Apple Akan Gunakan E-Sim Untuk Generasi iPhone selanjutnya?

Sim iPhone

Selular.ID – Setelah merilis iPhone 13 yang memilikir fitur kamera canggih, justru ada pengurangan fitur dari Apple yang bakal memangkas slot kartu SIM pada iPhone generasi selanjutnya untuk menggunakan E-Sim.

Sebelumnya sempat ramai rumor yang beredar sebelumnya, bahwa Apple bakal memproduksi iPhone tanpa slot SIM card mulai pada lini iPhone 15 yang konon akan meluncur pada 2023. Tapi akan hadir lebih cepat, yakni pada 2022 mendatang melalui lini iPhone 14.

Pengurangan port fisik yang dilakukan Apple kepada Iphone juga sudah pernah dilakukan pada tahun 2016 yang menghilangkan jack audio 3.5mm untuk iPhone 7.

Laporan dari MacRumours, menegaskan bahwa Apple telah berkompromi kepada operator seluler di Amerika Serikat untuk mempersiapkan peluncuran smartphone khusus kartu SIM elektronik (electronic SIM/e-SIM) pada September 2022.

Baca Juga: Apple Bakal Produksi Massal iPhone 13 Februari 2022

Hal tersebut memungkinkan bahwa iPhone generasi selanjutnya sudah tidak lagi menggunakan kartu SIM fisik dan bahkan bisa saja tidak lagi memiliki slot kartu SIM fisik. MacRumours juga tmembagikan dokumen yang terlihat sah, berisi uraian kerangka waktu dari rencana tersebut.

Meski begitu, MacRumors menekankan bahwa dokumen tidak secara jelas menyebutkan produk Apple mana yang akan menggunakan SIM elektronik di tahun depan.

Namun, Jika data-data yang diuraikan benar adanya, maka ada kemungkinan bahwa Apple bakal mulai memangkas slot SIM Card fisik pada beberapa model iPhone 14, setidaknya pada jajaran iPhone 15.

Apalagi sudah dijelaskan bahwa akan direncanakan pada September 2022 yang menjadi waktu langganan Apple untuk merilis produk iPhone terbarunya dan pada September 2022 mendatang iPhone 14 akan dirilis sebagaimana yang dilakukan Apple.

Baca Juga: Apple iPhone 15 Pro Tak Akan Dilengkapi Slot Kartu SIM Fisik

Operator seluler di AS juga kemungkinan bakal mulai menjual model iPhone 13 tertentu tanpa kartu nano-SIM yang biasanya disertakan di dalam kotak kemasan, mulai kuartal kedua (April-Juni) 2022 mendatang.

Untuk seri iPhone 13 yang dijual di toko Apple Store atau di Apple.com sebenarnya sudah tidak ada kartu nano-SIM di dalam kotak penjualan, yang membuat pengguna iPhone 13 harus mengaktifkan paket seluler melalui e-SIM.