spot_img
BerandaNewsFeaturePerkembangan Teknologi Kamera Smartphone Oppo dari Masa ke Masa

Perkembangan Teknologi Kamera Smartphone Oppo dari Masa ke Masa

-

Jakarta, Selular.ID – Sejak berdiri pada 2004 lalu di Guangdong, China, Oppo dikenal sebagai pelopor teknologi dalam industri ponsel. Pada tahun selanjutnya, Oppo terus memperluas bisnisnya ke kurang lebih 40 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia, Oppo menginjakkan kaki pertama kali pada tahun 2013 lalu dengan meluncurkan smartphone perdananya yaitu Oppo Find 5.

Sampai sekarang, Oppo terus menghadirkan teknologi terbaru dalam semua produknya. Dari sekian banyak teknologi yang dimiliki Oppo, teknologi kamera yang menjadi daya tarik sendiri bagi penggunanya di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mengingat sejauh ini, teknologi kamera yang dimiliki Oppo seperti modul kamera, fitur kamera, desain kamera, sensor yang digunakan menjadi favorit bagi penggunanya.

Nah, kali ini Selular akan mengulas sejarah teknologi kamera yang digunakan pada smartphone Oppo selama Oppo berdiri hingga saat ini.

Baca juga: Review Oppo Reno6, Performa Apik, Kamera Ciamik

1. Periode 2012 -2015

 

Oppo Find 7

Untuk pertama kalinya, Oppo memperkenalkan fitur percantik wajah (Beauty Selfie) pada kamera depan dengan meluncurkan smartphone Oppo U like 2 pada tahun 2012. Dengan fitur Beauty Selfie ini, pengguna bisa mendapatkan foto dengan wajah yang tirus dan kulit yang lebih halus. Selanjutnya di tahun 2017, Oppo masuk kedalam era kecerdasan buatan. Sehingga sejak saat itu, fitur Beauty Selfie menggunakan teknologi AI.

Oppo R11 merupakan smartphone pertama kali yang diberikan kemampuan untuk mengenali wajah pengguna berdasarkan jenis kelamin, usia, warna kulit dan jenis kulit untuk fitur percantik wajah berbasis teknologi AI. Pada 2018, saat perilisan Find X, Oppo kembali menanamkan teknologi 3D Structured light untuk fitur fitur swafoto cantik dan foto portrait secara 3 dimensional.

Kemudian di tahun 2013, Oppo merilis Pure image technology pertama kalinya melalui smartphone Oppo N1. Teknologi ini kemudian diperbaharui ke versi 2.0 melalu perangkat Find 7 di 2014. Dengan teknologi Pure Image 2.0, perangkat Oppo Find 7 dapat secara otomatis menyesuaikan skema warna dengan kondisi saat mengambil foto.

Dikombinasikan dengan inovasi teknologi yang terdapat pada Find 7, Pure Image 2.0 dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi melalui fitur Ultra HD. Kombinasi tersebut mampu menghasilkan foto dengan detail tinggi dengan mengkombinasikan beberapa foto menjadi foto High Definition.

Baca juga: Video: Cara Memaksimalkan Kamera Smartphone Oppo Find X3 Pro Buat Bikin Konten!

Selanjutnya, Oppo merilis kamera putar 206 derajat untuk pertama kalinya pada smartphone Oppo N1. Kamera ini menyajikan prespektif baru pada fotografi smartphone dengan flexibilitasnya pada sudut pengambilan gambar. Kamera putar memiliki desain yang sangat kompleks, terdiri dari 67 komponen yang digabungkan dan dibuat dengan 100.000 kali pengujian untuk menghindari mailfungsi pada kamera yang berputar.

2. Periode 2016 – 2020

 

Oppo Find X

Pada tahun 2016, tepatnya  di ajang MWC 2016, Oppo memperkenalkan Oppo Smartsensor Optical Image Stabilization dibuat menggunakan sitem antiguncang dengan 3 sumbu. Sistem antiguncang ini berbasis pada sensor, bukan pada lensa seperti yang digunakan pada perangkat smartphone yang beredar. Sistem ini mampu meningkatkan akurasi, penggunaan daya yang lebih rendah dan kemampuan untuk mengambil gambar lebih jelas lagi dan lebih cepat.

Masih di tahun yang sama, Oppo Bersama Sony mengembangkan sensor IMX 398 yang digunakan pada smartphone R9. Sensor ini mengadopsi sitem dual PDAF untuk menggandakan kemampuan focusing dari masing – masing pixel. Sehingga meningkatkan kecepatan akurasi fokus hingga 40% dan mengurangi resiko pemotretan dengan hasil yang blur.

Berikutnya di tahun 2017, Oppo R11 mengalami peningkatan pada sisi kamera depan dan kamera utama dengan resolusi 20 Megapixel. Kamera utamanya sendiri juga ditingkatkan menjadi kamera ganda dengan kombinasi 16 Megapixel kamera wide angle dan 20 Megapixel kamera telephoto. Kamera depannya sendiri memiliki 20 Megapixel dengan lensa wide angle.

Baca juga: Oppo Find X3 Pro Dinobatkan Sebagai Smartphone of the year Selular Award 2021

Di tahun selanjutnya, Oppo menghadirkan teknologi Ultra Night Mode pada smartphone Oppo R17 pada tahun 2017. Mode ini dikombinasikan dengan kehadiran lensa berdiafragma ganda F/1.5 dan F/2.4 yang juga dilengkapi dengan sistem penstabilan gambar OIS untuk menghasilkan mode malam hari dengan hasil foto yang terang, tajam dan kaya warna hanya dengan sekali sentuhan.

Masih di tahun 2017, tepatnya pada MWC 2017, teknologi 5x lossless zoom mengkombinasikan mekanisme zoom berbasis periskop, kamera ganda dan perangkat lunak pemrosesan gambar dengan presisi tinggi. Terobosan kamera zoom dengan teknologi tinggi ini memungkindan diaplikasikan pada perangkat smartphone yang tipis.

Selanjutnya, di tahun 2018, Oppo meluncurkan teknologi modul kamera terbaru yaitu pop up camera. Teknologi pop-up camera Bernama 3D Stealth Camera ini pertama digunakan pada smartphone Oppo Find X yang diluncurkan secara global sejak Juni 2018 lalu. Sebulan kemudian, tepatnya Juli 2018, Oppo Find X resmi meluncur di Indonesia.

Oppo Find X memiliki teknologi 3D Stealth Camera yang bekerja pada kamera selfie maupun kamera utama. Modul 3D Stealth Camera terdiri dari kamera depan, dot proyektor, speaker, kamera infrared, dan lampu infrared pada bagian depan. Sementara di sisi belakang terdapat dual camera AI dipadukan LED flash. Cara kerja 3D Stealth Camera milik Oppo Find X, kamera utama maupun selfie Oppo Find X akan terbuka dan tertutup secara otomatis ketika penggunanya mengakses menu kamera.

Selanjutnya teknologi pop up kamera kembali diadopsi Oppo melalui smartphone Oppo F11 Pro. Berbeda dengan teknologi pop up pada Find X, pop up pada F11 Pro hanya bekerja pada kamera selfie saja dan diletakkan di tengah.

Kamera utama Oppo F11 Pro
Kamera utama Oppo F11 Pro

Teknologi bernama Rising kamera ini hanya muncul ketika penggunanya mengakses menu kamera selfie saja. Rising kamera Oppo F11 Pro mampu bertahan sampai 100 kali buka tutup dalam sehari dalam kurun waktu selama 6 tahun.

Beralih ke tahun 2019, Oppo kembali mengembangkan teknologi pop up selfie camera bernama Pivot Rising Camera. Pivot Rising Camera ini pertama kali disematkan pada Oppo Reno yang diluncurkan di Indonesia pada Juni 2019. Uniknya, Pivot Rising Camera ini memiliki bentuk segitiga yang menyerupai sirip ikan Hiu.

Oppo Reno 10x Zoom

Oppo Reno juga memiliki desain kamera dengan struktur O-Dot yang mampu melindungi kamera belakang dari goresan. O-dot sendiri merupakan sebuah lingkaran dengan desain seperti batu yang telah diuji dan memiliki tingkat kekerasan 8.05 Mohs.

Saudara dari Oppo Reno, yaitu Oppo Reno 10x zoom memiliki teknologi terbaru 10x lossless zoom. Sebelumnya, teknologi 10x lossless zoom telah diperkenalkan Oppo pada ajang Pada MWC 2019.

Teknologi 10x lossless zoom mengkombinasikan lensa dengan sudut lebar, kamera utama super jernih dan lensa telephoto yang menghadirkan kemampuan pengambilan gambar telephoto dan sudut lebar pada satu perangkat. Oppo juga menyematkan teknologi OIS pada kedua lensa tersebut.

Melalui teknologi tersebut, Oppo Reno mampu menghasilkan gambar yang jernih dan hasil foto yang lebih tajam dan mengurangi blur.

Ketiga kamera belakang pada Oppo Reno 10x zoom ini bekerja bersama untuk mewujudkan full-focal-length sebesar 16mm-160mm sehingga mampu mencapai 10x hybrid zoom. Kamera utamanya sendiri menggunakan optical image stabilization (OIS) dan closed-loop focusing motor. Tujuannya untuk menangkap seluruh momen spesial pengguna secara jelas dan real time.

Kamera Oppo Reno 10x zoom didukung lensa ultra-tipis 5,75mm dan memaksimalkan kemampuan zoom yang kuat dalam perangkat yang nyaman digenggam. Untuk memastikan kualitas zoom terbaik, Reno 10x Zoom juga menggunakan teknologi OIS ganda dalam lensa primer dan lensa telephoto. Teknologi OIS ini mampu mengurangi guncangan ketika mengambil gambar.

Selanjutnya di tahun 2020, Oppo menghadirkan teknologi kamera baru seperti AI Color Portrait, Night Flare Portrait, dan Ultra Steady Video 3.0. Tekenologi tersebut disematkan pada Oppo Reno4.  AI Color Portrait memungkinkan pengguna menentukan warna yang ingin ditonjolkan sehingga hasil jepretan terlihat stand out alias lebih menarik dan trendi.

Selanjutnya, Night Flare Portrait yang merupakan gabungan dari portrait mode dan night mode. Dengan teknologi ini, Reno4 mampu menghasilkan foto low-light lebih cerah dan tajam. Selain itu, efek bokeh yang dimunculkan dari penggunaan mode Night Flare Portrait akan membuat objek utama tampak jelas.

Selain itu, Reno4 sudah dibekali fitur stabilizer yaitu Ultra Steady Video 3.0 pada kamera belakang dan kamera depan. Fitur Ultra Steady Video 3.0 ini mampu menstabilkan Reno4 saat merekam video menggunakan kamera belakang dan kamera selfie.

Masih di tahun 2020, Oppo juga menghadirkan teknologi digital zoom 60x pada smartphone flagship Find X2 Pro. Find X2 series yang mencakup Find X2 dan Find X2 Pro juga didukung fitur ultra wide dengan sudut pandang 120 derajat.

3. Periode 2021 sampai selanjutnya

Oppo Find X3 Pro

Mengawali tahun 2021, Oppo menghadirkan teknologi kamera baru seperti AI Mixed Portrait pada Oppo Reno5 yang diluncurkan pada Januari 2021 ini. Fitur AI Mixed Portrait memungkinkan anda untuk membuat video artistik dengan menggabungkan objek video dengan video latar belakang tersendiri. Selain itu, Reno5 mengusung fitur dual-view Video yang memungkinkan penggunanya mengambil video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan dengan suara. Selanjutnya fitur AI Highlight Video pada kamera OPPO Reno5 akan secara otomatis mengenali kondisi pencahayaan sehingga video yang dihasilkan tetap bersih dan jelas meski diambil pada tempat dengan kondisi gelap.

Masih di Reno5, terdapat fitur Ultra Night Video yang memungkinkan Reno5 di malam hari tetap akan terlihat terang di bagian latar belakangnya meski anda mengambil video di tempat yang gelap. Fitur Live HDR pada Reno5 akan menjaga detail di area gelap tetap tertangkap di kamera dengan baik meski kondisi pencahayaan begitu terang. Tidak ketinggalan fitur AI Color Portrait pada Reno5 secara otomatis akan membuat latar belakang video menjadi hitam putih namun akan tetap mempertahankan warna pakaian pada subjek video sehingga terlihat lebih menonjol.

Teknologi kamera canggih selanjutnya hadir pada Oppo Find X3 Pro 5G yang diluncurkan pada Maret 2021 ke Indonesia. Teknologi kamera tersebut mencakup Microlens, 4K Cinematic Mode, RAWPLUS, AI Video, dan banyak lagi. Kamera microlens pada Oppo Find X3 Pro cukup menakjubkan untuk menangkap objek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Setelah anda mengaktifkan mode ini, anda harus sangat dekat dengan subjek dan juga memegang ponsel dengan stabil dengan jarak fokus sekitar 3mm.

Berikutnya teknologi RawPlus membuat pengguna bisa menangkap konten HDR dengan dukungan warna 10-bit. Fitur 4K Cinematic Mode pada Find X3 Pro didukung teknologi 10-bit dengan video 4K, HDR, Log, dan gamut warna BT.2020.

Saat menggunakan mode film, anda juga memiliki akses cepat ke kontrol manual penuh ISO, white balance, kecepatan rana, dan fokus. Fitur AI Palettes mendukung pemilihan kustom dari salah satu gambar anda yang kemudian dapat diatur sebagai filter warna dan menerapkannya ke foto lain dalam koleksi anda.

Teknologi kamera canggih kembali dirilis Oppo untuk smartphone Oppo Reno6 yang diluncurkan ke Indonesia pada Juli lalu. Oppo Reno6 didukung fitur Ultra-clear 108MP Image, yang dapat menampilkan detail dan hasil yang tajam.

Di samping itu, Oppo Reno6 memiliki serangkaian fitur video portrait yang disempurnakan dengan teknologi AI, dengan kehadiran Bokeh Flare Potrait Video. Fitur pertama di industri smartphone ini secara otomatis memberikan efek bokeh dengan kualitas sinematik.

Berikutnya fitur Portrait Beautification Video menampilkan efek percantik wajah alami pada video potret. Fitur ini mampu mengenali 193 titik fitur wajah utama dalam video, yang dapat memberikan efek kecantikan dengan presisi, personalisasi, dan hasil lebih natural.

Dalam acara Oppo Future Imaging Technology Launch Event yang berlangsung di Shenzhen, China, pada 19 Agustus 2021, Oppo memperkenalkan beberapa teknologi terbaru. Mulai dari sensor RGBW generasi berikutnya, zoom optik berkelanjutan 85-200mm, teknologi OIS lima sumbu, dan kamera bawah layar generasi terbaru dengan serangkaian algoritma kecerdasan buatan baru yang telah dipatenkan. Sensor baru RGBW yang dikembangkan Oppo secara signifikan dapat meningkatkan sensitivitas cahaya dengan memperkenalkan sub-piksel putih tambahan (W), teknologi DTI (Deep Trench Isolation) yang inovatif, dan algoritma 4-in-1 piksel yang dikembangkan mandiri oleh Oppo.

Sensor baru ini memungkinkan 60% lebih banyak cahaya untuk ditangkap dibandingkan sensor sebelumnya. Sekaligus melakukan pengurangan noise pada gambar hingga 35% untuk menghasilkan gambar yang jauh lebih jelas dan lebih cerah dalam kondisi rendah cahaya.

Selain sensor, Oppo juga memperkenalkan modul kamera baru yaitu Zoom Optik Berkelanjutan 85-200mm, yang mendesain ulang modul dasar kamera pada hardware kamera. Zoom Optik Berkelanjutan Oppo 85-200mm mendukung continuous optical zoom pada rentang fokus 85mm hingga 200mm. Dengan begitu modul kamera ini bisa menangkap gambar yang tajam di setiap tingkatan pembesaran tanpa memerlukan pemotongan secara digital.

Masih dalam acara Oppo Future Imaging Technology Launch Event, Oppo juga memperkenalkan teknologi kamera bawah layar (Under Screen Camera/USC) generasi berikutnya untuk smartphone masa depan. USC ini menggunakan kabel transparan dan desain baru memberikan kualitas tampilan dan pengalaman visual yang lebih halus.

Tak hanya itu, pengembangan Oppo terhadap OIS Lima sumbu (Oppo Five-axis OIS) memungkinkan prosesor sistem menerima data pergerakan dari giroskop, menganalisisnya, dan memecahnya ke masing-masing komponen melalui algoritma. Untuk pemotretan malam hari atau gerakan, teknologi algoritma Oppo dapat membantu meningkatkan stabilitas, kejernihan, dan performa warna secara signifikan serta dapat meningkatkan kinerja kompensasi getaran hingga 65%.

Oppo Five-axis OIS akan dirilis secara komersial pada smartphone baru Oppo di kuartal pertama tahun 2022. Sayangya, hingga saat ini belum ada informasi smartphone Oppo mana yang menggunakan sederet teknologi kamera baru Oppo tersebut.

spot_img

Artikel Terbaru