Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable Gaming Smartphone

Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable Gaming Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Ponsel gaming identik dengan harga premium. Seiring tren mobile gaming yang kian diminati masyarakat Indonesia khususnya kalangan muda, produsen smartphone pun ikut menjawab dengan menghadirkan ponsel gaming dengan harga yang terjangkau.

Memasuki tahun 2021, sejumlah ponsel diklaim sebagai ponsel gaming powerful. Nah, untuk edisi Selular Editor’s Choice 2021 kali ini Redaksi menghadikan kategori baru yakni Most Affordable Gaming Smartphone. Berikut empat perangkat gaming yang dibanderol cukup terjangkau tetapi dengan performa yang tidak kalah dengan ponsel yang lebih mahal.

Pada kategori ke-19 dari 24 kategori yang kami suguhkan untuk akhir tahun ini, berikut empat kandidat Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable Gaming Smartphone.

Realme Narzo 5i

Ponsel pertama yang masuk dalam penilaian Selular Editor Choice’s 2021 untuk kategori Most Affordable Gaming Smartphone adalah Realme Narzo 5i. Untuk performa gaming, perangkat mengandalkan kinerja chipset Snapdragon 665, dipadu RAM 4GB dan memori internal 64GB. Ada juga varian lain dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Untuk kapasitas, Realmi Narzo 5i didukung baterai 5.000 mAh yang cukup besar untuk menopang semua fungsinya. Layarnya berukuran 6,5 inci dengan panel IPS. Layar yang cukup luas ini mampu menampilkan gambar dengan resolusi 720 x 1600 pixel.

Di bagian atas terdapat notch ala water drop sebagai wadah kamera selfie 8 MP. Di bagian belakang ada susunan quad camera yang menjadi andalan Narzo 5i. Masing-masing beresolusi 12 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro, dan 2 MP (depth). Kamera utama Realme ini juga mampu merekam video dengan kualitas hingga 4K.

Infinix Hot 11s NFC

Kandidat Most Affordable Gaming Smartphone kedua adalah Infinix Hot 11s NFC. Meluncur awal November 2021, ponsel langsung mencuri perhatian pengguna ponsel tanah air. Bagaimana tidak, dengan harga Rp2,2 juta konsumen sudah mendapatkan smartphone dengan fitur NFC Multitasking.

Lebih dari itu, sesuai kategori Selular Editor’s Choice 2021, Infinix Hot 11s NFC menjadi perangkat gaming paling terjangkau di pasaran. Tidak main-main, vendor menunjukan kesungguhannya dengan berkolaborasi bersama Mobile Legend.

Gahar untuk bermain game mobile, perangkat ditopang chipset Mediatek Helio G88 Dual-Chip. Ditambah fitur intelligent resource management engine, ponsel bisa dipastikan mempunyai kinerja berkelanjutan dan gameplay yang lancar, karena memiliki refresh rate 90 Hz, dengan kualitas layar FHD+.

Untuk RAM dan penyimpanan internalnya, ponsel memiliki dua opsi yaitu RAM 4GB dan 6GB sedangkan penyimpanan internalnya 64GB dan 128GB yang dibandrol dengan harga kurang dari Rp2 juta.

Perihal baterai, Infinix Hot 11s NFC dibekali kapasitas 5000 mAh, dengan kemampuan fast charging 18W. Berkat fitur bernama power marathon technology, saat baterai ponsel berada di 5% masih bisa digunakan untuk menelpon hingga 2 jam.

Tidak hanya performa gahar, Infinix Hot 11s NFC juga mempunyai kualitas fotografi yang memukau. Infinix Hot 11s NFC dilengkapi dengan Triple Camera 50MP. Di bagian depan, produk ini juga sudah dilengkapi kamera dengan sensor 8MP Selfie Camera. Dengan kamera tersebut dijamin hasil foto selfie pengguna menjadi semakin memukau.

Tecno Pova2

Kandidat ketiga untuk Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable Gaming Smartphone adalah pendatang baru Tecno Pova2. Di antara kandidat lain, ponsel ini membawa baterai dengan kapasitas paling besar yakni 7.000mAh dan sudah mendukung pengisian daya 18W. Mampu bertahan selama 23 jam, ponsel menjamin pengguna bisa menikmati mobile gaming populer sekelas Mobile Legend, Free Fire, Genshin Impact dan PUBG seharian.

Smartphone gahar ini mengusung layar lebar 1080p FHD+ Display, fast charging 18W dan prosesor Helio G85, juga dipersenjatai dengan memori besar 128GB + RAM 6GB.
Tecno Pova2 hadir dengan layar IPS LCD 6,9 inci dengan resolusi FHD+ dan punch-hole cutout untuk kamera selfie 8MP-nya. Ada kamera utama 48MP di belakang bersama tiga modul tambahan 2MP untuk data makro dan kedalaman.

Selain itu, Pova2 juga dilengkapi dengan fitur yang tak kalah canggih dari smartphone flagship, yakni dilengkapi dengan Operating System (OS) Android 11 yang didukung dengan HiOS 7.6 untuk mengakomodir mobilitas tinggi penggunanya.

Poco M3

Kandidat terakhir atau keempat untuk Selular Editor’s Choice 2021: Most Affordable Gaming Smartphone adalah pendatang baru produk paling terjangkau di lini Poco, yaitu M3. Meluncur awal tahun 2021, Poco M3 hadir untuk meramaikan segmen entry level.

Tidak sembarang meramaikan, Poco M3 hadir dengan spesifikasi yang tidak biasa, dan harga yang cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, Poco M3 ditenagai Snapdragon 662 SoC, membawa MIUI 12 berbasis Android 10.

Di sektor layar Poco M3 menggunakan LCD Full HD+ 6,53 inci dengan poni tipis sebagai wadah bagi kamera selfie 8MP. Departemen kameranya juga dilengkapi dengan tiga kamera yang terdiri dari primer 48MP, makro 2MP, dan kedalaman 2MP unit sensor.

Beralih ke sisi samping perangkat yang memiliki pemindai sidik jari, sehingga pada bagian belakang tampak begitu simple, dan tentu yang tidak kalah menarik daya yang dibawa mengemas kapasitas 6.000mAh dengan pengisian daya 18W.

Untuk kapasitas penyimpanan, jika kelas entry level hadir dengan RAM 3GB, Poco M3 memiliki RAM 4GB dan 6GB berpadu dengan dua opsi penyimpanan 64GB dan 128GB. Tersedia juga slot kartu microSD, khusus bagi yang ingin mengekspansi kembali sektor penyimpanan.

Soal harga, Poco M3 hadir dengan dua varian RAM dan RoM yakni 4GB+64GB senilai Rp1,9 jutaan dan 6GB+128GB dibanderol Rp2,3 jutaan.

Selular Editor’s Choice’s 2021: Most Affordable Gaming Smartphone

Ramuan chipset gaming, baterai jumbo, fast charging, refresh rate tinggi, dan kolaborasi game Mobile Legend, Infinix Hot 11s NFC berhak dinobatkan sebagai smartphone gaming paling terjangkau.

Simak video berikut ini: