Jumat, 1 Maret 2024

Bluesky Mainan Baru Jack Dorsey, Apa Bedanya dengan Sosial Media Lain?

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Bluesky, jejaring sosial mirip Twitter yang diperjuangkan oleh salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey, telah keluar dari kepompongnya dan kini memungkinkan siapa pun membuat akun dan bergabung dengan layanan tersebut.

Hingga Selasa (6/2/2024), siapa pun yang ingin bergabung dengan Bluesky memerlukan undangan, yang biasanya berarti memburu anggota yang sudah ada dan meminta undangan.

Periode khusus undangan tersebut memberikan waktu bagi situs untuk mengembangkan alat moderasi dan fitur lainnya, kata Bluesky.

Bluesky mirip dengan Twitter – sekarang dikenal sebagai X setelah miliarder Tesla Elon Musk membayar $44 miliar untuk perusahaan tersebut – dalam banyak hal, meskipun Bluesky belum menawarkan pesan langsung antar pengguna.

Sosmed anyar ini memang menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian, meskipun masih belum jelas apakah ini akan menarik bagi pengguna.

Secara default, Bluesky menampilkan postingan berdasarkan akun yang Anda ikuti dalam garis waktu linier, meskipun dimungkinkan juga untuk beralih ke garis waktu berdasarkan algoritme yang dibuat oleh pengguna lain.

Lihat Juga:

Layanan ini melakukan moderasinya sendiri namun berencana untuk membiarkan penggunanya menyusun skema moderasi alternatif bersama-sama. Fitur itu belum diaktifkan.

Dan ketika semuanya benar-benar berjalan, Bluesky berencana membebaskan pengguna dengan mengizinkan mereka memindahkan koleksi teman, pengikut, dan data lainnya ke jejaring sosial pesaing.

‘Akun sosial terakhir yang perlu Anda buat’

Seperti yang dikatakan perusahaan dalam halaman kartun aneh yang disertakan dalam pengumuman pada Selasa, Bluesky bertujuan untuk menjadi “akun sosial terakhir yang perlu Anda buat”.

Dalam praktiknya, mungkin tidak akan semudah itu. Istilah teknis untuk membuat jaringan sosial dapat dioperasikan dengan cara ini adalah “federasi”, dan ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh situs untuk melakukan federasi.

Misalnya, Mastodon dan situs mikroblog serupa – termasuk layanan Meta’s Threads – menggunakan algoritme federasi yang disebut ActivityPub yang memungkinkan pengguna berpindah di antara situs tersebut.

Faktanya, Threads sudah mulai bereksperimen dengan berbagi postingan ke Mastodon dan layanan lain menggunakan ActivityPub.

“Membuat Threads dapat dioperasikan akan memberi orang lebih banyak pilihan mengenai bagaimana mereka berinteraksi dan akan membantu konten menjangkau lebih banyak orang,” tulis CEO Meta Mark Zuckerberg dalam postingan Threads pada bulan Desember.

“Saya cukup optimis tentang ini”.

Sebaliknya, Bluesky mengadopsi algoritma federasi yang disebut Authenticated Transfer Protocol dan sejauh ini merupakan satu-satunya layanan yang menggunakannya.

Halaman ‘pertanyaan yang sering diajukan’ untuk protokol menyatakan bahwa ActivityPub mempersulit transfer akun dan tidak memiliki fitur penting lainnya.

Baca Juga: Bos Twitter X Elon Musk Bandel, Menkominfo Beri Ancaman

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU