spot_img
BerandaAppsPlatform Pancake Hadir untuk Mendukung UMKM Indonesia  

Platform Pancake Hadir untuk Mendukung UMKM Indonesia  

-

Jakarta, Selular.ID – Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2020, ada lebih dari 64 juta UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jumlah tersebut, hampir 99% dari total populasi bisnis dan mempekerjakan lebih dari 116 juta orang. Saat ini, UMKM diperkirakan menyumbang lebih dari 60% dari PDB Indonesia.

Aditya Gupta, Direktur dan co-founder Pancake, mengatakan, sangat penting bagi UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnis mereka, yang kemudian bisa membantu mengembangkan ekonomi Indonesia.

Baca juga: UMKM Lokal Perlu Dilindungi Pasca Ratifikasi Perjanjian E-Commerce ASEAN

“Kami percaya hubungan baik dengan pelanggan dibangun melalui percakapan yang cepat, efisien dan efektif. Melalui hubungan baik ini bisnis usaha kecil dan menengah bisa berkembang, sekalipun dengan sumber daya dan kemampuan teknis yang terbatas. Inilah alasan mengapa kami sangat peduli dengan teknologi percakapan pelanggan, dan saya yakin teknologi Pancake dapat membantu UMKM di Indonesia meningkatkan usahanya,” kata Aditya dalam webinar Perkenalan Pancake secara virtual, Kamis (26/8).

Platform Pancake hadir memang untuk meningkatkan usaha kecil dan menengah di Indonesia dengan menyediakan platform all-in-one, mudah digunakan yang menggabungkan banyak kemampuan termasuk perpesanan sosial, otomatisasi, dan CRM.

Di mana usaha kecil dan menengah dapat mengelola bisnis mereka dan berinteraksi secara efisien dengan pelanggan mereka di berbagai saluran, termasuk WhatsApp, Facebook, Instagram dan Shopee.

Baca juga: Shopee Targetkan 1,2 Juta UMKM Gabung di Shopee 9.9 Super Shopping Day 2021

“Ini disediakan secara gratis untuk pengguna pertama kali, sehingga mereka dapat belajar dan mengeksplorasi penggunaannya. Kemampuan platform kemudian dapat diperluas dengan mudah menggunakan integrasi dengan produk Pancake lainnya, termasuk CRM, POS, Botcake dan Webcake,” jelasnya.

Baca juga :  Cakap Tingkatkan Kemampuan Hospitality 70.000 SDM Sektor Pariwisata Indonesia

Menurut Aditya, Botcake membawa kemampuan otomatisasi yang komprehensif ke dalam platform yang dapat membuat interaksi pelanggan lebih canggih. Dengan menggunakan Botcake, UMKM dapat dengan mudah mengotomatisasi tugas berulang, menjangkau kembali pelanggan lama mereka dan menghemat waktu berharga berkat AI (artificial intelligence).

“Teknologi ini juga memiliki fitur-fitur growth, integration dan gamification di dalamnya untuk membantu bisnis mengembangkan basis pelanggan mereka. Fungsi Botcake tersedia untuk Facebook, dan dalam waktu dekat akan menjadi yang pertama membawa kemampuan canggih ini ke Instagram,” imbuhnya.

Baca juga :  Samsung SmartThings Find Makin Canggih dengan Fitur Berbagi Lokasi

Baca juga: Investasi Daring Menjadi Andalan, Pengguna Tokopedia Reksa Dana Meningkat 68 Kali

Lalu salah satu tantangan yang juga perlu dihadapi oleh UMKM di Indonesia adalah bagaimana melacak data penjualan dan informasi pelanggan CRM mereka dengan mudah.

Dengan menggunakan CRM Pancake, POS and Smart Inventory Management, pemilik bisnis dapat mengelola persediaan, melihat data penjualan mereka, mengotomatisasi pesanan pengiriman, dan mengelola etalase mereka dari satu platform yang mudah digunakan. Berkat kemampuan integrasinya, pemilik bisnis juga dapat membuat platform Pancake bekerja sama dengan sistem lain seperti CRM.

“Untuk mendukung UMKM, fungsi-fungsi ini kami sediakan tanpa biaya tambahan, dan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknis pemilik bisnis dan karyawan mereka, dari waktu ke waktu, Pancake memberikan pelatihan lengkap, lokakarya dan template praktik-praktik terbaik untuk berbagai pilihan jenis industri,” pungkas Aditya.

spot_img

Artikel Terbaru