spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Oppo Reno6, Performa Apik, Kamera Ciamik

Review Oppo Reno6, Performa Apik, Kamera Ciamik

-

Jakarta, Selular.ID – Juli lalu, Oppo resmi memboyong smartphone barunya, Reno6 ke Indonesia dengan harga Rp. 5.199.000. Selanjutnya di bulan Agustus, Oppo kembali memboyong anggota Reno6 series yaitu Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G. Oppo Reno 6 versi original ini masih menggunakan jaringan 4G.

Oppo Reno6 mengedepankan kamera untuk foto dan video, performa serta desain sebagai jagoannya. Ponsel ini hanya memiliki satu varian storage yaitu RAM 8GB dan ROM 128GB.

Hanya ada dua varian warna yang disajikan Oppo Reno6 yaitu Ungu Aurora dan Stellar Black. Kali ini tim Selular mereview Oppo Reno6 varian warna Ungu Aurora. Penasaran? Langsung saja simak review Oppo Reno6 selengkapnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Selular.ID (@selularid)

Baca juga: Review: Oppo A74, Smartphone 5G Harga 3 Jutaan Layak Dibeli

Desain

Varian warna Ungu Aurora ini membuat Reno6 terlihat elegan. Warna Ungu Aurora ini terinspirasi oleh imajinasi cahaya aurora borealis pada kutub utara yang mempesona. Baik warna Ungu Aurora dan Stellar Black dibuat menggunakan teknik desain Reno Glow pada cover belakang Reno6.

Desain Reno Glow ini menggunakan proses Spektrum Berlian baru untuk memberikan Reno6 warna yang selalu berubah bila dilihat dari sudut yang berbeda dan dalam kondisi cahaya yang berbeda. Kini, Oppo juga telah meningkatkan 5 Lapisan Spektrum Berlian pada Reno6, 2 lapisan lebih banyak dibandingkan pendahulunya yaitu Oppo Reno5.

Penambahan lapisan Spektrum Berlian ini menghasilkan sekitar 1 juta kombinasi warna yang dapat dihasilkan oleh Reno6 Aurora. Sangat jauh jika dibandingkan 10.000 warna yang dihasilkan oleh pendahulunya.

Desain Reno Glow ini bisa menciptakan efek kilauan halus pada cover belakang pada Oppo Reno6 sekaligus membuatnya bebas sidik jari. Jadi, pas kami genggam, Oppo Reno6 tidak cepat kotor.

Baca juga: Performa Oppo Reno6 Series 5G, Untuk Generasi Milenial dan Z

Oppo Reno6 memiliki dimensi 159.1mm×73.3mm×7.8mm dan bobot 173g. Ketika kami genggam, Oppo Reno6 cukup nyaman dan ringan. Apalagi ketika dimasukkan ke saku celana, sangat pas.

Layar seluas 6,4 inci, kamera selfie dengan desain Punch-Hole beresolusi 44MP serta speaker receiver. Beralih ke bagian belakang, disematkan empat kamera belakang dengan desain vertikal, LED Flash, dan logo Oppo di bawahnya.

Di sisi kanan dijumpai tombol power. Sementara di sisi kiri terdapat tombol volume up and down serta slot SIM Card dan MicroSD.

Pada bagian bawah terdapat port USB Type-C, jack audio 3,5 mm, lubang mic serta speaker. Sedangkan di bagian atas hanya ada lubang mic saja.

Kamera

Soal foto dan video, Oppo Reno6 memiliki kamera utama 64MP (F/1.7) lensa wide 8MP (F/2.2), lensa makro 2MP (F/2.4) dan lensa mono 2MP (F2.4). Tampilan interface kamera belakang Reno6 sangat simpel. Untuk foto, terdapat mode photo, 1x zoom, 2x zoom dan 5x zoom, AI Scene, portrait, night, AI Mixed Portrait, macro, expert, extra HD, pano dan sticker.

Dengan fitur Image Clear Engine (ICE) kamera Reno6 bisa memfokuskan objek secara otomatis dan cepat saat kami mengambil foto. Reno6 didukung fitur Ultra-Clear 108MP Image dengan kamera utama beresolusi ultra-tinggi yang dilengkapi algoritma resolusi super mampu menghasilkan foto beresolusi hingga 108MP.

Kami mencoba mode photo dengan kamera belakang Reno6 dalam berbagai kondisi seperti terang dan gelap serta indoor dan outdoor. Hasilnya cukup tajam, detail serta komposisi warnanya seimbang.

Saat mencoba mode night pun hasilnya cukup terang dan jelas. Bahkan noise nyaris tidak terlihat.

Baca juga: Ini Fitur Kamera Baru Oppo Reno6

Foto bokeh yang dihasilkan juga cukup natural dengan foto objek yang jelas dan background terlihat blur natural. Ini berkat dukungan fitur AI Portrait Expert dengan teknologi AI baru yang dapat memisahkan objek dan background foto.

Sementara kamera selfienya beresolusi 44MP (F/2.4). Sama seperti kamera belakang, menu kamera selfie ponsel ini juga simpel. Terdapat mode photo, portrait, night, AI Mixed Portrait, macro, expert, extra HD, pano dan sticker.

Saat kami mencobanya dalam berbagai kondisi pencahayaan, foto selfie yang dihasilkan terlihat natural dan tajam. Kamera selfie Reno6 juga dilengkapi dengan algoritma penginderaan cerdas AI yang dapat mendeteksi keberadaan pengguna dan memastikan layar tidak akan meredup atau tertidur saat pengguna masih menatap layar.

Untuk video, ada mode video, 1x zoom, 2x zoom dan 5x zoom, AI Highlight Video, ultra-steady, dual-view video, time-lapse dan slo-mo pada kamera belakang. Sedangkan untuk kamera selfie terdapat mode video, AI Highlight Video, ultra-steady, dual-view video, time-lapse dan slo-mo.

Reno6 didukung fitur Bokeh Flare Portrait Video menggunakan algoritma kecerdasan buatan Oppo untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman tertentu. Fitur AI Highlight Video pada Reno6 akan secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan membantu membuat video potret yang lebih jelas, lebih cerah, dan lebih hidup. Pengambilan dan pemrosesan gambar dapat diselesaikan hanya dalam waktu10 ms, memungkinkan pratinjau Potret Bokeh Flare Video secara real-time.

Ketika kami mencobanya, video yang dihasilkan cukup jernih, stabil dan detail dalam segala kondisi, baik terang maupun gelap. Apalagi ketika mengaktifkan mode ultra-steady, video jauh lebih stabil meski terjadi sedikit guncangan. Selain itu, terdapat fitur edit foto dengan AI Palette yang memungkinkan anda menyalin gaya potret favorit preferensi pengguna ke dalam koleksi foto hanya dengan satu klik.

Layar

Oppo Reno6 dibekali layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+ (2400x1080p). Layar ini memiliki refresh rate 90 Hz.

Saat kami bermain game dan menonton video di Oppo Reno6, visual yang disajikan sangat tajam dan nyaman di mata. Ini juga berkat dukungan refresh rate 90 Hz. Layarnya juga cukup responsif saat kami bermain game, bermain drum virtual, menonton video dan membuka aplikasi lainnya.

Dengan teknologi AI, ponsel ini bisa memastikan layar tidak akan meredup atau tertidur saat pengguna masih menatap layar. Kamu juga dapat mengatur pencahayaan baik auto maupun manual pada Reno6 di menu setting.

Software dan fitur

Oppo Reno6 berjalan menggunakan sistem operasi ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Tampilan interface Oppo Reno6 juga cukup simpel. Terdapat aplikasi bawaan Oppo Reno6 dan Google.

Salah satu aplikasi bawan Oppo yang menarik adalah O Relax. O Relax versi terbaru ini menampilkan The Sounds of the Cities, White Noise Customization, dan mini game penghilang stress.

Ponsel ini juga didukung fitur Air Gesture dengan sensor pengenalan Gerakan. Dengan fitur ini, anda  dapat menggulirkan dari jauh ke atas dan ke bawah pada aplikasi sosial atau aplikasi video populer. Fitur Ini juga memungkinkan untuk menjawab panggilan tanpa menyentuh ponsel.

Untuk fitur keamanan, disematkan sensor sidik jari dan face unlock di dalam layar Oppo Reno6. Saat kami mencoba face unlock dan fingerprint, keduanya bekerja sangat cepat dalam membuka kunci layar ponsel. Hanya kurang dari satu detik.

Tak ketinggalan fitur NFC juga hadir di Reno6. Melalui fitur NFC, anda dapat melakukan segala transaksi keuangan digital dengan e-money anda. Anda juga dapat mengecek saldo e-money anda melalui aplikasi cek saldo e-money yang bisa di download di Play Store secara gratis.

Reno6 juga bisa mendeteksi jika orang lain mengintip ponsel anda secara otomatis berkat dukungan teknologi AI. Saat diaktifkan, konten pemberitahuan berupa pop-up notification akan disembunyikan untuk mencegah orang lain mengintip layar. Jadi, fitur ini sangat berguna bagi anda yang sering dikepoin teman atau keluarga.

Smartphone ini hanya bisa menjalankan jaringan 4G, 3G dan 2G. Untuk konektivitas, ponsel ini ditunjang Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.2, dan USB Tipe C.

Hardware dan performa

Dapur pacunya, Oppo Reno6 ditanamkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan prosesor Octa-core dan GPU Adreno 618. Seperti tadi yang disebutkan di atas, Oppo Reno6 diperkuat RAM 8GB dan ROM 128GB. Menurut kami, storage tersebut sudah cukup luas untuk menyimpan file besar seperti foto, video, game dan lainnya.

Jika anda merasa kurang puas, disertakan opsi RAM expansion, di mana pengguna dapat memperluas kapasitas RAM dengan mengonversi sebagian memori internal menjadi RAM virtual. Ada beberapa opsi RAM Expansion yang bisa anda dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari 2 GB, 3 GB, dan 5 GB.

Untuk menguji performa Oppo Reno6, tim Selular melakukan tes benchmark, bermain game dan tes audio. Aplikasi benchmark yang kami gunakan untuk menguji Reno6 diantaranya AnTuTu, PCMark, 3Dmark dan Geekbench 5. Keempat tes benchmark tersebut berjalan mulus di Oppo Reno6.

Setelah melewati tes PCMark, Oppo Reno6 menorehkan skor 8741. Tes selanjutnya dengan 3DMark, Oppo Reno6 mencatat 3661 poin.

Di AnTuTu, Oppo Reno6 meraih skor 331.135 dan menduduki peringkat ke 101. Terakhir, tes Geekbench, Oppo Reno6 mendapatkan skor 563 untuk Single-Core dan 1663 untuk Multi-Core.

Masih dalam pengujian performa, kami bermain game AAA dengan grafis terbaik seperti PUBG Mobile, FIFA Mobile, PES 2021, Call of Duty Mobile dan Mobile Legends: Bang Bang. Kelima game tersebut sanggup disapu bersih oleh Reno6 dengan lancar.

Oppo Reno6 mampu menjalankan settingan grafis tertinggi Very High dan frame rate Very High untuk game Call of Duty Mobile dengan lancar dan tanpa lag. Begitu juga dengan game FIFA Mobile dan PES 2021 yang bisa menjalankan settingan tertingi High dengan lancar, tanpa patah-patah di Oppo Reno6.

Selanjutnya game Mobile Legends: Bang Bang juga sanggup menjalankan settingan grafis tertinggi Ultra. Sebenarnya game Mobile Legends: Bang Bang tidak terlalu menyedot performa ponsel ini untuk performa, tapi lebih mengutamakan jaringan internet yang stabil. Namun, kami lebih suka bermain game Mobile Legends: Bang Bang dengan settingan terendah demi kelancaran gaming.

Untuk game PUBG Mobile, Oppo Reno6 hanya bisa menjalankan settingan grafis HD dan High. Meski begitu, game PUBG Mobile dengan settingan tersebut mampu berjalan mulus di Oppo Reno6.

Selama kami bermain game nonstop selama kurang lebih 2 jam, suhu Oppo Reno6 tetap terjaga, tidak terasa panas berlebih.

Kelancaran saat gaming juga didukung Game Focus Mode dan Game Space pada Oppo Reno6. Fitur Game Focus Mode ini akan meminimalisasi semua pemberitahuan melalui notifikasi agar pengguna dapat berfokus kepada permainan yang dijalankan. Untuk mengaktifkan Game Focus Mode, anda bisa buka buka bilah samping dengan menggeser layar pada bagian tepi kiri, lalu nyalakan “Game Focus Mode” saat game berlangsung.

Seperti yang kita ketahui, fitur Game Space ini tidak pernah absen dari smartphone Oppo. Game Space dapat meningkatkan performa smartphone saat gaming, menstabilkan jaringan, mengatur notifikasi telepon dan pesan, menambahkan game yang akan dioptimalkan dan lainnya. Untuk menggunakannya, anda bisa membuka fitur Game Space di home screen.

Kami juga melakukan uji audio dengan mendengarkan musik dan menonton video di Oppo Reno6. Ketika mendengarkan musik dengan beragam genre, audio yang dihasilkan cukup bulat dengan dentuman bass lebih terasa, terutama saat mendengarkan genre musik techno dan metal. Apalagi ketika menggunakan earphone.

Saat menonton video juga terasa lebih menggelegar, terutama saat menonton film bergenre action. Begitupun saat bermain game PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile, suara dentuman peluru, bom lebih terasa. Ini juga berkat dukungan teknologi Dolby Atmos yang mampu menyesuaikan kualitas audio sesuai aktivitas seperti menonton film, mendengarkan musik dan bermain game.

Fitur Dolby Atmos dapat digunakan dalam mode loudspeaker dan menggunakan earphone. Namun, anda hanya bisa mematikan fitur Dolby Atmos saat menggunakan earphone.

Anda dapat memilih mode smart, movie, gamimg dan music sesuai dengan kegiatan yang anda lakukan. Fitur ini dapat diaktifkan di menu Setting>Sound&Vibration>DolbyAtmos.

Kami juga bermain drum virtual menggunakan aplikasi Real Drum. Saat bermain drum dengan tempo sedang, lancar dan tidak ada delay. Namun, ketika bermain drum dengan genre rock, metal, punk dengan tempo cepat, agak sedikit delay.

Baterai dan daya tahan

Baterai Oppo Reno6
Baterai Oppo Reno6

Sebagai sumber energinya, Oppo Reno6 ditunjang baterai berkapasitas 4310mAh. Ketika kami menggunakan untuk penggunaan harian seperti browsing internet, sosial media, mengetik dokumen, foto dan lainnya, ponsel ini bisa bertahan seharian penuh. Agar daya lebih irit, kami juga menggunakan fitur power saving mode yang membuat ponsel bisa bertahan hingga 2 hari untuk penggunaan harian.

Ketika kami bermain game selama kurang lebih dua jam, daya baterai ponsel hanya berkurang 30%. Kami juga menggunakan aplikasi Battery Doctor yang dapat mengukur kondisi daya tahan baterai.

Battery Doctor menyebutkan jika baterai dalam kondisi full 100%, dapat digunakan selama 11 jam untuk kegiatan apapun. Selanjutnya jika dalam kondisi 27%, dapat digunakan selama 2 jam 58 menit.

Ketika kami mengisi daya Reno6, membutuhkan waktu yang sangat cepat sampai full 100%, hanya 45 menit. Ini juga berkat dukungan fast charging 50W pada Oppo Reno6.

Kesimpulan

Dari segi desain, Oppo Reno6 terlihat elegan, ringan dan nyaman digenggam. Soal foto dan video, Reno6 sudah tidak diragukan lagi. Setelah dicoba berbagai mode foto dalam berbagai kondisi pencahyaan, foto yang dihasilkan kamera belakang terlihat natural, tajam, detail dan komposisi warna yang pas.

Foto selfienya pun terlihat natural dan detail dengan wajah yang cantik dan tampan alami. Begitupun dengan hasil videonya yang tajam, dan stabil.

Layarnya cukup responsif saat kami bermain game, menonton video dan membuka aplikasi lain. Setelah melewati tes benchmark, bermain game AAA, performa Reno6 cukup maksimal berkat dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Saat kami mendengarkan musik, menonton video, dan bermain game suara yang dihasilkan cukup jernih dan menggelegar berkat dukungan teknologi Dolby Atmos.

Tampilan UI nya pun cukup simpel. Terdapat banyak aplikasi dan fitur menarik yang bisa anda coba.

Sensor sidik jari dan face unlock Oppo Reno6, mampu membuka kunci layar ponsel dengan sangat cepat, kurang dari satu detik. Tak ketinggalan fitur NFC pada Oppo Reno6 dapat membantu anda melakukan segala transaksi keuangan digital dengan e-money anda.

Berkat dukungan fast charging 50W, proses charging Reno6, membutuhkan waktu yang sangat cepat sampai full 100%, hanya 45 menit. Daya tahannya juga cukup irit. Bisa digunakan hingga 2 hari untuk penggunaan harian. Dengan harga Rp. 5.199.000, Oppo Reno6 worth it banget buat anda yang butuh smartphone untuk foto, video dan bermain game.

Tonton juga video berikut.

spot_img

Artikel Terbaru