spot_img
BerandaBuyer's Guide13 Smartphone yang Rilis di Indonesia Maret 2021

13 Smartphone yang Rilis di Indonesia Maret 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Menjelang bulan Ramadan yang jatuh di pertengahan April 2021, para produsen smartphone berlomba mengambil momentum berharga, berharap, pada musim belanja Lebaran, konsumen memilih produk besutannya.

Selama 31 hari terakhir, ada sebanyak 13 smartphone baru yang meluncur di Indonesia. Mulai dari Oppo, Realme, Xiaomi, Samsung, sampai Nokia.

Berikut 13 smartphone yang rilis di Indonesia Maret 2021:

  1. Redmi Note 10 Pro
  2. Redmi Note 10
  3. Oppo A54
  4. Oppo Reno5 F
  5. Oppo Reno5 Marvel Edition
  6. Xiaomi Mi 11
  7. Realme Narzo 30A
  8. Realme C25
  9. Realme C21
  10. Nokia 5.4
  11. Samsung Galaxy A32
  12. Samsung Galaxy A52
  13. Samsung Galaxy A72

Berikut spesifikasi singkat dan harga masing-masing smartphone:

Redmi Note 10 Pro

Tepat di akhir Maret 2021, Xiaomi meluncurkan line-up terbarunya, Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 10. Berbeda dari seri tahun lalu, keluarga Redmi Note kali ini “naik kelas”, karena dibekali layar AMOLED dan kamera 108MP, yang pertama di jajaran Redmi Note.

Redmi Note 10 Pro tersedia dalam opsi tiga warna yakni Onyx Gray, Glacier Blue, dan Gradient Bronze, dengan harga Rp3.599.000 untuk trim RAM 6/64GB, sedangkan konfigurasi RAM 8/128GB dijajakan Rp3.999.000.

Di seri terbaru ini Xiaomi membawa layar AMOLED pertama di seri Redmi Note dan menghadirkan lompatan teknologi dari seri sebelumnya, termasuk speakers ganda. Perusahaan juga menghadirkan layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz serta kamera 108MP yang sebelumnya hanya bisa ditemukan di segmen flagship Indonesia.

Redmi Note 10 Pro menawarkan resolusi kamera 108MP, ketajaman layar 6.67” AMOLED 120Hz, dan kecepatan prosesor Qualcomm Snapdragon 732G.

Sensor kamera 108MP pada Redmi Note 10 Pro memberikan pengalaman mobile photography tiada tanding di kelasnya dengan memadukan 9-in-1 binning technology dan Dual native ISO. Perpaduan kedua teknologi ini, membuat perangkat dapat menangkap foto dengan detail secara baik, memiliki dynamic range yang luas, dan menawarkan berbagai mode penyuntingan gambar. Selain itu, berkat fitur Night Mode 2.0 yang didukung algoritma multi-frame RAW, pengguna dapat menangkap visual yang luar biasa meski dalam pengaturan cahaya rendah.

Untuk mode perekaman video, Redmi Note 10 Pro hadir dengan mode video time-lapse pro dan video time-lapse tele macro yang melengkapi fitur tambahan seperti mode Photo Clones, Video Clones, Dual Video dan Long Exposure.

Layar 6,67” AMOLED DotDisplay dengan 120Hz refresh rate menghadirkan layar yang tidak hanya luas, namun juga menggebrak standar dengan komposisi warna yang lebih tajam, hemat energi, dan responsif berkat 240Hz touch sampling rate.

Redmi Note 10 Pro ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 732G yang menawarkan performa yang tinggi dan konsumsi daya baterai yang rendah. Dengan kapasitas baterai besar, 5020mAh, yang didukung pengisian daya cepat 33W, pengguna akan lebih menghemat waktu ketika harus mengisi daya baterai. Desainnya semakin elegan dengan sensor sidik jari yang diletakkan di sisi samping. Untuk perlindungan lebih dari goresan, bagian depan perangkat juga dilengkapi Corning Gorilla Glass 5.

Redmi Note 10

Sang “Adik” Redmi Note 10 ditawarkan seharga Rp2.499.000 dengan konfigurasi tunggal RAM 4GB/64GB yang dijual dalam tiga pilihan warna: Onyx Gray, Pebble White, dan Lake Green.

Layar AMOLED untuk seri Redmi Note didukung Qualcomm Snapdragon 678 pertama di Indonesia. Pengalaman gaming semakin sempurna dengan layar 6.43” AMOLED DotDisplay yang tajam dan speaker ganda pada perangkat Redmi Note 10. Kapasitas baterai sebesar 5000mAh sudah didukung fitur pengisian daya cepat 33W.

Chipset Qualcomm Snapdragon 678 menawarkan peningkatan performa kamera dan pengalaman gaming dengan tetap menjaga efisiensi daya baterai. Chipset ini menggunakan Octa-core CPU Kryo 460 dengan clock speed 2.2GHz dan didukung oleh teknologi image signal processor Spectra 250L yang mendukung penggunaan teknologi triple-camera hingga resolusi 48MP.

Tidak hanya itu, konfigurasi empat kamera belakang (Quad-Camera) yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra wide-angle 8MP, lensa makro 2MP dan depth camera 2MP, serta kamera 13MP pada bagian depan, menghadirkan kemampuan fotografi unggul di genggaman yang membantu pengguna mendokumentasikan momen berharga dari berbagai sudut. Untuk mode pengambilan video, selain beberapa fitur favorit seperti slow motion dan night mode, kini Redmi Note 10 menghadirkan dua jenis fitur time-lapse, yaitu time-lapse pro dan reguler.

Pengguna juga dapat tampil percaya diri dengan desain body elegan dengan sensor sidik jari Arc side. Redmi Note 10 dilindungi Corning Gorilla Glass di bagian depan, membuat perangkat tetap kokoh ketika terjatuh dan tergores.

Oppo A54

Oppo memperkenalkan wajah baru lini seri A di tahun 2021. Oppo A54 dijual dalam dua pilihan warna, Crystal Black dan Starry Blue, dan dipasarkan dengan harga resmi Rp2.699.000.

Kehadiran layar bertipe single punch-hole 6.51 inci menjadi pembeda perangkat ini di pasaran. Layar Oppo A54 dilengkapi fitur Eye Comfort yang akan mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata. Sunlight Screen menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone pada kondisi di bawah sinar matahari terik.

Triple Main Camera Oppo A54 terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP dan kamera bokeh 2MP. Dazzle Color ketika diaktifkan dapat meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar melalui sebuah algoritma kecerdasan buatan, menghadirkan gambar cemerlang yang kaya warna. Sementara fitur cerdas lainnya ada AI Scene Recognition dan Ultra Night Mode.

Memenuhi komputasi kecerdasan buatan, Oppo melengkapi A54 dengan prosesor Mediatek Helio P35 yang dipadankan dengan kapasitas RAM 4GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal besar 128GB. Performa perangkat ditingkatkan dengan teknologi Oswap yang merupakan kombinasi Z-RAM dan landswap speeding technologies. Dengan melakukan kompresi RAM ke EMC, atau memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4GB dapat bekerja layaknya RAM 6GB.

Untuk pertama kalinya, Oppo membawa sertifikasi IP rating pada lini seri A. Dibandingkan dengan sertifikasi IPX, Oppo menambahkan sebuah lapisan penahan air, yang memberikan ketahanan cukup untuk penggunaan sehari-hari. Oppo melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi, sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4.

Di sisi sumber daya, Oppo A54 menggunakan baterai berkapasitas besar 5000mAh dengan konektor pengisian daya Type C. perangkat mengadopsi sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sistem operasi ini menawarkan berbagai keunggulan di antaranya HyperBoost dan Black Screen Mode.

Oppo Reno5 F

Menjadi anggota terakhir di seri Reno5, Reno5 F memiliki performa tinggi dan kecepatan yang lebih. Perangkat hadir dengan dua pilihan warna Fluid Black dan Fantastic Purple, dan dibandrol dengan harga resmi Rp4.299.000.

Smartphone ini menggunakan perangkat keras bertenaga terbaik di kelas nya, yakni MediaTek Helio P95, sehingga mampu memulai aplikasi 30% lebih cepat, dan dipasangkan RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas hingga 256GB dengan menggunakan MicroSD.

Oppo Reno5 F juga dilengkapi dengan System Performance Optimizer yang bisa mengenali saat ponsel saat tidak digunakan atau diisi daya, secara otomatis akan mengoptimalkan sumber daya dengan membersihkan sampah, mendefragmentasi penyimpanan, membersihkan memori dan masih banyak lagi.

Kamera utama Oppo Reno5 F didukung 48MP Quad Camera, yang dilengkapi kamera sudut lebar 8MP, kamera makro 2MP serta kamera mono 2MP. Selain itu, Oppo juga melengkapi kamera depannya dengan resolusi 32MP guna menangkap swafoto lebih baik. Selain itu, tersemat juga beberapa fitur kamera menarik diantaranya meliputi: AI Color Portrait, Dynamic Bokeh, AI Beautification 2.0, dll.

Oppo Reno5 F juga mewarisi fitur fotografi dan videografi yang menjadi ciri khas lini seri Reno belakangan ini, seperti Dual-view Video, Monochrome Video, AI Scene Enhancement, dan Night Flare Portrait.

Dengan baterai kapasitas 4310mAh dengan teknologi pengisian daya 30W VOOC Flash Charge 4.0, mampu mengisi daya 5 menit untuk menonton YouTube selama 2,9 jam. Dengan kapasitas segitu, pengguna bisa memutar video online selama 16 jam hanya dengan melakukan sekali pengisian daya.

Berbagai teknologi hadir melengkapi Oppo Reno5 F terutama untuk memberikan waktu pemakaian yang lebih lama. Di antaranya meliputi: Smart Power Saving, Super Power Saving Mode, Super Nighttime Standby, dan Battery Guard.

Berkat ColorOS 11, Oppo Reno5 F juga menawarkan berbagai keunggulan pada sisi produktivitas melalui sistem operasi berbasis Android 11 ini. Diantaranya yakni meliputi: Nearby Sharing, Three-finger Translate yang berkolaborasi dengan Google Lens, Private Safe, HeyTap Cloud, App Lock, Screencast Privacy Shield, dll.

Oppo Reno5 F didesain sangat ramping dengan ketebalan bodi 7.8mm dan bobot hanya 172g dengan jenis layar AMOLED 6,43 inci, yang memiliki persentase screen-to-body 90,8%. Peranti ini hadir dengan tampilan lubang tunggal dengan menghadirkan tampilan layar smartphone yang lebih modern dibandingkan dengan model layar tetesan air dan In-Display Fingerprint 3.0 yang dapat membuka kunci perangkat dengan cepat.

Oppi Reno5 F juga dilengkapi dengan All-day AI Eye Comfort, Sunlight Screen, serta Moonlight Screen, dan AI Backlight.

Oppo Reno5 Marvel Edition

Sebagai edisi khusus Marvel, ponsel Reno5 ini mempunyai spesifikasi yang sama dengan varian regular. Perbedaannya, tentu saja, terletak pada penampakan perangkat. Handset yang dijual dengan mekanisme undangan ini dijual melalui situs e-dagang Tokopedia dengan harga Rp5.699.000

Oppo mengemas Reno5 Marvel Edition tampil secara spesial. Pada bagian penampang belakang, Oppo mendesain perangkat ini dengan mengabungkan berbagai karakter dan element dari seri Marvel Avengers kepada setiap aspek perangkat untuk menciptakan sebuah item koleksi bagi fans Marvel. Perpaduan warna hitam, abu-abu, perak dan merah memberikan kesan perangkat yang memiliki teknologi tinggi yang terinspirasi dari teknologi superhero Marvel. Pada bagian tengah, terdapat logo Avengers dan elemen perisai dari Captain America. Desain X pada bagian belakang dibuat berdasarkan logo dari Black Widow, sementara struktur sarang lebah terinspirasi dari pakaian yang dikenakan oleh para Avengers.

Masuk pada sisi operating system, yang juga menjadi bagian yang tidak lepas dari kustomisasi Oppo, pada jendela kunci layar terdapat logo yang merepresentasikan pakaian Avengers Quantum. Sementara untuk wallpaper kunci layar, Oppo menyediakan 6 karakter yang dapat digunakan mulai dari Iron-Man, Hulk, Black Widow, Thor hingga Hawkeye. Detail juga terdapat pada kustomisasi ikon utama dimana ikon telefon berdasarkan logo dan senjata sabuk dari direkur S.H.I.E.L.D, Nick Furry. Ikon kamera yang menjadi perlambang dari reaktor pada Iron-Man. Sementara ikon perpesanan melambangkan desain perisai yang digunakan Kapten America dan ikon browser yang menggambarkan pakain yang dikenakan Vision.

Spesifikasi lainnya termasuk 50W Flash Charge yang dapat mengisi penuh perangkat kurang dari satu jam. Dengan baterai 4310mAh, pengisian ini juga memiliki kompartibilitas dengan protokol pengisian VOOC 4.0, SuperVOOC, PD 2.0 dan Qualcomm Quick Charge 2.0.

Sistem kamera belakang menampilkan matriks quadcam 64MP dan kamera depan 44MP. Reno5 menawarkan 90Hz AMOLED Screen, desain ramping dan ringan, RAM 8GB dan penyimpanan 128GB yang masih dapat diperluas maksimal dengan kartu tambahan hingga 256GB, bersama dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G yang membuat sistem operasi ColorOS 11.1 dapat berjalan dengan mulus pada perangkat ini.

Oppo juga melengkapi perangkat ini dengan Near-Field-Communication (NFC) untuk mendukung fungsi aplikasi pembayaran digital secara nirkontak.

Xiaomi Mi 11

Melanjutkan seri flagship tahun lalu, Xiaomi Kembali menghadirkan perangkat unggulan untuk tahun 2021 di Indonesia. Xiaomi Mi 11 menjadi smartphone flagship pertama di Indonesia yang menggunakan chipset tercanggih Qualcomm Snapdragon 888. Mi 11 dibandrol dengan harga Rp9.999.000 (8GB + 256GB), dengan dua pilihan warna, yakni midnight gray dan horizon blue.

Dengan baterai 4600 mAh, Mi 11 mendukung teknologi pengisian daya cepat yang andal, 55W untuk pengisian daya dengan kabel, 50W dengan pengisian daya nirkabel, serta 10W untuk mengisi daya perangkat lain secara reverse charging.

Daftar spesifikasi lainnya termasuk layar WQHD Plus berukuran 6,81 inci, beresolusi 3.200×1.440 piksel, refresh rate 120Hz, HDR10 Plus, dan palet warna 10-bit.

Untuk ketahanan layarnya, Xiaomi menggunakan Corning Gorilla Glass Victus. Mi 11 sudah langsung menjalankan MIUI 12 berbasis Android 11 dan didukung dengan dual speaker yang sudah disetel secara khusus oleh tenaga ahli Harman/Kardon.

Untuk kapasitas penyimpanan, Xiaomi Mi 11 dibekali RAM 8GB dan memori internal sebesar 256GB.

Guna menyalurkan hobi fotografi, Mi 11 didukung kamera utama 108MP (f1.9), ultra-wide 13MP (f2.4), dan kamera telemakro 5M (f2.4). Pada Mi 11, Xiaomi juga memungkinkan pengguna untuk bisa memakai fitur Night Mode untuk beberapa lensa, seperti lensa utama, lensa ultra-wide, dan kamera depan.Sementara Xiaomi menyematkan kamera depan dengan resolusi 20MP untuk urusan selfie yang terletak di dalam punch hole di sisi kiri atas layar smartphone.

Untuk kemampuan Videografi Mi 11 dibekali pula dengan sejumlah fitur penunjang kebutuhan videografinya, seperti kehadiran beragam efek video hingga filter video sinematik. Mi 11 juga dibekali dengan teknologi voice isolation untuk membantu mengisolasi kebisingan di sekitar agar hasil audio lebih jernih saat melakukan pengambilan video.

Realme C21

Realme meluncurkan dua ponsel entry level pada Maret ini, yaitu C25 dan C21. Varian paling dasar Realme C21 mengandalkan prosesor gaming Helio G35.

Untuk harganya sendiri Realme C21 dijual dengan harga spesial Rp1.549.000 (3GB+32GB) sedangkan varian 4GB+64GB seharga Rp 1.999.000.

Yang menarik, realme C21 diklaim dilapisi material tangguh yang membuatnya lebih tahan banting. Karenanya gawai ini, bersama Realme C25, sudah mengantongi sertifikat TUV Rheinland High Reliability.

Ponsel mengusung layar IPS LCD yang memiliki ukuran 6,5 inci, dengan resolusi 720×1600 piksel dengan rasio 20:9.

Ketangguhan lainya pada sektor kamera, C21 memiliki pengaturan triple camera dengan rincian kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth 2MP. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 5MP.

Lalu pada dapur pacunya, performa C21 cukup Tangguh dengan ditenagai chipset MediaTek Helio G35 yang dipasangkan dengan opsi penyimpanan RAM 3/32GB dan 4/64GB.

Yang cukup menariknya lagi di sektor daya, karena perangkat terjangkau ini dibekali baterai bongsor berkapasitas 5.000mAh yang dipasangkan dengan fast charging 10W dan reverse charging. Fitur konektivitas yang dihadirkan yakni 4G, Dual SIM, slot Micro SD, sensor fingerprint di belakang, micro USB 2.0, hingga port jack headphone 3.5mm.

Realme C25

Untuk Realme C25 sendiri spesifikasinya ialah membawa layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi 720×1600 piksel dengan rasio 20:9. Pada bagian jepretanya C25 juga memiliki pengaturan triple kamera dengan rincian ketajaman yaitu kamera utama 48MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth 2MP. Sedangkan untuk kebutuhan selfie Anda dibekali lensa berresolusi 8MP.

Sementara dari sisi performa C25 ditenagai chipset MediaTek Helio G70 yang disokong dua pilihan memori. Pertama dengan RAM 4GB dan ROM 64GB. Kedua juga dengan RAM 4GB dan ROM 128GB. Lalu pada bagian baterainya ditanam kapasitas daya sebesar 6.000mAh yang dipasangkan dengan fast charging 10 W dan reverse charging. Fitur konektivitas yang dihadirkan yakni 4G, Dual SIM, slot Micro SD, sensor fingerprint di belakang, micro USB 2.0, hingga port jack headphone 3.5mm.

Realme C25 dijual dengan harga spesial Rp2.099.000(4GB+64GB) sementara Realme C25 dengan 4GB+128GB hadir dengan harga Rp2.499.000.

Realme Narzo 30A

Smartphone pertama Realme di tahun 2021 datang dari seri Narzo melalui 30A. Menghadirkan MediaTek Helio G85 di segmen entry-level, ponsel dijual seharga Rp1.899.000.

Berkat prosesor MediaTek Helio G85, perangkat memiliki clock speed hingga 2.0GHz dan grafis ARM Mali-G52, dan disandingkan dengan dukungan memori internal 4GB + 64GB.

Realme Narzo 30A memiliki mega baterai 6000mAh yang dapat bertahan selama 46 hari dalam mode siaga. Realme Narzo 30A mendukung 18W Quick Charge.

Dilengkapi dengan layar seluas 6,5 inci dengan rasio layar 20:9 dan rasio screen-to-body hingga 88,7%, Realme Narzo 30A memberikan bidang pandang yang lebih luas, memberikan pengalaman gaming.

Di departemen citra, ponsel dibekali kamera belakang ganda 13MP dengan lensa aperture besar f/2.2 untuk memberikan ekstra cahaya saat memotret di malam hari. Di bagian depan terdapat kamera selfie high-definition 8MP dengan AI Beauty dan Portrait Mode.

Realme Narzo 30A memiliki konfigurasi memori 4GB+64GB. Selain itu, Realme Narzo 30A juga dilengkapi dengan 3 slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD yang dapat ditambahkan hingga 256GB.

Nokia 5.4

Menjadi perangkat pertama Nokia di Indonesia untuk tahun ini, Nokia 5.4 menawarkan pembaharuan software Android versi terbaru selama 2 tahun, ditambah dengan janji 3 tahun update pembaruan keamanan dan 2 tahun peningkatan perangkat lunak secara berkala dari Google. Nokia 5.4 dijual seharga harga Rp3.599.000

Dari sisi spesifikasinya, perangkat ini mengusung layar IPS LCD 6,39 inch dengan resolusi HD+. Dan disektor layar ini 5.4 terasa sangat lega karena mengadopsi desain punch hole, sudut kiri atas yang membuat screen to body 81,9%.

Nah, guna untuk Nokia 5.4 ini sudah dibekali NFC dan menjalankan Android 10, dan dipastikan bakal mendapat Android 11. Bagi yang tertatik perangkat ini dijual dengan

Di sana pula terdapat kamera depan berukuran 16MP, sementara kamera di bagian belakang ada empat, komposisinya 48MP (wide), 5MP (ultra-wide), 2MP (makro) dan 2MP (depth).

Tak sampai disitu disektor kamera juga menawarkan kemampuan merekam gambar 1080p 60fps, dilengkapi fitur image stabilization dan Ozo audio, tools editing video dan colour grading.

Lalu perangkat ini dibekali chipset Snapdragon 662 dengan RAM 4GB. Sementara memori internalnya berkapasitas 64GB, yang dapat ditambahkan dengan microSD hingga 512GB.

Kemudian pada sektor dapur daya berkapasitas 4.000mAh yang bisa bertahan hingga dua hari, dan mendukung pengisian cepat 18W via port Type C.

Samsung Galaxy A32, A52, dan A72

Samsung resmi meluncurkan Galaxy A32, A52, dan A72 di Indonesia. Ketiganya memiliki keunggulan di sektor Camera, Screen, dan Performance. Terlebih lagi dengan IP67 water & dust resistance yang hadir pada Galaxy A52 dan A72, pengguna kini bisa mengekspresikan kreativitasnya tanpa batas.

Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 hadir dengan empat pilihan warna yaitu, Awesome Violet, Awesome Blue, Awesome Black, dan Awesome White.

Untuk harga, Samsung Galaxy A32 bisa dipesan dengan harga Rp3.599.000 (6/128GB) dan Rp3.799.000 (8/128GB). Samsung Galaxy A52 dijual seharga Rp4.999.000 (8/128GB) dan Rp5.399.000 (8/256GB), sedangkan Samsung Galaxy A72 dibanderol Rp5.999.000 (8/128GB) dan Rp6.399.000 (8/256GB).

Di dalam boks penjualan, konsumen yang membeli Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 juga akan mendapatkan: panduan pengguna (quick start guide), SIM Card ejector, charging cable USB Type-C, serta kepala charger (15W untuk Galaxy A32 dan 25W untuk Galaxy A52, dan A72).

Samsung Galaxy A52 dan A72 juga dilengkapi dengan sertifikasi IP67 yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi tanpa batas, tanpa khawatir dalam kondisi apa pun. Baik dalam kondisi basah, lembap, ataupun berdebu, tidak menjadi halangan bagi pengguna untuk menjalani beragam aktivitas seperti berolahraga, hingga membuat konten yang Awesome.

Artikel Terbaru