spot_img
BerandaSmartphoneOppo Find X3 Pro Photographer Edition Berpotensi Dobrak Pasar Smartphone Premium

Oppo Find X3 Pro Photographer Edition Berpotensi Dobrak Pasar Smartphone Premium

-

Jakarta, Selular.ID – Oppo dijadwalkan mengadakan acara peluncuran dua smartphone terbarunya, yaitu Oppo K9 Pro dan Find X3 Pro Photographer Edition pada 16 September di Tiongkok.

Menjadi menarik, dua perangkat tersebut digadang-gadang sangat andal, dan yang menjadi sorotan tentu Find X3 Pro Photographer Edition, yang menurut poster peluncuran menampilkan desain dual-tone layaknya kamera professional.

Jika Anda amati, perangkat premium tersebut memiliki warna metalik di atas punggung ponselnya, dan bagian lainnya berbalut kulit, tentu diluar kebiasaan dari desain seri Find X pada umumnya.

Dan yang membuatnya kian menarik jika Find X3 Pro Photographer Edition juga dilaporkan bekerjasama dengan Kodak, kendati belum jelas bentuk kolaborasi dari dua perusahaan tersebut, yang pasti perangkat ini memiliki sepasang kamera 50 megapiksel.

Sisa spesifikasinya belum beredar luas, tapi jika kita mengacu pada Find X3 Pro. Pada bagian layarnya akan mengandalkan LTPO AMOLED QHD+ 120Hz 6,7 inci, chipset Snapdragon 888, RAM hingga 16 GB, penyimpanan hingga 512 GB, dan baterai 4.500mAh yang mendukung pengisian cepat 65W dan pengisian nirkabel 30W.

Pada sisi kamera, perangkat X3 Pro memiliki lensa sefie setajam 32 megapiksel, dan pengaturan kamera belakangnya memiliki kamera utama 50 megapiksel dengan OIS, kamera ultrawide 50 megapiksel, kamera telefoto 13 megapiksel dengan zoom optik 2x, dan lensa mikroskop 3 megapiksel.

Tentu hadirnya Find X3 Pro Photographer Edition X Kodak menjadi warna baru pada kelas ponsel premium di dunia, tak terkecuali Indonesia yang secara persaingan pasar juga tak dipungkiri sangat ketat.

Sekedar gambaran berdasarkan laporan Counterpoint Research untuk bulan Juli 2021 untuk pasar China, Apple dan Huawei memimpin kategori smartphone premium dengan harga lebih dari $900 sekitar kurang lebih Rp12 jutaan.

Dan brand yang terkenal dengan produk premiumnya itu juga cukup memimpin pada katagori ponsel dibawah Rp10 jutaan yang tepatnya berada dikisaran harga antara $600 hingga $800.

Sedangkan Oppo berdasarkan laporan ini menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 20% sementara Xiaomi berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 15%, sedangkan posisi teratas dengan pangsa pasar 24% dimiliki oleh Vivo, yang notabene bergerak kuat di pasar ponsel kelas menegah bawah.

Sebagai catatan, persaingan smartphone kelas premium juga bersaing sangat sengit, di luar Apple dan Huawei yang coba untuk bangkit, ada Samsung yang tak dipungkiri memiliki persepsi kuat soal smartphone kelas atas di mata konsumen secara global.

Ketiga brand tersebut memang sulit tergeser dari ingataan konsumen soal seperti apa idealnya ponsel premium. Dan mungkin Oppo melalui Find X3 Pro Photographer Edition dapat mengubah lanskap pandangan tersebut, yang sudah sama-sama kita ketahui pula bahwa seri Find X dari Oppo, merupakan unit yang juga perlu diperhitungkan pada persaingan ponsel kelas atas, karena mejawab dari segala aspek yang dimiliki oleh smartphone premium.

spot_img

Artikel Terbaru