Selular Editor’s Choice 2021: Best Camera Smartphone

Selular Editor’s Choice 2021: Best Camera (kamera) Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Smartphone dengan kamera tak lagi bisa dipisahkan, sektor daya bidik itu pun kini menjelma menjadi salah atu fitur unggulan sekaligus yang paling diperhatikan oleh setiap konsumen.

 Nah, di Editor’s Choice 2021 kali ini Selular merangkum empat smartphone terbaik yang tentunya membawa kemampuan ‘unggulan’ disektor kamera, dan masuk dalam katagori Best Camera Smartphone. Adapun katagorinya yaitu:

  1. Xiaomi Mi 11 Ultra
  2. Samsung Galaxy S21 Ultra
  3. Vivo X70 Pro
  4. Oppo Find X3 Pro

Xiaomi Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Ultra yang hadir dengan ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 888 yang dipadu RAM 12 GB dan memori internal 256 GB ini turut pula dibekali kamera tajam, ada tiga di belakang, masing-masing adalah kamera utama 50 megapiksel (MP), telefoto 48 MP (f/4.1, 120 mm, 5x optical zoom), serta kamera ultra wide 48 MP.

Kamera utama ini juga bisa digunakan merekam video resolusi hingga 8K, video gerak lambat (slow motion) 1.920 fps, serta terdapat mode vlog dan fitur editing.

Yang menarik, tersamat sebuah modul layar kecil yang mampu menampilkan berbagai informasi, seperti informasi waktu, sehingga tetap bisa dilihat apabila ponsel ditaruh dengan kedaan layar menghadap meja.

Sedangkan pada kamera depan, K termuat dalam punch hole beresolusi 20 MP (f/2.2).

Xiaomi Mi 11 Ultra juga dibekali layar quad-curved berpanel AMOLED dengan bentang 6,81 inci. Resolusi layarnya adalah 1.440 x 3.200. Kemudian pada sektor dapur daya perangkat ini dibekali baterai 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat berdaya 67 watt.

Samsung Galaxy S21 Ultra

Selanjutnya Samsung Galaxy S21 Ultra dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), kamera telephoto 10MP (zoom 3x, f/2.4), dan kamera telephoto 10 MP (zoom 10x f/4.9).

Kamera utama 108 MPjuga tercatat masih mengandalkan teknik nona-binning seperti di Galaxy S20 Ultra sebelumnya untuk meningkatkan hasil gambar dengan resolusi final sebesar 12 MP. Untuk kamera depanya sendiri, Galaxy S21 Ultra turut dibekali dengan kamera depan 40 MP.

Kemudian Samsung Galaxy S21 Ultra juga membagi jangkauan telephoto ke dalam dua kamera 10 MP, masing-masing dengan zoom optis 3x (ekuiv. 70mm, f/2.4) dan 10x (ekuiv. 240mm f/4.9). Tetunya hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas gambar di tingkat zoom menengah (3x) dan jauh (10x). serta tambahan Laser Auto Focus.

Samsung Galaxy S21 Ultra juga didukung dengan layar display Dynamic AMOLED 2X 6,8 inci yang terbesar di serinya. Ditambah lagi dengan peningkatan tenaga AI yang lebih canggih, pengguna dimanjakan dengan Adaptive Refresh Rate dari 10Hz hingga 120Hz.

Vivo X70 Pro

Tak dipungkiri, Vivo X70 Pro menghadirkan sederet spesifikasi dan teknologi mumpuni, di antaranya ZEISS Optics, Ultra-Sensing Gimbal Camera, dan Real-Time Extreme Night Vision.

Smartphone flagship Vivo yang satu ini, dibekali 32MP Front Camera, dan empat lensa kamera belakang yakni 50MP Ultra-Sensing Gimbal Camera yang menggunakan sensor SONY IMX766V, ditambah lensa portrait 12MP dengan sensor SONY IMX663 dan 12MP Ultra Wide-Angle Camera dengan lensa macro 2.5cm, beserta 8MP kamera periskop yang memiliki kemampuan 5x Optical Zoom dan 60x Hybrid Zoom.

Vivo X70 Pro membawa salah satu teknologi kamera ZEISS Optics yang dilapisi ZEISS T* Coating.

Lewat kerja sama ini, sistem kamera Vivo X70 Pro akan menghadirkan tiga fitur kamera ikonik ZEISS Style Portrait, yakni lensa klasik ikonik Distagon, Planar, dan Sonnar, serta tetap menghadirkan Biotar Portrait Style.

Lapisan T* Coating milik ZEISS dirancang untuk mengurangi reflektifitas, dan meminimalisir pantulan cahaya, efek flare, stray light, dan ghosting saat pengambilan gambar baik foto maupun video.

Menariknya, kehadiran ZEISS T* Coating pada Vivo X70 Pro akan terintegrasi dan saling mendukung sistem kerja kamera pengembangan Vivo, sehingga secara efektif akan membantu pengguna saat explorasi foto maupun video baik ketika cahaya terang hingga minim cahaya.

Vivo juga tercatat menyempurnakan Gimbal Stabilization 2.0 pada seri Vivo X60 Pro menjadi Ultra-Sensing Gimbal Camera untuk vivo X70 Pro.

Penyempurnaan Ultra-Sensing Gimbal Camera dilakukan dengan peningkatan Gimbal Stabilization 3.0 dengan sensor Sony IMX 766V,serta teknologi stabilisasi gambar VIS 5-Axis Ultra Stable Video, teknologi ini akan mengintegrasikan algoritma EIS dengan OIS untuk meningkatkan kestabilan kamera dengan sensitivitas cahaya lebih baik.

Oppo Find X3 Pro

Yang terakhir, Oppo  Find X3 Pro hadir dengan 4 kamera di belakang. Kamera utamanya mengandalkan sensor 50 megapixel dan lensa f/1.8. Kemudian ada kamera ultra lebar 50 megapixel dan lensa f/2.2, kamera periskop 13 megapixel dengan lensa 5x optical zoom f/2.4 serta  kamera mikroskop 3 megapixel dengan lensa f/3.0.

PPO Find X3 Pro 5G juga dilengkapi fitur-fitur videografi seperti AI Highlight Video, 4K Cinematic Mode, RawPlus, dan AI Scene Enhancement. Keseluruhan fitur canggih ini merupakan paket lengkap yang mampu mendampingi kreator film amatir maupun kelas profesional sekalipun dalam menghasilkan karya berkualitas.

Selain itu, performa perangkat juga memegang peranan penting untuk mengelola kinerja kamera.

Oppo Find X3 Pro 5G dibekali chipset Snapdragon 888 5G, serta dukungan RAM 12GB serta GPU Adreno 660 akan membuat sistem pengolahan datanya berjalan sangat lancar untuk segala aktivitas, termasuk dalam perekaman video. 

Selular Editor’s Choice 2021: Best Camera Smartphone

Vivo X70 Pro memiliki kualitas kamera yang sangat memuaskan, keempat kamera di ponsel ini rasanya sangat menjawab kebutuhan untuk memotret dan merekam video. Terlebih kualitas stabilisasi gimbal yang dimilikinnya, membuat pengguna saat merekam video menjadi minim goyangan.

Simak video berikut ini: