spot_img
BerandaSelular CongressIndonesia 5G Conference: Eksplorasi Kasus Penggunaan (Use Case) Layanan 5G di Berbagai...

Indonesia 5G Conference: Eksplorasi Kasus Penggunaan (Use Case) Layanan 5G di Berbagai Industri

-

Jakarta, Selular.ID – Seiring genderang 5G bertabuh, Selular Media Network akan menyelenggarakan diskusi mendalam tentang penggunaan jaringan seluler tercepat saat ini di Indonesia.

Terdiri dari empat sesi Webinar, rangkaian acara Indonesia 5G Conference mengangkat tema besar ‘Exploring 5G Opportunities In Diverse Industries’ dan akan diselenggarakan pada Selasa-Rabu 26-27 Oktober 2021.

Selama dua hari, forum ini bermaksud untuk memetakan tantangan yang dihadapi para pelaku industri baik dari sisi teknologi maupun pasar sekaligus mengeksplorasi beragam peluang yang muncul karena kehadiran 5G di Indonesia sehingga layanan 5G dapat berjalan maksimal di semua sektor.

Pada sesi pertama, SMN menghadirkan tiga narasumber dari kalangan pelaku industri. Dibuka oleh Dr. Ismail selaku Dirjen SDPPI Kominfo ini, sesi 1 akan diisi oleh Shurish Subbramaniam selaku Chief Technology Officer Smartfren, Indra Mardiatna selaku VP Network Technology Strategy Telkomsel dan Mohamad Rosidi selaku Director of ICT Strategy and Business of Huawei Indonesia.

Eksplorasi Teknologi dan Kasus Penggunaan (use case) Layanan 5G di Berbagai Industri

Layanan 5G kini bukan lagi angan-angan. Menyusul Telkomsel, Indosat Ooredoo juga telah resmi memperkenalkan teknologi tersebut kepada masyarakat dan dunia usaha di Indonesia. Begitu pun dengan XL Axiata yang juga telah telah lolos uji layak operasi untuk menggelar jaringan 5G.

Meski coverage dan jenis-jenis layanan yang ditawarkan kedua operator saat ini masihnya terbatas, namun diluncurkannya 5G tentu merupakan langkah maju. Pasalnya, kehadiran 5G dapat mendorong tumbuhnya ekonomi digital lebih massif lagi. Sebagai penggerak industri 4.0, layanan 5G juga memangkas kesenjangan pembangunan, sekaligus meningkatkan daya saing (competitiveness advantage) Indonesia di masa depan.

Seperti kita ketahui, dengan kecepatan hingga 1 Gbps, 5G tak hanya dirancang untuk menyediakan unduhan konten yang lebih cepat, tetapi juga sejumlah aplikasi lain yang dapat mengubah cara pengguna melakukan aktivitas sehari-hari. Begitu pun dengan dunia usaha, terutama segmen manufaktur dan jasa yang akan merasakan manfaat terbesar dari kehadiran 5G.

Hal ini akan mendorong beragam inovasi seperti pengembangan smart cities, drone, mengemudi mandiri (autonomous car), layanan medis digital, penyebaran IoT (Internet of Things), Big Data, dan layanan berbasis robotics lainnya.

Lalu apa manfaat yang dapat diraih oleh perusahaan-perusahaan dengan kehadiran layanan 5G dan inovasi apa yang bisa diwujudkan Grab berkat layanan 5G? Untuk mengetahuinya, kami ingin mengundang sahabat setia pembaca Selular.ID untuk hadir dan mengikuti acara yang akan terdiri dari 4 (empat) sesi webinar ini.

Berikut link registrasi gratis untuk mengikuti rangkaian acara Indonesia 5G Conference pada Selasa-Rabu 26-27 Oktober 2021.

Sampai jumpa besok.

Artikel Terbaru