dilengkapi dengan kamera thermal untuk memindai suhu tubuh. Teknologi kecerdasan buatan (AI) memungkinkan perangkat tersebut mengenali lebih dari 100 jenis masker secara otomatis dengan tingkat akurasi sebesar 98,5%. Data-data tersebut terekam lalu diintegrasikan ke sebuah dashboard yang memiliki kemampuan untuk menganalisis seluruh data seiring berjalannya waktu dan memberikan rekomendasi secara efektif dan akurat.

Aplikasi Fita

Kandidat kedua Selular Editor’s Choice 2021: Most Innovative IoT Product in Health Care adalah aplikasi Fita dari Telkomsel. Diluncurkan pada Agustus 2021, aplikasi kesehatan ini diharapkan dapat memberikan solusi kesehatan berbasis health-tech di tengah masyarakat melalui inovasi dan teknologi.

Aplikasi Fita menyuguhkan localized content seputar kesehatan, nutrisi, dan berbagai program olahraga yang telah dikurasi oleh certified coach. Aplikasi juga menyuguhkan berbagai program kesehatan berkolaborasi dengan sejumlah health enthusiast.

Melalui Fita, pengguna dapat mengukur sejumlah aktivitas seperti daily steps, guna mengetahui asupan kalori yang mereka konsumsi, dan menjumpai beragam workout video. Selain itu, pengguna dapat mengakses artikel kesehatan, meal plan, healthy recipe yang sudah dilengkapi dengan video memasak. Semua konten yang terdedia telah disupervisi oleh certified coach dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia dan nutritionist terbaik.

Ke depannya fitur yang ada akan dilengkapi oleh AI technology untuk mencapai tingkat accuracy yang maksimal. Seperti contoh, pengguna bisa mengunggah foto makanan yang ia konsumsi untuk mendapatkan macronutrients.

XL Axiata Business Solutions

Bukan aplikasi maupun produk semata, kandidat ketiga Selular Editor’s Choice 2021: Most Innovative IoT Product in Health Care XL Axiata menyuguhkan sebuah ekosistem terintegrasi. Melalui XL Axiata Business Solutions, perusahaan mengembangkan solusi Internet of Things (IoT) ‘Wearable Device’ untuk mengukur kondisi kebugaran seseorang.

Guna menguatkan solusi tersebut, XL Axiata langsung mengimplementasikannya dengan menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC). XL Axiata Wearable Device ini bisa menjadi perangkat cerdas yang akan membantu RS MMC mengukur kondisi pengguna secara cepat dan tepat.

Solusi XL Axiata Wearable Device merupakan perangkat yang mengukur kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat yang bersamaan.

Melalui perangkat canggih bidang kesehatan ini semua sinyal tersebut secara terus menerus dan instan akan diukur kemudian dianalisa dengan platform terintegrasi IoT XL Axiata, sehingga dapat memberikan report analisa kebugaran penggunanya dari waktu ke waktu.

Kelebihan lain dari perangkat XL Axiata Wearable Device ini adalah adanya notifikasi yang dapat diatur untuk memberikan peringatan apabila ada perubahan tertentu yang terjadi. Perangkat bisa membantu dan memudahkan pengguna yang ingin memperbaiki kebugarannya atau pun untuk deteksi dini masalah jantung dan pernapasan.

Bagi pasien Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (MMC) nantinya akan merasakan pelayanan yang lebih lengkap bukan hanya dilengkapi fitur Smart Healthcare yang dapat mengukur dan mendeteksi kebugaran pasien, namun juga pendampingan langsung oleh dokter spesialis RS MMC.

Aplikasi FitAja!

Belum lama ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan beberapa BUMN yang bergerak di bidang Healthcare meluncurkan platform kesehatan atau aplikasi yang bernama FitAja! Aplikasi ini merupakan transformasi dari Mandiri Inhealth Mobile (MiMo) yang sudah digunakan oleh para peserta Mandiri Inhealth dan memiliki ekosistem kesehatan secara luas.

Menghadapi new normal, kondisi masyarakat saat ini lebih aktif menggunakan smartphone, termasuk untuk mengakses layanan kesehatan tanpa perlu khawatir akan risiko penularan Covid-19. Dengan aplikasi FitAja! masyarakat bisa melakukan semua aktivitas dari genggaman tangan, seperti menelepon dokter, mengantre, mengisi form, sampai tebus obat.

Sampai dengan saat ini, yang dapat mengakses aplikasi FitAja! adalah khusus peserta korporasi Asuransi Mandiri Inhealth, yang selanjutnya dapat diakses oleh peserta korporasi asuransi BRI Life, BNI Life dan AXA Mandiri. Ke depannya aplikasi ini akan bisa melayani peserta asuransi korporasi lainnya dan individu atau perorangan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Peserta dapat mengakses berbagai macam kebutuhan pemeliharaan kesehatan, baik pencegahan maupun pengobatan dan memberikan kemudahan akses konsultasi kepada peserta seperti telemedicine (chat, voice dan video interactive), e-resep, e-klaim, info provider, pesan dan antar obat, gaya hidup sehat dan ke depan masih banyak lagi fitur layanan lainnya.

Selular Editor’s Choice’s 2021: Most Innovative IoT Product in Health Care

Solusi XL Axiata Wearable Device mampu mengukur kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat yang bersamaan. Melalui perangkat ini semua sinyal secara terus menerus dan instan akan diukur kemudian dianalisa dengan platform terintegrasi IoT XL Axiata, sehingga dapat memberikan report analisa kebugaran penggunanya dari waktu ke waktu.

Simak video berikut ini: