spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview realme C25s: Smartphone Powerful King Rp2 Jutaan, Cocok Untuk PJJ dan...

Review realme C25s: Smartphone Powerful King Rp2 Jutaan, Cocok Untuk PJJ dan Super Tahan Banting Buat Diajak Gaming Seharian

-

Jakarta, Selular.ID – Bergulirnya aktivitas offline menjadi serba digital yang saat ini tengah dirasakan oleh masyarakat di beberapa pesohor negeri akibat dampak pandemi virus corona, membuat banyak orang memburu smartphone entry-level dengan harga terjangkau. Termasuk salah satunya ialah kegiatan pembelajaran jarak jauh alias PJJ bagi pelajar yang membutuhkan perangkat penunjang demi kelancaran dalam berlangsungnya sekolah online.

Menjawab solusi sekaligus dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2021, sebagai brand smartphone yang selalu memahami kebutuhan para konsumennya, realme kembali menghadirkan smartphone entry-level yang andal dengan harga bersahabat, yakni series realme C25s yang dibanderol seharga sekitar Rp2 jutaan.

Series terbaru ini dikeluarkan oleh realme juga berlatar belakang tingginya permintaan seri C yang dikenal dengan baterai besar yang harganya kompetitif, serta didasari oleh fakta yang menunjukkan bahwa lebih dari 5 juta orang di Indonesia telah menggunakan series C buatan realme.

Tak tanggung-tanggung, realme merancang realme C25s ini menjadi ponsel cerdas yang kokoh dan tahan banting dengan berbagai fitur utama baru sebagai bintang panggung dari smartphone ini, yaitu diantaranya baterai jumbo 6000mAh, prosesor gaming Helio G85 yang telah di-upgrade tanpa menaikkan harga, serta RAM 4GB + 128GB yang dapat diperluas hingga 256GB.

Kali ini, team Selular mendapat kesempatan untuk menjajal series terbaru dari realme C25s varian warna Water Grey yang resmi hadir pada 19 Juli 2021 kemarin. Lantas, seperti apa pesona yang disuguhkan oleh smartphone entry-level yang diklaim paling powerfull dan tahan banting ini? Langsung saja, berikut team Selular sajikan untuk Anda:

Baca juga: Review Realme 8 5G : Smartphone 5G Rp3 Jutaan, Bodi Ramping Performa Kencang

1. Rangkaian Isi Kotak

Seperti biasa, sebelum menjamah bagian spesifikasi dan daya pikat smartphone, terlebih dahulu akan dibahas mengenai apa saja rangkaian yang berada di balik kotak realme C25s ini. Masih sama seperti varian realme lainnya, kotak kuning yang menjadi ciri khas realme selama ini, masih setia menemani series terbaru kali ini.

Pada saat kotak dibuka, pelanggan akan mendapatkan 1 unit smartphone realme C25s, 9V2A Adapter dengan kabel Type-C, kartu garansi beserta buku panduan cepat, alat pembuka kartu SIM atau yang biasa dikenal dengan SIM ejector, lapisan pelindung layar, serta soft case pelindung bodi.

2. Desain Elegan dengan Geometric Art

Sebagai salah satu tujuan realme yang menargetkan seri C25s ini menjadi smartphone favoritnya anak muda, desain realme dibuat trendi, simpel, dan elegan yang enak dipandang. Hadir dalam dua pilihan warna, yakni Water Grey dan Water Blue, realme membedakan tata letak dari tekstur desain keduanya.

Dengan bobot 209 gram dan ukuran 164,5mm x 75,9mm x 9,6mm, membuat penulis nyaman pada saat menjajaki smartphone realme C25s ini untuk aktivitas sehari-hari, serta sangat pas ketika penulis gunakan untuk bermain game.

Sementara untuk modul kameranya, ia didesain berbentuk persegi yang dimana tampilan seperti ini tengah popular. Kemudian untuk spesifikasi lensa, flashlight, dan kamera ditempatkan secara canggih di tepi dan sudut, membuat bagian back cover lebih premium dan trendi.

Perlu diketahui, dalam perancangan desain dari series C25s ini, tekstur bagian back cover diproses menggunakan mesin pengukir radium presisi lima sumbu yang terkemuka dalam 300 menit pemolesan, dikerjakan oleh pemimpin industri dari Jerman. Terakhir, 450+ kurva diukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus. Sehingga, perangkat anyar ini tak mudah terkena sidik jari, serta efektif mencegah goresan dan gesekan.

3. Baterai Jumbo yang Tangguh

Salah satu yang ditonjolkan dari realme C25s ini ialah tersematnya baterai besar berkapasitas 6000mAh dengan super power saving mode. Berdasarkan tes pada realme lab, realme C25s mampu bertahan hingga 51 hari dalam mode standby. Tak lupa, dilengkapi pula kemampuan 18W Quick Charging sehingga pengguna tak perlu khawatir akan kehabisan daya.

Hadirnya baterai besar di dalam realme C25s ini, juga berdasarkan dari hasil survey yang dilakukan oleh realme terhadap pengguna umum dan realme fans sejak tanggal 6-8 Juli 2021, untuk mengetahui smartphone apa yang diinginkan pengguna untuk belajar online. Hasilnya, sebanyak 120 responden dari 146 memilih smartphone dengan baterai yang besar.

Pada saat penulis mencoba menjajal realme C25s ini untuk menonton film selama 2 jam, ponsel pintar ini hanya menghabiskan daya sekitar 12% dari kapasitas maksimal baterai. Lalu, pada saat realme C25s terpapar langsung sinar matahari, tak membuat smartphone ini mengalami overheat.

4. Dapur Pacu yang Andal

Sesuai yang sudah disebutkan di atas, realme juga membuat realme C25s fleksibel untuk digunakan bermain game. Smartphone ini membenamkan built-in prosesor gaming MediaTek Helio G85 yang kuat untuk menunjang dalam aktivitas gaming. Lebih lanjut, tersemat pula prosesor Octa-core 12mn yang memiliki clock hingga 2,0 GHz, serta mengadopsi dua CPU Arm Cortex-A75 yang kuat yang beroperasi hingga 2GHz, dan enam prosesor Cortex-A55 yang beroperasi hingga 1,8GHz.

Berkat prosesor game yang kuat itu, realme C25s mampu menangani judul game mainstream apa pun dengan mudah dalam kinerjanya. Menariknya lagi, jika dibandingkan dengan smartphone lain di segmen ini, skor benchmark realme C25s lebih tinggi.

Untuk menjawab rasa penasaran akan performa dari smartphone entry-level terbaru realme ini, penulis juga mencoba untuk mengecek skor GPU Mark Benchmark, dan hasilnya sebagai berikut:

Skor GPU Mark Benchmark Realme C25s oleh Team Selular

Selain performa kencang dan baterai besar, yang diperlukan untuk aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) serta kegiatan multitasking lainnya ialah ruang penyimpanan yang lega. Tak usah khawatir, realme C25s juga menawarkan RAM 4GB dan memori internal sebesar 128GB yang dapat diperluas hingga 256GB. Sehingga, keunggulan ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data-data tugas sekolah. Tersedia juga slot 3 kartu yang terdiri dari 2 SIM + 1 microSD.

5. Layar Luas dan Jernih

Guna keperluan aktivitas meeting online dan bermain game, tentunya diperlukan layar luas dan jernih yang nyaman di mata, dan realme C25s punya keunggulan akan hal itu. realme C25s mengusung layar besar yakni seluas 6,5 inci (16,5cm) dengan perbandingan 20:9, serta dilengkapi dengan resolusi HD+ 720 x 1600 dan rasio layar sebesar 88,7%. Berkat layar luas ini, pengguna juga bakal dibuat nyaman pada saat asyik bermain film. Serta, dengan memanfaatkan layar lega dari realme C25s, pengguna jadi bisa lebih mudah pada saat pembuatan konten video.

Baca juga :  Review realme Smart TV 4K 50 Inci: Smart TV Rp5 Jutaan, Suguhkan Sensasi Menonton Bioskop dari Rumah!

6. Kamera Apik yang Andal

Lantaran smarthphone ini tujuan utamanya diperuntukkan untuk menunjang keperluan pembelajaran jarak jauh (PJJ), sudah pasti sektor kamera dari realme C25s ini juga menjadi perhatian khusus oleh realme.

Baca juga :  Daftar Smartphone yang Mendarat di Indonesia Agustus 2021

realme C25s dilengkapi dengan kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 48MP dengan area yang luas, disertai aperture besar f/1.8 guna mengunci cukup cahaya dan membuat gambar pengguna lebih jernih dan cerah. Selain itu, produk ini juga mendukung PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan tepat. Mode Zoom 5x juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh.

Lalu, lensa makro dengan jarak fokus super dekat juga tersedia pada gawai ini, memungkinkan pengguna untuk memotret foto makro yang menakjubkan dengan detail. Kemudian, ada juga  lensa B&W yang memberikan efek artistik khusus untuk potret, juga mereproduksi potret dalam hitam dan putih. Lensa B&W ini juga memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Dalam mode Potret, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Sebagai simulasi untuk menghasilkan karya potret terbaik, foto disetel ke gaya film retro dengan penerapan yang luas sebagai tambahan tekstur untuk hasil akhir foto yang dengan style potret. Sementara untuk kamera selfienya sebesar 8MP, yang didukung oleh beberapa fungsi seperti AI beautification, HDR Mode, Portrait Mode dan sebagainya.

Berkat kecanggihan yang disuguhkan sektor kamera dari realme C25s, membuat pelajar lebih jelas pada saat mengadakan kelas virtual, dan juga memudahkan orang tua untuk membantu dalam pengambilan foto tugas sekolah yang selanjutnya akan dikirim ke guru sekolah. Kalau untuk aktivitas keseharian lainnya seperti membuat konten video atau foto untuk mengawali promosi di bisnis online, bisa juga menggunakan perangkat realme C25s ini.

7. Hasil Jepretan

Guna melihat detail hasil dari kamera realme C25s, berikut penulis paparkan hasil tangkapan gambar dari realme C25s :

  • Hasil Kamera Belakang ( Siang Hari )

                 Hasil kamera belakang tanpa menggunakan tambahan filter

               Hasil kamera belakang dengan menggunakan tambahan filter R2

                                         Hasil kamera belakang Portrait

  • Hasil Kamera Belakang ( Malam Hari )

             Tanpa Night Mode                                   Dengan Night Mode

  • Hasil Kamera Depan

   

Tanpa menggunakan tambahan filter            Dengan menggunakan filter R2

Setelah menjajal kamera dari realme C25s, penulis takjub dengan hasil yang didapatkan. Baik dengan menggunakan tambahan filter ataupun tidak, kedua opsi tersebut sama-sama melahirkan hasil foto yang apik, cerah, dan jernih. Sehingga sangat pas sekali untuk digunakan aktivitas sekolah online dari rumah.

8. Kantongi Sertifikasi Keandalan Tinggi TÜV Rheinland

Hal menarik lainnya yang menjadi nilai plus dari realme C25s ini ialah guna menetapkan standar kualitas baru untuk entry-level king, realme telah bermitra dengan salah satu ahli yang terkenal di dunia dalam hal kualitas, yaitu TÜV Rheinland.

Selama 8 bulan terakhir, realme dan spesialis kualitas di TÜV Rheinland bekerja sama untuk menetapkan standar kualitas baru yang ditingkatkan untuk smartphone. Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland menetapkan standar kualitas tinggi untuk konsumsi barang elektronik, serta merupakan standar industri untuk pasar-pasar besar di seluruh dunia.

Menurut standar sertifikasi Kualitas TÜV Rheinland terbaru, sebagian besar kondisi pengujian didasarkan pada siklus hidup smartphone selama tiga tahun. Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 tes utama, termasuk:

  • 10 skenario uji penggunaan harian seperti akibat jatuh, pemakaian, dan kerusakan
  • 7 skenario uji lingkungan ekstrem, seperti suhu super tinggi dan rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara
  • 6 Skenario Uji Keandalan Komponen. Secara keseluruhan, sebagian besar kondisi pengujian Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TUV didasarkan pada siklus smartphone selama tiga tahun.

Melihat dari realme C25s yang dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland, sudah dipastikan kualitas dari smartphone ini bukan kaleng-kaleng. Meski dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, tak membuat realme secara sembarang merancang smartphone entry level terjangkau buatannya.

Kesimpulan

Jika Anda sedang mencari smartphone murah kualitas tak murahan untuk perangkat pembelajaran jarak jauh (PJJ) anak Anda, tak perlu pikir panjang lagi, jadikan series realme C25s sebagai pilihan Anda. Baterai dan RAM yang besar serta ruang penyimpanan yang luas, membuat smartphone ini layak dibeli lantaran sangat “Worth it” dengan harga yang ditawarkannya.

Atau, bagi Anda anak muda yang ingin membeli smartphone untuk keperluan gaming dan pendamping aktivitas sehari-hari tetapi dengan harga yang “low budget”, realme C25s sangat cocok apabila dijadikan pilihan yang pas. Terlebih, melihat desain trendinya yang “kekinian banget”.

realme C25s akan tersedia secara resmi di seluruh Indonesia mulai besok, Sabtu ( 24/7/2021 ), dengan banderol harga Rp2.399.000. Demi mempermudah konsumen yang tengah menerapkan program pemerintah yakni Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pelanggan bisa #belirealmedarirumah melalui kontak WhatsApp Store realme di nomor 0856-0000-0721.

Dengan banderol harga murah serta mumpuninya kualitas yg ditawarkan, hal ini membuat beban para orang tua sedikit berkurang dalam mendapatkan smartphone powerful berkualitas baik namun terjangkau untuk keperluan PJJ sang buah hati.

spot_img

Artikel Terbaru