spot_img
BerandaBuyer's GuideDaftar 12 Smartphone yang Mendarat di Indonesia Juli 2021

Daftar 12 Smartphone yang Mendarat di Indonesia Juli 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Momen sosial distancing yang mengharuskan masyarakat memindahkan aktivitasnya menjadi serba online, nampaknya masih dijadikan peluang bagi para vendor smartphone untuk mengeluarkan series-series terbarunya. Dengan berbagai macam varian harga dan keunggulan yang kian ditingkatkan, membuat para penggemar gadget dibuat kagum oleh perkembangan smartphone dari masa ke masa.

Seperti biasa, team Selular akan merangkum deretan smartphone yang baru saja rilis selama satu bulan belakangan kemarin. Penasaran apa saja jajaran ponsel anyar tersebut? Langsung saja, berikut team Selular uraikan untuk Anda!

Daftar 12 Smartphone Rilisan Juli 2021:

  • Oppo Reno6
  • Advan GX
  • Advan G5 Plus
  • Vivo Y53s
  • Redmi Note 10 5G
  • Realme C21Y
  • Realme C25S
  • Black Shark 4
  • Samsung Galaxy M32
  • Realme C11 2021
  • Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G RAM 12GB
  • Oppo A16

Baca juga:Daftar 15 Smartphone yang Meluncur di Indonesia Juni 2021

1. Oppo Reno6

Rp. 5.199.000

Daftar yang pertama ialah Oppo Reno6. Smartphone yang mengunggulkan sektor kamera ini, memiliki empat kamera belakang beresolusi 64MP, lensa wide 8MP, lensa makro 2MP dan lensa mono 2MP. Untuk kamera depannya, ia memiliki resolusi  sebesar 44MP.

Salah satu hal menarik yang ditonjolkan dari series Reno6 ini ialah tersematnya fitur video Bokeh Flare Potrait Video, yang memberikan efek bokeh sinematik pada video dan AI Highlight Video yang telah ditingkatkan. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk menangkap, menyunting, dan berbagi video kualitas profesional dengan mudah dan cepat.

Lebih lanjut, kamera Oppo Reno6 juga telah mengalami peningkatan siginifikan pada algoritma Oppo Image-clear Engine. Ponsel cerdas ini juga mendukung fitur Ultra-clear 108MP Image, sehingga mampu menghasilkan foto dengan detail yang tajam.

Tak hanya sektor kameranya yang dipoles dengan apik, Oppo juga memperkuat dapur pacu series Reno6 ini dengan membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 8GB dan ROM 128GB.

Selain cocok untuk membuat konten video maupun foto, series Reno6 ini juga andal soal gaming. Hal ini lantaran fitur game pada Reno6 telah ditingkatkan seperti Quick Startup, Game Focus Mode, dan teknologi Hyperboost 4.0.

Seperti series Reno lainnya, Oppo Reno6 memiliki desain yang menawan dan mewah. Untuk versi Indonesia, series Reno6 memiliki dua varian warna, yakni Aurora dan Stellar Black. Berkat balutan Diamond Spectrum, Oppo Reno6 Aurora menciptakan efek visual yang selalu berubah dan menghadirkan jutaan warna pada satu perangkat. Sementara itu, Stellar Black menambahkan detail berkilau halus ke warna hitam klasik.

Keunggulan lainnya yang dibawa oleh smartphone anyar ini ialah layar AMOLED 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz, serta baterai besar berkapisatas 4310 mAh dengan dukungan pengisian cepat 50W, sehingga perangkat mampu terisi daya 100% hanya dalam waktu 45 menit.

2. Advan GX

Rp1.999.000

Dengan membawa pembaharuan yang selama ini diharapkan oleh para fans setia Advan, akhirnya Advan mengabulkan permintaan penggemarnya itu melalui smartphone terbarunya yaitu series Advan GX. Series terbaru yang dihadirkan oleh brand smartphone lokal ini, memiliki peningkatan baik dari segi desain maupun teknologi, sehingga diklaim sebagai produk terbaik yang akan menjadi smartphone populer di kalangan generasi muda, baik dari aspek fitur maupun harga yang ditawarkan.

Sebagai wajah baru dari jajaran ponsel Advan yang menyasar anak muda, Advan GX memiliki baterai besar 5200mAh. Juga, dilengkapi dengan kamera andal yang meliputi kamera utama 48MP f/1.8, kamera Ultra-wide 8MP, lensa Macro 2MP, kamera AI 0.3MP Smart Portrait, dan 25MP AI Selfie Camera,

Tak hanya baterai yang jumbo, Advan GX juga RAM sebesar 6GB. Layarnya pun dibuat luas agar pengguna nyaman pada saat bermain game ataupun menonton film, yaitu sebesar 6.82 inci bertipe waterdrop dengan IPS HD+ Display.

Suatu hal yang cukup bikin menarik perhatian para penggemarnya ialah soal tampilannya. Seakan keluar dari zona nyaman, Advan menghadirkan series GX ini dengan desain modern dan amat kekinian. Tata letaknya pun terbilang rapih. Empat kamera utama beserta LED flash, ditempatkan dalam sebuah bingkai persegi di sudut kiri atas. Modulnya tersusun dengan tampilan yang stylish, dengan warna unik yang berbeda dengan warna perangkat.

Beralih ke dapur pacu, Advan GX ditenagai oleh teknologi terbaru dari Chipset Unisoc, yakni Unisoc Tiger T618. Chipset ini dibuat berdasarkan proses 12nm, serta menggabungkan dua prosesor 2.0 GHz Arm Cortex-A75 dan enam prosesor 1.8 GHz Arm Cortex-A55 dengan di dukung dengan GPU Mali G52 MP2.

Seolah kian menunjang kebutuhan anak muda masa kini dalam hal smartphone, Advan membenamkan series GX ini dengan RAM besar 6GB serta penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD hingga 512GB.

3. Advan G5 Plus

Rp1.050.000

Tak perlu waktu lama, selang beberapa minggu usai menghadirkan series GX, Advan kembali meramaikan pasar smartphone di Indonesia dengan menghadirkan smartphone anyar dengan harga terjangkau, yakni Advan G5 Plus.

Menyasar generasi milenial, Advan G5 Plus tersedia dalam pilihan warna, yaitu hitam dan biru. Desainnya pun dibuat stylish yang dibuat dengan bahan berkualitas. Meski masuk dalam segmen entry-level, smartphone ini diklaim mampu menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari yang saat ini semakin serba digital.

Mengusung layar ekstra sebesar 6,6 inci HD+ incell 2.5D Glass berkonsep waterdrop, Advan G5 Plus menyuguhkan warna dan gambar yang lebih tajam, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan mata pengguna.

Soal dapur pacu, Advan GX disokong oleh CPU SC9863A Octa-Core 1.6GHz, dengan 3GB Triple RAM dan 32GB memori internal yang besar, serta baterai berkapasitas 3500mAh. Spesifikasi lain yang hadir di smartphone lokal ini ialah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 5MP, kamera utama 13MP + aperture f/2.2, serta menjalankan OS Android 11.0.

4. Vivo Y53s

Rp3.699.000

Selanjutnya ada Vivo Y53s. Smartphone andal buatan Vivo yang diklaim cocok untuk multitasking ini, hadir dengan membawa teknologi terkini, yaitu 8GB+3GB Extended RAM, 64MP Night Camera, juga tampilan Trendy Slim Design.

Teknologi Extended RAM pada Y53s memungkinkan  ponsel untuk menambah RAM menjadi 11GB dengan mengambil kapasitas memori internal sebesar 3GB.

Kemudian soal kameranya, series Y53s ini memiliki kamera belakang yang konfigurasinya terdiri dari 64MP Main Camera, 2MP Bokeh, 2MP Super Macro Camera, dan 64MP Night Camera.

Tersedia pula beberapa fitur kamera terkini yang dapat dinikmati oleh konsumen, diantaranya yaitu meliputi Super Night Mode pada kamera belakang, Ultra Stable Videos, dan fitur Eye Autofocus.

5. Redmi Note 10 5G

Rp2.799.000,- (4GB+128GB)

Rp3.099.000,- (8GB+128GB)

Smartphone 5G yang hadir dengan harga terjangkau ini, dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang mendukung pengisian daya cepat 18W.

Untuk dukungan 5G nya sendiri, Redmi Note 10 5G dilengkapi dengan dual-SIM yang sudah mendukung jaringan 5G ready, artinya yang bisa dipakai saat nanti koneksi 5G sudah meluas di Indonesia. Smartphone anyar ini juga mendukung berbagai frekuensi 5G yang dipakai operator di Indonesia, seperti 2300MHz dan 1800Mhz.

Kemudian soal performanya, Redmi Note 10 5G ditopang oleh prosesor MediaTek Dimensity 700 yang memiliki manufaktur 7 nm guna menghadirkan performa lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Spesifikasi yang tersemat pada ponsel ini ialah layar 6.5inci FHD+ dengan refresh rate 90Hz, serta didukung tiga kamera belakang, yaitu kamera utama 48MP, kamera makro dan depth sensor 2MP, juga kamera depannya sebesar 8MP.

6. Realme C21Y

3GB+32GB (Rp1.599.000)

4GB+64GB (Rp1.799.000)

Merayakan tahun akademik baru 2021, Realme meluncurkan smartphone entry-level terbaru yakni C21Y. Smartphone anyar ini diklaim sebagai ponsel serba tangguh yang dibanderol dengan harga terjangkau dan cocok untuk aktivitas belajar dari rumah.

Realme C21Y hadir sebagai smartphone terjangkau untuk para pelajar dengan aktivitas belajar online. Seluruh performa yang tangguh dari Realme C21Y didukung dengan prosesor powerful, baterai besar, tiga kamera dan TÜV Rheinland.

Selain itu, terdapat baterai besar dengan kapasitas 5000mAh yang bisa diandalkan untuk standby seharian penuh, tahan hingga 44 jam panggilan telepon, sekitar 6 jam rapat online, 21 jam untuk menonton YouTube, dan 5 jam untuk bermain game.

Dilengkapi layar 6,5 dengan rasio layar 89,5%, Realme C21Y menghadirkan bidang pandang yang lebih luas, memberikan pengalaman bermain game serta menikmati sajian audio dan video yang sangat baik.

Ditenagai prosesor octa-core 12nm yang memiliki dua klaster, masing-masing berkecepatan 2x ARM Cortex-A75 1.8Ghz dan 6x ARM Cortex-A55 1.8GHz, series C21Y juga memiliki GPU Mali G52 yang hemat energi dengan kecepatan hingga 614,4MHz. Realme C21Y tersedia dalam varian dua kapasitas penyimpanan besar, yaitu 4GB + 64GB dan 3GB+32GB, yang keduanya dapat diekspansi hingga 256GB.

Baca juga :  Smartphone Baterai Besar 5000mAh dan 6000mAh, Harga Rp1 Jutaan

Untuk kebutuhan fotografi, Realme C21Y hadir dengan konfigurasi tiga kamera. Masing-masing kamera memiliki resolusi yang terdiri dari kamera utama 13MP Super jernih, Lensa B&W 2MP, dan Lensa Makro 2MP. Dengan konfigurasi kamera tersebut, Realme C21Y dapat dibilang menonjol dari para pesaing di segmennya.

Pada bagian depan, terletak kamera selfie dengan resolusi 5MP yang memungkinkan pengguna mengambil foto selfie jernih berkat fungsi AI beautification, mode HDR, dan mode potret, yang akan memberikan pengguna pengalaman kamera terbaik di kelasnya.

Baca juga :  Realme GT Master Edition Varian Baru Dibanderol Lebih Murah

Baca juga: Review realme C25s: Smartphone Powerful King Rp2 Jutaan, Cocok Untuk PJJ dan Super Tahan Banting Buat Diajak Gaming Seharian

7. Realme C25s

Rp2.399.000

 

Selain menghadirkan perangkat Realme C21Y, Realme juga menghadirkan Realme C25s yang menawarkan sejumlah fitur baru seperti Helio G85 yang merupakan prosesor gaming terbaik di kelasnya.

Smartphone ini juga ditenagai oleh baterai mega berkapasitas 6000mAh dengan Super Power Saving Mode, dan Kamera 48MP Triple AI. Lalu, dilengkapi pula dengan layar 6,5 inci HD+ dan mini-drop yang menghasilkan rasio layar ke bodi sebesar 89,5%.

Untuk para pengguna muda yang hobi bermain game mobile,  Realme C25s dilengkapi dengan prosesor gaming Helio G85 built-in yang kuat dalam menghadirkan pengalaman gaming yang mulus. Helio G85 merupakan prosesor Octa-core 12mn yang memiliki clock hingga 2,0 GHz dan mengadopsi dua CPU Arm Cortex-A75 yang kuat yang beroperasi hingga 2GHz, dan enam prosesor Cortex-A55 yang berjalan hingga 1,8GHz.

Selain mengemas Baterai Mega 6000mAh, Realme juga melengkapinya dengan kemampuan 18W quick charging. Berdasarkan tes pada Realme lab, Realme C25s dapat bertahan hingga 51 hari dalam mode standby.

Sementara itu, Realme C25s membawa Kamera 48MP Triple AI yang dilengkapi dengan lensa B&W dan lensa makro. Kamera Realme C25s mendukung mode Super Nightscape yang dapat menghasilkan foto malam hari yang lebih baik dalam hal tingkat kecerahan, detail dan warna.

Sensor kamera 48MP mampu mengambil foto ultra-HD dengan resolusi hingga 6000×8000 yang saat diperbesar akan menunjukkan detail gambar dengan sangat jernih. Kamera depan dengan resolusi 8MP mendukung mode AI Beauty, HDR, dan Portrait untuk menciptakan foto selfie yang sempurna.

Realme C25s juga memiliki bidang pandang yang luas berkat layar HD+ 6,5 inci yang disertai rasio layar ke bodi 89,5%. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan pengalaman visual yang lebih baik. Realme C25s tersedia dalam dua warna menarik:, yaitu Water G Penggunaan kemajuan teknologi dalam merancang perangkat ini menghasilkan tekstur yang dibuat dari mesin ukiran radium presisi lima sumbu, serta menambahkan 450+ kurva ukiran, di mana teknologi ini merupakan yang terdepan pada industri Jerman.

Desain Realme C25s menciptakan efek cahaya reflektif khusus, membuatnya lebih berwarna, menarik, nyaman di tangan, lebih tidak rentan terhadap sidik jari dan secara efektif mencegah risiko tergores serta tergelincir.  Lensa, flashlight, dan spesifikasi kamera terletak dengan canggih di tepi dan sudut, yang membuat tampilan back cover lebih premium dan trendi.

8. Black Shark 4

Rp10.999.000

Smartphone gaming Black Shark 4 ini, hadir di Indonesia dengan membawa chipset Qualcomm Snapdragon 870 yang siap dengan jaringan 5G. Ponsel ini juga menyajikan fitur Kryo 585 CPU 3.2 GHz + Adreno 650 GPU, sampai dengan 12GB of LPDDR5 ram, dan menggunakan penyimpanan UFS3.1 sebesar 256GB. Berkat fitur-fitur tersebut, Black Shark 4 mampu mengatasi game-game yang membutuhkan performa paling kuat di pasaran sekarang.

Smartphone ini mengusung layar AMOLED 6.67 inci dengan rasio 20:9, dengan menawarkan refresh rate 144Hz, HDR 10+ dan DC dimming 4.0. Speaker stereo simetris DTS juga terbenam dalam ponsel ini.

Sebagai tambahan, jack headphone 3,5mm memberikan anda tambahan pilihan konektivitas yang dilewatkan oleh banyak top-end smartphone di pasaran. Baterai dual cell 4500mAh dengan pengisian cepat sebesar 120W Hyper Charge juga menjadi bekal pada smartphone ini.

Meski fokus di gaming, keunggulan lainnya juga tersedia di smartphone ini yaitu seperti kamera belakang dengan beragam fitur yang berkualitas tinggi, termasuk 48MP Ultra HD f/1.8 kamera utama, 8MP HD f/2.2 wide angle lens dan 5MP f/2.4 untuk telephoto dan melengkapi ketiganya. Serta, kamera depan dilengkapi oleh 20MP Ultra HD f/1.8 4-in-1 untuk selfie dengan mode AI beauty.

9. Samsung Galaxy M32

Rp3.299.000

Smartphone terbaru Samsung ini hadir dengan baterai besar 5.000mAh. Layarnya mengusung layar FHD+ Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz berukuran 6,4 inci. Dengan memori RAM 8GB dan internal memori 128GB, Galaxy M32 tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Light Blue, Black, dan White.

Samsung Galaxy M32 ditopang prosesor Octa-Core MediaTek Helio G80 memungkinkan pengguna mendapatkan kinerja yang mulus bahkan saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Tersedia pula Quad Camera dengan resolusi 64MP dan ditenagai prosesor Octa-Core MediaTek Helio G80.

Smartphone yang berteknologi HyperEngine Game ini juga mampu mengalihkan koneksi internet antara LTE dan WiFi secara otomatis jika mendeteksi koneksi yang lambat saat pengguna asyik mobile gaming.

Spesifikasi lain yang hadir di smartphone terbaru ini yaitu kamera utama 64MP, lensa Macro 2MP, depth sensor 2MP, selfie camera 20MP,  fitur keamanan Samsung Knox, fitur NFC, serta menjalankan sistem Android 11 dan One UI terbaru.

10. Realme C11 2021

Rp1.299.000

Setelah C21Y dan C25s,  Realme juga menghadirkan smartphone terbarunya di bulan Juli kemarin yaitu series Realme C11 2021. Ponsel pintar ini diklaim sebagai smartphone paling terjangkau dari Y series terbaru.

Realme C11 2021 hadir sebagai smartphone pilihan terbaik di harga satu jutaan berkat adanya baterai berkapasitas besar yang tahan lama. Ditenagai baterai sebesar 5000mAh, smartphone ini didukung dengan teknologi Super Power Saving Mode yang dapat bertahan hingga 43 hari dalam mode standby.

Soal performa, smartphone ini berbeka prosesor Cortex-A55 octa-core, masing-masing disetel pada kecepatan 1.6GHz dan 1.2GHz. Dipadukan juga dengan kapasitas memori besar 2+32GB, yang dapat diperluas hingga 256GB dengan satu kartu MicroSD.

Terkait sektor, Realme C11 2021 memiliki kamera utama yang mengadopsi sensor kamera 8MP, dan dukungan perekaman video 1080P. Selain itu, ponsel ini mengusung layar 6,5 inci  dengan kecerahan 400nits.

11. Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G RAM 12GB

Rp16.999.000 (12GB/256GB)

Rp18.999.000 (12GB/512GB)

Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G hadir dengan membawa pengembangan signifikan di segi RAM yang kapasitasnya kini mencapai 12GB. Tersedia dalam dua varian warna, yaitu Mystic Bronze dan Mystic Black, smartphone ini memiliki RAM berkapasitas 12GB.

Kapasitas RAM yang besar pada varian terbaru ini diperkuat dengan teknologi RAM LPDDR5 yang mampu menciptakan performa mumpuni dengan pin speed hingga 6.400 Mbps dan transfer data mencapai 51,2 Gbps.

Performa yang gahar itu juga diimbangi dengan peningkatan kemampuan efisiensi daya sebesar 20% pada RAM LPDDR5 dibandingkan dengan pendahulunya yakni RAM LPDDR4X.

Smartphone terbaru Samsung ini, disokong oleh prosesor Exynos 990 yang mampu membawa pengalaman multimedia hingga gaming di level yang lebih tinggi. Dari sisi pembuatan konten, Exynos 990 mampu mendukung perekaman video 8K pada 24fps dan mengeditnya dengan efek bokeh.

Lebih lanjut, Exynos 990 juga memungkinkan layar untuk menjalankan refresh rate 120Hz dengan begitu smooth yang memberikan pengalaman visual terbaik, salah satunya saat bermain game.

12. Oppo A16

Rp1.999.000

Sebagai penerus A15, Oppo A16 ini hadir dengan mengusung Layar 6,52 Inci yang dilengkapi dengan Eye Care Display. Baterai besar 5000mAh yang awet menjadi salah satu keunggulan dari smartphone ini.

Hadir dalam dua pilihan warna yaitu Crystal Black dan Space Silver, Oppo A16 memiliki berat yang tergolong ringan, yaitu hanya sebesar 190gram. Perangkat ini juga membawa kombinasi bodi ringkas dengan panjang 16,3 cm, lebar 7,56 cm, dan tebal 8,4 mm, yang nyaman untuk dibawa sepanjang hari.

Selain itu, Oppo A16 dilengkapi dengan kamera utama 13MP, kamera bokeh 2MP dan kamera makro 2MP, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Kamera depannya sebesar 8MP.

Oppo A16 dilengkapi inovasi fitur Smart Temperature Control, sebuah sensor yang dapat memantau suhu bagian penutup belakang ponsel saat mengisi daya dan secara otomatis mengurangi arus pengisian daya saat suhu terdeteksi terlalu tinggi.

Soal dapur pacu, smartphone ini dibekali dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB. A16 berjalan pada sistem operasi ColorOS 11.1, serta mengantongi sertifikasi IPX4 Waterproof & tes kualitas presisi Lainnya.

Tonton juga video di bawah ini:

spot_img

Artikel Terbaru