Pendiri dan CEO Twitter Jack Dorsey Mengundurkan Diri

Jakarta, Selular.ID – Jack Dorsey, yang ikut mendirikan Twitter pada tahun 2006, mengundurkan diri sebagai CEO perusahaan, segera. Pengganti Dorsey adalah chief technology officer Twitter Parag Agrawal.

Dalam sebuah pernyataan, Dorsey mengatakan, “Saya telah memutuskan untuk meninggalkan Twitter karena saya yakin perusahaan siap untuk pindah dari para pendirinya. Kepercayaan saya pada Parag sebagai CEO Twitter sangat dalam. Karyanya selama 10 tahun terakhir telah membawa perubahan. Saya sangat berterima kasih atas keterampilan, hati, dan jiwanya. Ini waktunya untuk memimpin.”

Dorsey yang berusia 45 tahun juga merupakan CEO Square, perusahaan pembayaran seluler yang ia dirikan bersama tim berbeda. Dorsey akan tetap menjadi anggota dewan Twitter sampai masa jabatannya saat ini berakhir pada rapat pemegang saham 2022. Presiden Salesforce dan COO Bret Taylor akan mengambil alih dari Patrick Pichette sebagai Ketua Dewan. Pichette akan tetap berada di dewan sebagai ketua Komite Audit.

Situs media sosial itu berharap untuk setidaknya menggandakan pendapatan tahunannya pada akhir 2023 sambil melaporkan 315 juta pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi pada akhir tahun itu. Tapi inilah tujuan yang sekarang harus dicapai oleh Tuan Agrawal. Pada bulan lalu, Twitter menghitung 206 juta pengguna aktif harian atau 187 juta pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi di seluruh dunia. Di AS, Twitter memiliki 37 juta pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi.

Dorsey telah dihapus sebagai CEO Twitter pada 2008 sebelum kembali pada 2015 ketika Dick Costolo pergi. Sejak kembalinya Dorsey pada 5 Oktober 2015, saham Twitter telah meningkat 85% menurut CNBC. Saham perusahaan publik Dorsey lainnya, Square, telah meningkat 1.566% sejak perusahaan tersebut go public pada 19 November 2015. Investor awalnya mengambil saham Twitter 11% lebih tinggi menjadi 52,27. Tetapi saham telah menyerahkan semua keuntungannya dan sekarang turun lebih dari 1% untuk hari ini di $46,49.

Dorsey menggunakan halaman Twitter @jack untuk mengonfirmasi berita tersebut dan meninggalkan pesan panjang kepada para pengikutnya. Di dalamnya, Dorsey menulis, “Saya ingin Anda semua tahu bahwa ini adalah keputusan saya dan saya memilikinya. Itu adalah keputusan yang sulit bagi saya, tentu saja. Saya sangat menyukai layanan dan perusahaan ini … dan Anda semua sangat. Saya sangat sedih … namun sangat bahagia. Tidak banyak perusahaan yang sampai ke level ini. Dan tidak banyak pendiri yang memilih perusahaan mereka daripada ego mereka sendiri. Saya tahu kami akan membuktikan bahwa ini benar pindah.”