spot_img
BerandaInsightLaporan: TikTok Raih Penghasilan Tertinggi, PUBG Mobile Kuasai Game di Smartphone

Laporan: TikTok Raih Penghasilan Tertinggi, PUBG Mobile Kuasai Game di Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Pada awal pandemi, jumlah aplikasi yang diinstal melonjak. Sekarang, setelah program vaksinasi meluas, pemasangan aplikasi di platform Google dan Apple turun sedikit, tetapi pendapatan telah naik.

Pengguna smartphone menghabiskan $33,6 miliar secara kolektif di Google Play Store dan Apple App Store selama kuartal Juli-September untuk aplikasi, pembelian dalam aplikasi, dan langganan. Ini adalah peningkatan 15,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu ketika $29,2 miliar dihabiskan. Peningkatannya melambat, namun, tahun lalu ada lonjakan 32% dalam pengeluaran untuk kuartal yang sama.

Apple Store masih menghasilkan uang paling banyak, yakni $21,5 miliar (+13,2% dibandingkan tahun lalu), tetapi platform Google mengejar karena mengambil $12,1 miliar (+18,6%).

Data dari SensorTower menunjukkan TikTok adalah aplikasi berpenghasilan tertinggi secara global di kedua app store di Q3-2021. Baru-baru ini mencapai 3 miliar total pemasangan, menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang melakukannya.

TikTok adalah aplikasi teratas di toko Apple, tetapi tidak di Google. Di sana ada aplikasi Google One milik raksasa pencarian yang menempati posisi #1 (berkat langganan untuk layanan penyimpanan cloud). Piccoma naik ke posisi #2 secara keseluruhan dengan pertumbuhan 130%, YouTube dan Disney+ juga berada di Top 5.

Di bawah ini adalah peringkat keseluruhan serta per toko aplikasi.

Game mobile semakin digandrungi, dengan pengguna menghabiskan 7,7% lebih banyak uang tunai daripada Q3 tahun lalu, menjadi $22,4 miliar. Sebagian besar dihabiskan di Google Play Store ($13,1 miliar) dengan iOS tertinggal ($9,3 miliar).

Baca juga :  Link Net Raih Penghargaan Indonesia Human Capital Award
Baca juga :  Video: Unboxing dan Test PUBG Pake Vivo X70 Pro 5G!

Seperti pada kuartal sebelumnya, game mobile teratas adalah PUBG Mobile Tencent, yang telah mengumpulkan pendapatan seumur hidup lebih dari $5 miliar (termasuk Game for Peace, versi game Cina).

Game Tencent lainnya, Honor of Kings, berada di posisi #2, diikuti oleh Genshin Impact. Genshin mungkin baru berusia satu tahun, tetapi sudah memiliki pengeluaran konsumen senilai $2 miliar. Pokemon Go masih populer dan berada di urutan ke-4, Roblox melengkapi 5 Besar.

spot_img

Artikel Terbaru