Kamis, 18 Juli 2024
Selular.ID -

Foxconn Akan Investasi di Indonesia, Beneran?

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Jakarta, Selular.ID – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan perusahaan manufaktur komponen dan produk elektronik asal Taiwan Foxconn berminat untuk berinvestasi di Indonesia. Seperti dilansir dari Sindonews.com, Kementerian Investasi/BKPM akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Foxconn terkait rencana investasinya di Indonesia.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Bahlil ke Taiwan minggu lalu. Namun menteri yang pernah menjadi supir angkot itu, mengatakan bahwa detail rencana investasi Foxconn tersebut belum dapat diumumkan.

“Insya Allah Foxconn berminat masuk Indonesia. Saya belum bisa detail untuk jumlah dan kapan investasinya mulai. Kita sudah tanda tangan kesepakatannya tetapi belum dalam bentuk MoU. Yakin mereka masuk, tapi kami belum bisa umumkan secara detail. Mudah-mudahan tahun ini,” ungkap Bahlil, Kamis (4/11/2021).

Bahlil menyampaikan bahwa Presiden Jokowi telah memberikan perintah khusus kepada Kementerian Investasi/BKPM untuk menarik investasi Foxconn masuk ke Indonesia. Investasi ini nantinya akan masuk dalam beberapa bagian, antara lain produksi baterai listrik, mobil dan motor listrik, serta suku cadang peralatan komunikasi.

Rencana Foxconn masuk ke Indonesia, tentu merupakan angin segar karena dapat memperkuat iklim invetasi di Tanah Air. Meski demikian, keinginan raksasa teknologi Taiwan itu diharapkan tidak lagi sekedar memberikan harapan semata bagi Indonesia.

Pasalnya, kabar mengenai rencana Foxconn hadir di Indonesia bukanlah cerita baru. Sejak beberapa tahun terakhir, Indonesia kerap digadang-gadang akan menjadi target investasi selanjutnya dari raksasa yang berbasis di Taipe itu.

Bahkan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang melawat ke Taiwan pada Agustus 2019 untuk menjaring calon investor masuk ke Tanah Air, mengungkapkan langsung rencana tersebut.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU