BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapCompare Hasil Rekam Video OPPO Find X3 Pro vs. Samsung Galaxy S21...

Compare Hasil Rekam Video OPPO Find X3 Pro vs. Samsung Galaxy S21 Plus

-

Jakarta, Selular.ID – Di era digital seperti sekarang, content is the new gold. Membuat konten bisa menghasilkan follower yang berujung ketenaran sampai penghasilan. Tak ayal, banyak orang yang ingin menjadi content creator.

Susah-susah gampang, selain harus mempunyai konsep unik, para pembuat konten juga wajib mempunyai perangkat yang tepat. Sebuah smartphone dengan kamera tajam dan kualitas rekam video menawan, dan rekam audio super jernih, sudah menjadi kewajiban.

Untuk itu Selular ingin merekomendasikan dua ponsel pilihan yang bisa dijadikan opsi, yakni OPPO Find X3 Pro dan Samsung Galaxy S21 Plus. Kedua smartphone dibekali kamera mumpuni dengan ragam edit video yang dijamin semakin menunjang kreasi creator.

Sebelum memilih ponsel mana yang akan Anda pilih, berikut ulasan kinerja video recording di kedua ponsel.

Merekam video di OPPO Find X3 Pro

Find X3 Pro 5G Senjata Baru Oppo

Sebagai flagship tahun 2021, Oppo Find X3 Pro dapat melakukan 4K pada 60fps pada kamera utama dan ultrawide. Kamera telefoto akan maksimal pada 4K pada 30fps. Kamera mikro mendukung pengambilan video sampai 1080p@30fps. Tidak ada opsi 8K pada Find X3 Pro.

Semua kamera memiliki fitur stabilisasi elektronik yang selalu aktif, sementara kamera utama juga mendapat manfaat dari stabilisasi optik tambahan. Mode seperti kamera aksi Super Steady tersedia.

Terakhir, audio selalu diambil secara stereo dengan bitrate sekitar 290Kbps. Mikrofon melakukan pekerjaan yang luar biasa, dan kualitasnya luar biasa dengan suara yang kaya dan bass yang dalam.

Kamera utama merekam video 4K yang luar biasa pada kecepatan bingkai 30fps dan 60fps. Detailnya sangat bagus, penajamannya dalam jumlah yang tepat, dan videonya terlihat sangat alami. Warnanya selalu terlihat nyata, rentang dinamisnya tinggi tetapi tidak terlalu ekstrem, dan kontrasnya luar biasa. Ini adalah salah satu video terbaik yang dapat direkam dari sebuah ponsel, dan jangan lupa EIS selalu terlibat.

Kamera ultrawide, sesuai harapan, memiliki kualitas video luar biasa yang sama dengan kamera utama. Rekaman, baik itu 30fps atau 60fps, selalu kaya akan detail, dengan tingkat noise rendah, warna luar biasa, kontras, dan dinamika yang ditangani dengan baik.

Kamera telefoto merekam video yang diperbesar 2x. Detailnya sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan kamera lain, tapi tetap bagus. Noise cukup rendah. Kontras, warna, rentang dinamis, semuanya di luar ekspektasi.

Pengguna juga bisa merekam video yang diperbesar secara digital 5x dengan kamera tele. Tetapi detail-nya menurun. Jika diturunkan ke resolusi 1080p, hasil rekamannya dijamin memuaskan.

Video cahaya rendah dari kamera utama pada 4K@30fps sangat bagus. Sama seperti gambar diam, klip video juga menunjukkan pemandangan apa adanya: kaya akan detail, dengan noise rendah, dan sesuai dengan eksposur realitas dan saturasi warna.

Menggunakan opsi AI Highlight Video membantu jika pengguna ingin meningkatkan kecerahan dan saturasi warna, tetapi itu diambil pada resolusi 1080p. Output mode ini persis seperti yang dijanjikan. Pengguna bisa menggunakan ini di malam hari. Kamera ultrawide menangkap video 4K@30fps yang sedikit lebih noise di malam hari.

Baca juga :  Andalkan Kamera Smartphone Rp2 Jutaan Untuk Foto Produk

Opsi AI Highlight Video juga tersedia di kamera ultrawide, dan sedikit lebih baik daripada video 1080p. Dan sekali lagi, ini bisa sangat bagus saat digunakan di kota atau jalanan yang ramai. Terakhir, kamera zoom juga menawarkan 4K yang bisa digunakan pada 30fps di malam hari, meskipun opsi AI tidak tersedia.

Merekam video di Samsung Galaxy S21 Plus

Walaupun saat ini menangkap 8K (bitrate adalah 80Mbps) di ponsel tergolong berlebihan, Galaxy S21 Plus mendukung perekaman 8K, tetapi itu masih terbatas pada 8K@24fps. Rekaman yang keluar dari Galaxy S21 Plus mungkin susah digunakan. Poin ini memang bagus untuk materi promosi, tetapi tidak begitu berguna dalam kenyataan.

Baca juga :  7 Vendor yang Siap Bersaing di Ranah Ponsel Lipat

Codec default untuk video adalah h.264, tetapi pengguna bisa beralih ke h.265 yang lebih efisien di menu aplikasi. 8K dikodekan menggunakan h.265 terlepas dari pengaturan itu. Pengambilan HDR10+ juga dimungkinkan, format yang bisa ditampilkan di ponsel itu sendiri, serta di berbagai pilihan TV yang kompatibel.

Mode Pro video membuka lebih banyak opsi kecepatan frame: 4K dan 1080p pada 24fps untuk tampilan sinematik itu, serta 1080p pada 120fps, variasi non-slow-mo. Seperti halnya pada ponsel generasi sebelumnya, tingkat zoom 1x ditangani oleh kamera utama 12MP. Kamera ultrawide melakukan pembesaran 0,5x, sesuai dugaan, sementara 8K dan semua tingkat zoom mulai dari 2x dan seterusnya berasal dari kamera 64MP.

Standar tertinggi yang biasanya digunakan untuk perekaman video 4K30, dan rekaman yang diambil oleh S21 (38Mbps) cukup detail meskipun tidak seperti biasanya, noise terlihat di daerah yang lebih gelap dan bahkan di langit. Warna langit terpolarisasi – beberapa orang tidak menyukai tampilan Samsung yang lebih saturated dan cyan.

Sayangnya kualitas 4K60 tidak sebagus itu. Meskipun bit rate yang relatif tinggi (70Mbps) kualitas gambar menjadi lebih buruk daripada 4K30. Mulai dari detail yang kurang, lingkaran cahaya yang tajam, noise yang menonjol.

Kamera ultra lebar menghasilkan kualitas video yang layak dengan noise di sana-sini, tetapi detail cukup bagus saat ultra-lebar yang ekstrem. Performa telefoto mungkin membuat pengguna enggan menggunakannya. Diperbesar hingga 3x, beberapa noise masih terlihat jelas, dan beberapa detail sulit ditangkap. Warnanya sangat menyenangkan, rentang dinamis yang lebar merupakan sentuhan yang bagus. Stabilisasi tersedia di semua mode, termasuk 8K24 dan 4K60, tetapi goyah pada mode selfie.

Mana yang lebih baik

Di antara dua flagship d atas, memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing saat digunakan merekam video. Secara keseluruhan, kualitas video Find X3 Pro lebih baik daripada Galaxy S21 Plus.

Kamera Find X3 Pro mengalami banyak peningkatan, termasuk sensor high-end baru dan kamera mikroskop 3MP yang unik serta dukungan software video yang variatif. Baterai yang lebih besar dan pengisian nirkabel yang cepat dan flash charge melengkapi daftar.

Dibandingkan Galaxy S21 Plus, kami lebih menyukai Oppo Find X3 Pro karena memiliki layar dan desain mewah, hardware powerful, dan pengaturan multi-kamera yang memuaskan.

Artikel Terbaru