Sabtu, 18 Mei 2024
Selular.ID -

Berkat Ponsel 5G Terjangkau, Mediatek Pimpin Pasar Chipset di Q2 2021

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Counterpoint telah memposting analisis triwulanan tentang pasar SoC smartphone, dan menetapkan Mediatek menjadi pemenang utama dengan berhasil menguasai penjualan sebesar 4,3 persen, terhitung sejak April dan Juni 2021.

Kesuksesan Mediatek menguasai pasar chipset ini  berkat dorongan produk 5G harga terjangkau, “Perusahaan Taiwan ini memiliki pangsa pasar terbesar yang pernah ada, sebagian berasal berangkat dari portofolio 5G yang kompetitif di segmen menengah ke bawah, dan apalagi ditambah tanpa ada kendala pasokan yang berarti,” ungkap Dale Gai, Direktur Riset di Counterpoint.

Namun Qualcomm memimpin pada pasar modem 5G, Dale menceritakan jika dalam risetnya tesebut perusahaan yang bermarkas di San Diego, Amerika Serikat ini memimpin dengan penguasaan pasar sebesar 55 persen, sementara Mediatek berada di urutan kedua dengan 30%.

Penguasaan Qualcomm dalam chipset yang tersamat pada smartphone berasal dari seri Apple iphone 12, juga permintaan tinggi berada pada chipset Snapdrgon 8 dan 4 series.

Dale memaparkan, sebenarnya Qualcomm dapat mengirimkan chipset lebih tinggi, apabila TSMC tidak memiliki masalah dengan kapasitas pengerjaan. “ Qualcomm berhasil mendiversifikasi produksi chip untuk akhir Q2 2021, yang pasti akan meningkatkan perkiraan dan penjualan mereka,” katanya

Kemudian yang sangat terpuruk dalam temuan riset ini,  ada pada pabrikan chipset HiSilicon milik Huawei. Yang di mana berdasarkan catatan Counterpoint, perusahaan berologo kipas merah itu tidak dapat memproduksi chip baru, sehingga hanya mampu menjual akumulasi inventaris, dan hampir tidak ada yang tersisa.

“Itu sebabnya tidak heran jika melihat smartphone Huawei P50 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888 yang diproduksi oleh Samsung Foundry dengan node proses 5nm, dan ketersediaan produk juga cenderung terbatas,” tandas Dale.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU