Selular Editor’s Choice 2021: Most Valuable Smartphone

Selular Editor’s Choice 2021: Most Valuable Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Pangsa pasar segmen kelas menengah di Indonesia memang menjadi ‘primadona’ bagi vendor smartphone untuk menghadirkan perangkatnya. Terutama, smartphone di rentang harga Rp1 hingga Rp3 jutaan yang tak dipungkiri akan terus diburu oleh konsumen Tanah Air.

Terlebih smartphone di rentang harga tersebut kini membawa berbagai fitur dengan spesifikasi yang mumpuni, sebut saja seperti dapur pacu yang bertenaga, sektor kamera tajam, kapasitas baterai besar dan lain sebagainya.

Nah, di Editor’s Choice 2021 kali ini Selular merangkum empat smartphone terbaik yang tentunya membawa kemampuan ‘unggulan’ di kelasnya, dan masuk dalam katagori Most Valuable Smartphone. Adapun katagorinya yaitu:

  1. Infinix Note 11
  2. Realme C25Y
  3. Redmi Note 10s
  4. Oppo A16

Infinix Note 11

Infinix Hot 11 Play merupakan smartphone dengan baterai besar dan chipset gaming yang paling terbaik di segmen pasar smartphone Mid-Low saat ini.

Terkait spesifikasi, Infinix Hot 11 Play membawa layar IPS berukuran 6,82 inci, resolusi HD+ atau 720 x 1640 piksel, dan refresh rate 60Hz.

Di belakang ada dua lensa yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan satu kamera AI. Sementara di depan ada kamera selfie 8 MP.

Untuk dapur pacunya, Infinix Hot 11 Play diperkuat prosesor MediaTek Helio G35 dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Ponsel menjalankan sistem operasi Android 11.

Baterainya berkapasitas 6.000mAh yang diklaim mampu stand-by 75,5 hari, 161 jam untuk putar musik, 37,8 jam untuk panggilan telepon, dan 16,4 jam untuk main game.

Sementara fitur lainnya pada smartphone yang dibandrol Rp1,6 jutaan ini juga mengusung internet 4G, dual SIM, slot micro SD, fingerprint di samping, port Micro USB, dan jack headphone 3.5mm.

Realme C25Y

Realme C25Y ditenagai oleh prosesor UNISOC T610 12nm octa-core 12nm yang powerful. Platform seluler 4G octa-core baru UNISOC T610 ini mengadopsi desain arsitektur Arm DynamIQ, RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Yang menarik Realme C25Y mengusung kamera utama beresolusi 50 MP, kamera makro 2 MP dan kamera portrait 2 MP.

Kamera selfie 8 MP yang dimuat dalam poni (notch) berbentuk menyerupai tetesan air (waterdrop). Realme C25Y mengusung layar IPS LCD 6,5 inci dan resolusi HD Plus.

Lalu untuk kapasitas baterai sendiri perangkat ini dibekali daya 5000mAh,  dengan pengisian cepat 18 watt via konektor microUSB.

Lalu perangkat yang dibandrol Rp2 jutaan ini mengusung sistem operasi (OS) Android 11 yang dilapisi dengan tampilan antarmuka (UI) Realme UI R Edition. Di Indonesia, Realme C25Y tersedia dalam varian warna Glacier Blue dan Metal Grey.

Redmi Note 10s

Perangkat ini menyuguhkan chipset Mediatek Helio G95 yang didesain untuk menghadirkan pengalaman mobile gaming terbaik. Performa itu juga didukung oleh teknologi RAM LPDDR4X dan penyimpanan UFS 2.2 untuk kecepatan baca dan buka file di atas rata-rata.

Lalu kapasitas baterainya sendiri sangat lega, yaitu 5.000mAh dengan dukungan pengisian cepat 33W. lalu layar pada smartphone ini seluas 6,43 inch FHD+ Super AMOLED DotDisplay.

Pada sektor kameranya, Redmi Note 10s memiliki kamera utama 64MP, lalu ditemani lensa ultra-wide 8MP dengan jarak pandang hingga 118 derajat, 2MP kamera macro, dan 2MP depth sensor.

Spesifikasi lain yang tersemat di dalam gawai yang dibandrol mulai Rp2,8 jutaan menyediakan ruang penyimpanan internal yang terdiri dari dua opsi, yakni 6GB+64GB dan 8GB+128GB.

Dengan bobot sebesar 178,8 gram, ponsel ini dilindungin oleh Corning Gorilla Glass 3 bagian muka. Tak lupa juga fitur keamanan berupa Arc Side Finger Print dan AI Face Unlock membuat pengguna lebih aman ketika menggunakan ponsel ini. Terdapat juga fitur audio seperti Dual Speakers, Sertifikasi Hi-res Audio, serta 3.5mm Audio Jack.

Oppo A16

Oppo A16 menggunakan MediaTek Helio G35 dengan kombinasi RAM 3GB dan memori internal 32 GB. Oppo A16 juga menghadirkan fitur penting bagi yang gemar bermain game.

Dengan fitur Game Assistant, pengguna dapat bermain game tanpa takut terganggu saat ada notifikasi, SMS, telepon, alarm, dan lainnya karena dapat diblokir. Game Assistant juga membawa tombol khusus untuk screenshot dan rekaman layar saat bermain game, cukup swipe Side Bar dan pilih ‘Record’.

Kemudian perangkat ini hadir dengan layar 6,52 Inci dan dilengkapi Eye Care Display untuk kenyamanan menonton konten favorit pengguna. Yang menarik di sektor layar ini ialah A16 dapat meredup hingga 2 nits layanya. Sehingga dapat dengan nyaman menyaksikan konten multimedia dengan rasio layar 88,70% dan resolusi 1600 x 720 (HD+). AI Smart Backlighting akan mempelajari kebiasaan kecerahan pengguna dan memberikan pengalaman lampu latar cerdas yang otomatis disesuaikan

Sementara itu di dapur daya Oppo A16 ini tersamat baterai 5000mAh. Dengan 100% baterai, pengguna bisa mendapatkan 34 jam waktu panggilan, atau 21,02 jam pemutaran video Youtube berkelanjutan.

Lalu perangkat yang dibandrol Rp1.8 jutaan ini memiliki fitur Super Nighttime Standby dimana selama 8 jam waktu tidur (dari 23:00 hingga 07:00) perangkat hanya mengonsumsi daya 1,21%.

Kemudian Oppo A16 sendiri juga dilengkapi inovasi fitur Smart Temperature Control, sebuah sensor yang dapat memantau suhu bagian penutup belakang ponsel saat mengisi daya dan secara otomatis mengurangi arus pengisian daya saat suhu terdeteksi terlalu tinggi.

Selular Editor’s Choice 2021: Most Valuable SmartphoneOppo A16Oppo A16 merupakan ponsel pintar dengan kemampuan yang bisa dibilang komplit. Yang menarik meski dibandrol terjangkau, perangkat ini pun cukup andal untuk gaming lho, berkat dukungan spesifikasi maupun fitur bawaanya yaitu Game Assistant.

Simak video berikut ini: