spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Layar Lebar, Baterai Besar

Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Layar Lebar, Baterai Besar

-

Jakarta, Selular.ID – Samsung telah meluncurkan tablet entry level Galaxy Tab A7 Lite ke Indonesia pada Juni lalu dengan harga Rp. 2.499.000. Tablet ini pastinya memiliki layar lebar yang dapat digunakan untuk aktivitas harian seperti mengetik dokumen dan lainnya. Tak hanya itu, Samsung Galaxy Tab A7 Lite mengusung baterai besar jumbo berkapasitas 5.100mAh.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite tersedia dalam dua warna yaitu gray dan silver. Kali ini tim Selular ID berkesempatan me-review Samsung Galaxy Tab A7 Lite varian warna silver.

Penasaran? Seperti apa reviewnya? Langsung saja kita review Samsung Galaxy Tab A7 Lite.

Baca Juga: Review realme C25s: Smartphone Powerful King Rp2 Jutaan, Cocok Untuk PJJ dan Super Tahan Banting Buat Diajak Gaming Seharian

Desain

Menurut kami, varian warna silver ini membuat Galaxy Tab A7 Lite terkesan premium nan elegan. Tablet ini terbuat dari material aluminium untuk frame dan cover body belakang dari polycarbonate. Ketika dipegang pun cover body belakang tidak cepat kotor dan tidak meninggalkan sidik jari.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite memiliki dimensi 212,5 x 124,7 x 8,0 mm dan bobot 371g. Meski memiliki layar lebar, tablet ini cukup ringan dan tipis ketika digunakan dan ditenteng.

Baca Juga: Usung Fast Charging, Tablet Rp2 Jutaan Samsung Galaxy Tab A7 Lite Dijual di Indonesia

Layar seluas 8,7 inci dan kamera selfie 2MP terbentang di bagian depan tablet ini. Beralih ke bagian belakang, terdapat kamera utama 8MP dan logo Samsung di bawah-nya.

Di sisi kanan dijumpai tombol power serta volume up and down. Sedangkan di sisi kanan disematkan slot SIM Card dan MicroSD.

Menilisik bagian bawah, terdapat port USB Type C, jack audio 3,5 mm, lubang mic dan speaker. Sementara di bagian atas hanya ada speaker.

Kamera

Urusan foto dan video, Samsung Galaxy Tab A7 Lite disematkan hanya satu kamera belakang dengan resolusi belakang 8MP dan kamera selfie 2MP. ​Tampilan kamera belakang maupun selfie Samsung Galaxy Tab A7 Lite cukup simpel. Untuk menu foto kamera belakang terdapat mode photo, potret, panorama, food, pro, wide dan normal.

Sementara untuk menu foto kamera selfie terdapat mode foto, potret, panorama, food, pro dan wide. Sedangkan untuk video kamera belakang dan selfie, hanya terdapat mode video dan hyperlapse.

Tim Selular ID mencoba foto menggunakan kamera belakang, dengan berbagai mode dalam segala kondisi terang dan gelap serta lokasi yang berbeda indoor maupun outdoor. Ketika di tempat yang terang, hasilnya cukup baik.

Sementara ketika di kondisi minim cahaya, seperti malam hari, foto yang dihasilkan kurang maksimal. Mengingat tidak ada night mode dan LED Flash pada kamera tablet ini. Ketika kami mencoba kamera depan, hasil foto selfienya cukup baik, tentunya di tempat dengan kondisi cahaya yang cukup, baik indoor atau outdoor.

Layar

Samsung Galaxy Tab A7 Lite memiliki layar TFT berukuran 8,7 inci dengan resolusi 1340×800 (WXGA+). Dengan bezel yang lebih tipis, layar tablet ini 16% lebih luas ketimbang pendahulunya. Dengan layar lebar, menonton video, bermain game, mengetik dokumen dan kegiatan lainnya jadi lebih nyaman. Saat kami mengetik dokumen di Samsung Galaxy Tab A7 Lite terasa sangat nyaman berkat layar yang cukup besar.

Ketika menonton video dan bermain game, layar tablet ini menyuguhkan visual yang cukup tajam dan detail. Layarnya juga cukup responsif ketika bermain game Asphalt 9, COD Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, Mortal Kombat dan Fifa Mobile.

Kami juga menabuh drum menggunakan aplikasi drum virtual yaitu Real Drum di tablet ini. Namun, tablet ini kurang responsif dan terjadi delay saat disentuh dengan cepat untuk menabuh drum virtual menggunakan Real Drum.

Baca juga :  Kantongi Sertifikasi CQC, Tablet Nokia T20 Segera Meluncur?

Hardware dan Performa

Dapur pacunya, tablet ini dipersenjatai chipset Mediatek Helio P22T dengan prosesor Octa-core. Guna menunjang performanya, tablet ini disokong RAM 3GB, memori internal 32GB ROM yang dapat diperluas dengan microSD sampai 1TB.

Baca juga :  Compare Hasil Rekam Video OPPO Find X3 Pro vs. Samsung Galaxy S21 Plus

Untuk menguji performa Samsung Galaxy Tab A7 Lite, kami melakukan tes benchmark, bermain game dan mendengarkan musik. Aplikasi benchmark yang kami gunakan adalah AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench 5.4.1. Keempat aplikasi benchmark tersebut berjalan mulus di Galaxy Tab A7 Lite.

PC Mark mencatat skor 5076 untuk tes work performance 3.0 yang telah dijalani oleh Samsung Galaxy Tab A7 Lite. Untuk tes Sling Shot Extreme di 3D Mark, tablet ini memperoleh poin 443.

Di AnTuTu, Samsung Galaxy Tab A7 Lite berhasil menorehkan skor 119.146 dan menduduki peringkat ke 101. Sementara tes Geekbench juga berhasil dilewati dengan baik dengan skor 167 untuk Single-Core dan 808 untuk Multi-Core.

Selanjutnya kami mencoba bermain game AAA dengan grafis terbaik seperti Asphalt 9, COD Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, Mortal Kombat dan Fifa Mobile. Untuk game COD Mobile, tablet ini hanya sanggup menjalankan settingan grafis low. Saat kami bermain COD menggunakan settingan low dan frame rate high, hasilnya cukup lancar dan tidak ada lag.

Namun, ketika bermain Mobile Legends: Bang Bang dengan settingan grafis High, masih ada sedikit lag. Meningat, tablet ini ditujukan untuk game casual, wajar saja jika terjadi lag saat bermain game AAA dengan settingan grafis tertinggi. Selebihnya, Asphalt 9, Mortal Kombat dan Fifa Mobile sanggup dilibas habis oleh tablet ini tanpa kendala.

Baca Juga: Samsung Patenkan Tablet dengan Layar Besar yang Fleksibel

Kami juga menguji audio tablet ini dengan mendengarkan musik, menonton video dan bermain game. Saat bermain game suara yang dihasilkan cukup menggelegar, terutama saat adegan tembak-menembak saat bermain game COD Mobile. Sama halnya ketika menonton video.

Saat mendengarkan musik, suara yang dihasilkan cukup jernih dan stereo. Ini semua berkat dukungan teknologi sound kelas premium Dolby Atmos sehingga menghasilkan kualitas sound yang deep dan rich melalui dual speaker yang sudah didukung Dolby-engineered. Apalagi ketika layar dalam posisi landscape, suara yang dihasilkan lebih tajam.

Untuk mengaktifkan fitur Dolby Atmos, kamu cukup tap menu Settings >> Sounds and Vibration >> Sound Quality and Effects >> Dolby Atmos. Selain itu, kamu juga bisa seret panel notifikasi, lalu sentuh Icon Dolby Atmos untuk mengaktifkan fitur Dolby Atmos secara otomatis.

Software dan fitur

OS Samsung Galaxy Tab A7 Lite
OS Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Samsung Galaxy Tab A7 Lite berjalan dengan sistem operasi Android 11 berlapis One UI 3.1. Tampilan interface dari One UI 3.1 ini cukup simpel. Terdapat aplikasi bawaan Samsung dan Google seperti Gmail, Google, Chrome, YouTube, MySamsung, Samsung Galaxy Store dan banyak lagi. Tablet ini mengusung sederet fitur andalan dalam Ekosistem Galaxy.

Dengan Ekosistem Galaxy, pengguna Tab A7 Lite dapat memiliki gaya hidup yang lebih mudah dan lebih nyaman. Pengguna dapat dengan mudah melanjutkan pekerjaan di antara beberapa perangkat atau berkomunikasi dengan orang lain dari mana saja. Ekosistem ini memungkinkan sinkronisasi berbagai perangkat Galaxy menikmati pengalaman entertainment secara multi-device yang seamless.

Fitur-fitur tersebut diantaranya One Hand Operation+, Auto Switch, Auto Hotspot, Samsung Knox, dan Samsung Kids. Fitur Auto Switch ini berbasis Bluetooth Low Energy, atau teknologi BLE, yang memungkinkan audio untuk di-delivery di antara beberapa perangkat yang berdekatan dan tersambung ke Galaxy Buds+, Buds Pro, dan Buds Live. Selanjutnya fitur Auto Hotspot memungkinkan pengguna berbagi koneksi Internet tanpa perlu melakukannya secara manual, misalnya harus memilih jaringan Wi-Fi, mengisi password dan lainnya.

Fitur One Hand Operation+ membuat kami lebih nyaman mengoperasikan tablet ini dengan satu tangan. Fitur ini merupakan sistem navigasi yang berbasis gestur di dalam One UI. One Hand Operation+  bisa mengontrol tablet dengan satu tangan dengan mudah dan menghadirkan daftar opsi yang mudah digunakan.

Samsung Knox mampu melindungi data penting dengan dimasukan ke dalam Secure Folder. Folder terenkripsi ini memanfaatkan platform keamanan defense-grade Samsung Knox untuk melindungi informasi penting dari serangan berbahaya.

Berikutnya ada Samsung Kids yang memiliki berbagai konten khusus anak-anak. Parental control akan menunjukkan status penggunaan aplikasi secara individual, ataupun daily timer untuk membatasi penggunaan tablet sang buah hati. Fitur ini sangat berguna di masa pandemi ini untuk mengontrol sang buah hati ketika belajar di rumah menggunakan Samsung Galaxy Tab A7 Lite.

Daya tahan

Daya tahan baterai Samsung Galaxy Tab A7 Lite
Daya tahan baterai Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Sebagai sumber energinya, Samsung Galaxy Tab A7 Lite dibekali baterai besar berkapasitas 5.100mAh. Kami juga menggunakan aplikasi Battery Doctor untuk mengukur daya tahan baterai Samsung Galaxy Tab A7 Lite. Battery Doctor menunjukan bahwa tablet ini bisa bertahan hingga seharian selama 24 jam penuh jika dalam kondisi full 100% untuk penggunaan harian seperti email, browsing, sosial media dan mengetik dokumen.

Ketika digunakan untuk bermain game non-stop selama kurang lebih dua jam, daya baterai tablet ini hanya berkurang sekitar 30%. Untuk mengisi daya baterai hingga penuh 100%, dibutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 3,5 jam.

Sebenarnya baterai Galaxy Tab A7 Lite sudah mendukung Fast Charging 15 watt. Namun, fitur fast charging hanya terdapat pada adaptor charger yang dijual secara terpisah dan tidak disertakan dalam paket penjualan Samsung Galaxy Tab A7 Lite. Di dalam box penjualan Galaxy Tab A7 Lite, hanya disertakan adaptor charger berdaya 7,8 watt saja.

Kelengkapan

Kelengkapan Samsung Galaxy Tab A7 Lite
Kelengkapan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Ketika kami unboxing, di dalam box Samsung Galaxy Tab A7 Lite terdapat tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite, kabel USB Type-C, adaptor charger, pin ejector dan buku panduan.

Kesimpulan

Dari segi desain, Galaxy Tab A7 Lite terlihat elegan dan premium seperti tablet flagship Samsung. Meski berlayar lebar, tablet ini ringan dan tipis sehingga mudah ditenteng.

Ketika digunakan untuk mengetik dokumen, menonton video, bermain game, browsing internet, mengirim email, mengakses sosial media dan mengakses aplikasi lainnya cukup nyaman berkat layar lebar berukuran 8,7 inci. Layar lebar tablet ini menyuguhkan visual yang tajam ketika menonton video dan bermain game.

Performa Samsung Galaxy Tab A7 Lite terbukti cukup optimal setelah melewati tes benchmark dan bermain game AAA. Audio yang dihasilkan Galaxy Tab A7 Lite saat bermain game, menonton video dan mendengarkan musik cukup jernih dan menggelegar berkat dukungan teknologi Dolby Atmos.

Baterai tablet ini cukup besar dengan kapasitas 5.100mAh dan daya tahannya cukup irit. Kalau kamu ingin mengisi daya baterai lebih cepat, bisa membeli adaptor charger Fast Charging 15 watt.

Tampilan interface Samsung Galaxy Tab A7 Lite cukup simpel dan mudah digunakan. Terdapat banyak fitur yang bisa digunakan untuk kegiatan harian selama masa pandemi ini. Dengan harga cukup terjangkau yakni Rp. 2.499.000, kamu bisa menggunakan Samsung Galaxy Tab A7 Lite untuk kegiatan rutin di era pandemi ini seperti WFH dan belajar dari rumah untuk sang buah hati.

spot_img

Artikel Terbaru