spot_img
BerandaPersonaPengamat Telekomunikasi Nonot Harsono Tutup Usia, Selamat Jalan

Pengamat Telekomunikasi Nonot Harsono Tutup Usia, Selamat Jalan

-

Jakarta, Selular.ID – Dunia IT kehilangan sosok yang cukup kompeten, pengamat Telekomunikasi, Nonot Harsono dikabarkan telah meninggal dunia pada Jumat (23/7/2021), pukul 12.45 WIB

Pria kelahiran Jember,  4 April 1965 memang sudah lama malang melintang di industri telekomunikasi, Jika di telisik seperti dirangkum dari berbagai sumber, pria yang akrab disapa Pakde, pernah menjadi anggota dewan pengawas BAKTI sejak Desember 2016 saat masih bernama BPPPTI (BP3TI, Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika).

Nonot pernah menjabat sebagai Komisaris Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dari tahun 2009 hingga 2015. Sebelumnya, selama lebih kurang 20 tahun, ia mengajar Teknologi Telekomunikasi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sejak 1989. Di kampus ini, ia pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan.

Pengalaman Nonot di bidang telekomunikasi tak perlu diragukan lagi, baik dalam aspek teknis, bisnis, dan regulasi. Nonot tercatat merupakan tim penyusun naskah Rancangan Undang-Undang Telekomunikasi, menulis buku bisnis & regulasi telekomunikasi, tim inti penyusun Peraturan Menteri 21 tahun 2013, dan banyak rekomendasi kebijakan dan regulasi tentang telekomunikasi, internet, dan penyiaran.

Saat ini, Nonot juga diketahui menjadi anggota Dewan Pengurus Harian Mastel 2021-2024. Ia bergabung menjadi anggota DPH di bidang TELETOPIC.

Bagi Selular Media Network (Selular), pria lulusan Sarjana Teknik Elektro Telekomunikasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Nonot pun cukup berperan aktif, khususnya dalam acara yang kerap diadakan Selular.

Terakhir Nonot menjadi pembicara dalam Digital Telco Outlook 2021, pada Desember tahun lalu. Dengan mengangkat tema utama “Kejar Pertumbuhan di Tengah Melemahnya Ekonomi dan Ketatnya Regulasi. Dalam gelaran yang rutin diadakan Selular, Nonot memaparkan beragam tantangan sekaligus peluang industri telekomunikasi Indonesia pada 2021 dan apa yang dilakukan untuk mendorong industri ICT  supaya semakin kuat dalam menghadapi tantangan di era disrupsi teknologi.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, selamat jalan Pak Nonot.

spot_img

Artikel Terbaru