BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Realme 8 5G : Smartphone 5G Rp3 Jutaan, Bodi Ramping Performa...

Review Realme 8 5G : Smartphone 5G Rp3 Jutaan, Bodi Ramping Performa Kencang

-

Jakarta, Selular.ID – Smartphone 5G dengan harga ramah di kantong memang dinantikan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Sekarang, Realme menjadi vendor smartphone pertama yang mewujudkannya. Dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, tak berarti menurunkan kualitas dari ponsel 5G yang dijuluki sebagai The Most Affordable 5G Phone for Everyone ini.

Banyak hal menarik di dalam smartphone yang datang dengan slogan 5G Fast Speed to Infinity itu. Beberapa diantaranya yakni menjadi smartphone 5G pertama yang menggunakan prosesor generasi 5G terbaru, hanya pengguna Realme 8 5G di Indonesia yang dapat menikmati fitur NFC, merupakan smartphone 5G pertama di Indonesia yang meluncurkan smartphone 5G dengan harga bersahabat, serta memiliki mode Smart 5G Power Saving.

Team Selular kali ini berkesempatan menjajal smartphone 5G yang secara resmi rilis di Indonesia kemarin, Rabu (16/6/2021). Lantas, seperti apa pesona yang disuguhkan oleh gawai ini? Berikut team Selular sajikan untuk Anda :

Baca juga:Realme 8 5G Resmi Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Rangkaian Isi Kotak

Review Realme 8 5GSeperti biasa, sebelum merambah ke segmen spesifikasi, tentunya terlebih dahulu kita mengulik rangkaian isi yang terdapat di dalam kotak penjualan. Masih sama seperti sebelumnya, Realme masih membawa kemasan warna kuning yang menjadi ciri khas Realme pada series 8 5G kali ini.

Pada saat kotak dibuka, pelanggan akan mendapatkan 1 unit smartphone Realme 8 5G, 18W Quick Charger, kabel USB Type-C, Soft case pelindung bodi, serta buku panduan manual.

Desain

Realme 8 5G merupakan smartphone 5G tertipis di segmennya. Bodi super ramping 8,5mm dan super ringan 185g membuat penulis terasa nyaman pada saat menggunakan smartphone ini untuk bermain game.

Terinspirasi dari film Fast and Furious, bagian bodi belakang smartphone ini memiliki konsep desain Dynamic Speed Light dengan menggunakan material lapisan indium high-gloss pada Supersonic Blue, sehingga membuat tampilan semakin stylish dan ponsel jadi terlihat seperti smartphone di segmen harga kelas atas.

Kemudian, Realme 8 5G memiliki fitur pemindai sidik jari di bagian samping, yang secara cerdas menggabungkan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari. Dengan sistem pengenalan kapasitif, hanya dengan sekali tekan, ponsel akan langsung terbuka dan juga memberikan keamanan lebih. 

Layar Ultra Smooth 90Hz Super Kilat

Salah satu yang paling ditonjolkan dari series ini yaitu pada layarnya. Realme 8 5G memiliki layar Ultra Smooth dengan kecepatan refresh 90Hz dan kecepatan pengambilan sampel maksimum 180Hz. Layar 90Hz ini menghasilkan pengalaman visual yang mulus di setiap gerakan pada layar.

Dengan layar besar 6,5 inci dan rasio layar-ke-bodi 90,5%, Realme 8 5G memberikan pengguna pengalaman visual yang luar biasa. Layar hadir dengan resolusi 2400×1080 FHD+, tingkat kecerahan hingga 600 nits, dan 16,7 juta warna layar.

Kali ini, penulis mencoba menguji layar smartphone ini lewat game PUBG Mobile. Performa untuk game PUBG Mobile pada layar Ultra Smooth masih stabil pada 40 fps. Jadi, pengguna tak perlu khawatir layar mudah nge-lag pada saat sedang bermain game ataupun melakukan aktivitas hectic menggunakan smartphone.

Kamera Jernih

Tak hanya soal dapur pacu, kamera pada series Realme 8 5G pun juga diperhatikan oleh Realme. realme 8 5G memiliki kamera utama 48MP dengan Nightscape, lensa B&W dan lensa makro. Kamera depan 16MP Ultra-clear memenuhi kebutuhan selfie pengguna dengan aperture F2.0, mendukung beberapa mode seperti AI Beautification serta Efek Bokeh.

Kamera Realme 8 5G memiliki banyak filter malam yang popular. Dengan teknologi mesin sintesis multi-frame, dibutuhkan sekumpulan foto dengan eksposur cahaya yang berbeda secara bersamaan dan kemudian menggabungkannya menjadi satu. Selain mempertahankan eksposur yang baik dengan titik-titik sorotan, fitur ini juga dapat membuat foto di kegelapan lebih terang dan jelas dengan lebih banyak detail.

Hasil Jepretan

Guna melihat detail hasil dari kamera Realme 8 5G, berikut penulis paparkan hasil tangkapan gambar dari series Realme 8 5G :

  • Hasil Kamera Belakang

( Hasil Kamera Belakang di Malam Hari )

Dengan Night Mode                                             Tanpa Night Mode

                         

Menurut penulis, tingkat kecerahan antara hasil foto yang diambil menggunakan fitur Night Mode satu tingkat lebih cerah dibandingkan hasil jepretan tanpa Night Mode. Tetapi kalau penulis pribadi disuruh memilih, penulis lebih suka mengambil foto di malam hari tanpa Night Mode karena hasil nya lebih tajam dan lebih tegas.

Menggunakan Photo                                 Menggunakan Kamera 48M

                       

Keduanya sama-sama tidak menggunakan Night Mode serta tak menambahkan filter apapun. Pada saat penulis memperbesar hasil foto dari kamera 48M, foto tidak pecah. Biasanya, jika hasil kamera 48M dicetak dalam ukuran besar, maka nantinya tak menyebabkan gambar menjadi pecah.

Menggunakan Filter Warm                 Tanpa Filter

           

( Hasil Kamera Belakang di Siang Hari )

Dengan Filter Clear                                Tanpa Filter

                 

Menggunakan Photo                           Menggunakan Kamera 48M

               

( Hasil Kamera Bokeh )

( Hasil Kamera Selfie )

Mengemas Baterai Besar

Meski desain Realme 8 5G dibuat slim, smartphone ini tetap ditenagai dengan baterai jumbo berkapasitas 5000mAh dengan pengisian cepat 18W menggunakan konektor tipe-C, sehingga dapat terisi penuh dengan cepat.

Menariknya, gawai ini mendukung Smart 5G Power Saving. Sebab, 5G membutuhkan konsumsi daya lebih, sehingga akan mempersingkat masa pakai baterainya. Dengan demikian, Realme memperkenalkan Smart 5G Power Saving untuk solusinya.

Smart 5G Power Saving juga mampu mengidentifikasi kekuatan sinyal di sekitarnya dan secara cerdas beralih antara 4G dan 5G tanpa jeda waktu peralihan, sehingga menghasilkan konsumsi daya 30% lebih rendah daripada ponsel tanpa fitur Smart 5G.

Selain itu, tersemat juga mode Super Power Saving yang menggunakan pengaturan CPU, penyesuaian lampu latar, dan strategi lain serta langkah-langkah penghematan daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu, konsumsi daya sistem berkurang, dan masa pakai smartphone dapat diperpanjang.

Pada saat penulis memainkan game PUBG di smartphone ini selama 1 jam, baterai yang berkurang sebesar 30%. Juga, baterai dari ponsel pintar ini awet seharian bahkan bisa lebih meskipun digunakan secara interaktif. Apalagi, jika ditambahkan dengen sederet fitur yang tersedia seperti Sleep Standby Optimization, App Quick Freeze, and Screen Battery Optimization.

Menjadi yang Pertama Menggunakan Dimensity 700 5G

Namanya juga smartphone 5G, sudah pasti hal yang paling utama diperhatikan ialah dapur pacunya. Realme 8 5G mengadopsi prosesor Dimensity 700 5G, yang menggabungkan dua inti Arm Cortex-A76 berkemampuan tinggi dalam CPU octa-core yang beroperasi hingga kecepatan 2.2GHz.

Dimensity 700 5G menggunakan prosesor produksi 7nm terbaru, yang lebih hemat daya hingga 28% dibanding proses 8nm yang setara, memungkinkan Dimensity 700 5G dapat menggunakan prosesor berkinerja tinggi sambil menyedot daya, memperpanjang masa pakai baterai agar pengguna tetap terhubung lebih lama. Dimensity 700 menghadirkan GPU yang kuat yakni Arm Mali-G57 MC2 dengan kecepatan clock 950MHz.

Lalu, prosesor Dimensity 700 5G juga mendukung 5G Dual SIM Dual Standby, memungkinkan smartphone mendukung kartu SIM 5G online melalui jaringan 5G. Selain itu, prosesornya mendukung SA / NSA dan mencakup pita frekuensi 5G mainstream. Teknologi Akselerasi Jaringan Ganda yang canggih dapat menangkap jaringan Wi-Fi dan 5G lebih baik.

Untuk melengkapi rasa penasaran, penulis juga mencoba untuk cek skor Antutu dan GPU Mark Benchmark yang diperoleh oleh Realme 8 5G, dan hasilnya sebagai berikut :

Hal terbaru yang ingin Realme hadirkan di Realme 8 5G ini ialah teknologi Dynamic RAM Expansion Technology (DRE) yang akan mengkonversi ROM menjadi virtual RAM. Berkat teknologi DRE ini, membuat smartphone ini kian lancar untuk kegiatan multitasking seperti akses banyak aplikasi dengan sekaligus, hingga memainkan beberapa game berat sekalipun.

Kesimpulan

Smartphone ini memang cocok menyandang julukan ‘Smartphone 5G Paling Terjangkau Untuk Semua Orang’. Bagaimana tidak, dengan harga yang terjangkau, tak membuat Realme menurunkan kualitas dari smartphone ini. Bagi Anda yang sedang mencari smartphone seharga Rp3 jutaan, baik Anda yang antusias dengan konektivitas 5G yang tengah popular, ataupun untuk Anda yang tak terlalu menghiraukan adanya jaringan 5G, dirasa cocok untuk membeli smartphone ini.

Pasalnya, tak hanya konektivitas 5G yang diunggulkan, tetapi bagian lainnya juga dijamu dengan baik, mulai dari performa nya yang kencang, baterai besar, ruang penyimpanan lega, kamera yang apik nan jernih, layar nya yang memanjakan mata, bodi yang nyaman digenggam, hingga tampilan smartphone yang membuat kesan “Elegant” pada saat diperlihatkan ke kerabat. Jadi, smartphone ini bisa dibilang mencakup semua jenis kebutuhan pelanggan.

Tonton juga video di bawah ini :

Artikel Terbaru