spot_img
BerandaAppsCara Mentransfer Obrolan WhatsApp dari iPhone ke Android

Cara Mentransfer Obrolan WhatsApp dari iPhone ke Android

-

Jakarta, Selular.ID – Ketika anda mengganti smartphone yang sistem operasinya berbeda dari iOS ke Android, salah satu hal kesulitan untuk mem-back up data dari perangkat sebelumnya, seperti riwayat obrolan pengguna.

Sementara sebagian besar aplikasi dan platform obrolan membuat mudah untuk membawa bertahun-tahun riwayat obrolan dari akun pengguna, salah satunya aplikasi WhatsApp.

Karena sebelumnya, saat  mengganti Smartphone dengan sistem operasi antara iOS dan Android berarti anda akan kehilangan semua percakapan.

Untungnya saat ini WhatsApp sudah merubahnya, karena anda dapat menggunakan cadangan cloud untuk terus memindahkan riwayat obrolan dari satu ponsel ke ponsel berikutnya selama Anda tetap menggunakan Android atau iOS.

Layanan ini bergantung pada Google Drive dan Apple iCloud masing-masing untuk menjaga cadangan obrolan online. Untuk saat ini, WhatsApp telah bekerja dengan Google dan Samsung untuk memungkinkan transfer lokal cadangan WhatsApp dari iPhone ke perangkat Android.

Namun, Anda harus menunggu sedikit lebih lama jika Anda ingin mentransfer obrolan WhatsApp dari perangkat Android ke iPhone. WhatsApp mengklaim bahwa fitur tersebut sudah tersedia pada tahun ini.

Lalu bagaimana cara mentransfer cadangan obrolan WhatsApp, dari sistem operasi yang berbeda? maka simak ulasan dari tim selular sebagi berikut:

BACA JUGA : Tanda Damai Instagram dan Twitter, Aktifkan Fitur Pratinjau Link Lagi

Dimulai dengan Android 12, Google telah menambahkan perubahan tingkat sistem operasi untuk memungkinkan pengguna membawa riwayat obrolan WhatsApp mereka dari iPhone ke perangkat Android. Untuk saat ini, fitur ini masih baru bis digunakan pada Pixel, semoga kedepannya bisa diluncurkan ke semua smartphone baru yang sudah menggunakan sistem operasi Android 12.

Berikut panduan langkah demi langkahnya:

  1. Anda memerlukan ponsel yang baru disetel ulang dengan Android 12 onboard.
  2. Hubungkan iPhone ke perangkat Android 12 Anda melalui kabel USB-C ke Lightning.
  3. Ikuti petunjuk di layar untuk mengimpor semua atau data yang dipilih dari iPhone ke ponsel Android 12 Anda.
  4. Ketuk tombol lanjutkan untuk menyelesaikan transfer data.
  5. Saat proses transfer, nantinya anda diminta untuk pindai kode QR yang ditampilkan di perangkat Android menggunakan iPhone Anda.
  6. Memindai kode QR akan membuka WhatsApp di iPhone. Ketuk tombol mulai dan Anda siap melakukannya.

Dengan pembaruan dari WhatsApp, Mentransfer obrolan WhatsApp dari iPhone ke Android adalah proses yang cukup mudah dan seharusnya tidak memakan waktu, walaupun itu tergantung pada ukuran cadangan WhatsApp.

Seluruh transfer berlangsung secara lokal dan tetap dienkripsi. Semua media termasuk riwayat obrolan, foto, dan video harus diteruskan, tetapi Anda nantinya dengan melakukan integrasi ini anda akan kehilangan riwayat panggilan WhatsApp.

Artikel Terbaru