BerandaSelular CongressMerza Fachys dan Palson Yi Raih “Excellence in Performance” Di Ajang Selular...

Merza Fachys dan Palson Yi Raih “Excellence in Performance” Di Ajang Selular Award 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Selain katagori produk, layanan, dan teknologi, Selular Award yang pada tahun ini menginjak gelaran ke-18, juga menghadirkan penghargaan khusus, yaitu Excellence in Performance.

Penghargaan ini diberikan kepada para eksekutif yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan perusahaan, baik dari sisi kualitas produk, layanan prima kepada pelanggan, hingga peningkatan penjualan. Sehingga mampu mewarnai industri ICT secara keseluruhan.

Nah, pada penyelenggaraan Selular Award 2021, dua nama terkemuka didaulat sebagai pemenang Excellence in Performance. Keduanya adalah Direktur Utama Smarfren Telecom Merza Fachys dan Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi.

Merza dinilai sebagai eksekutif yang konsisten dan penuh dengan terobosan dalam membangun perusahaan. Sepanjang hampir empat dekade, pria berkumis ini berkecimpung di industri telekomunikasi nasional. Mulai dari era telepon tetap, jaringan satelit, analog dan digital, prabayar, sampai era media sosial, Merza selalu menjadi bagian dari evolusi industri telekomunikasi tanah air.

Karir alumnus Teknik Elektro ITB ini, merentang panjang sejak ia bergabung dengan PT INTI, berlanjur ke Siemens, Mobile-8, dan saat ini Smartfren Telecom. Merza menjadi saksi dari terus berkembangnya teknologi selular, mulai dari 2G, 3G, 4G, dan sekarang ini mulai menginjak 5G.

Merza juga menjadi figur sentral dibalik merger antara Mobile 8 dan Smart Telecom yang berhasil dirampungkan pada November 2011. Penyatuan kedua operator CDMA tersebut, menghasilkan Smartfren Telecom sebagai entitas baru.

Namun perjuangannya dalam mengembangkan layanan data tidak berhenti di situ. Perkembangan bisnis CDMA bak hidup segan mati tak mau. Agar bisa bersaing dengan operator GSM, maka Merza mengusulkan kepada pemegang saham untuk berinvestasi pada teknologi 4G LTE.

Seperti diketahui, Smartfren akhirnya menjadi operator pertama yang meluncurkan layanan 4G LTE di Indonesia pada 2015. Sejak saat itu, tumbuhlah Smartfren yang sekarang dikenal memiliki jaringan 100% 4G dan menjadi favorit pengguna data.

Setelah berhasil mengantarkan Smarfren sebagai operator 4G terkemuka di Indonesia, Merza kini menghadapi tantangan baru. Yaitu, menjadikan Smartfren sebagai operator ketiga 5G, setelah Telkomsel dan Indosat Ooredoo. Saat ini Smartfren telah berhasil melakukan uji coba teknologi 5G dan tengah bersiap mengajukan Uji Laik Operasional (ULO) untuk mengimplementasikan teknologi terbaru itu.

Game Changer

Berbeda dengan Merza, Palson Yi adalah sosok eksekutif yang terbilang baru di Tanah Air. Meski demikian, kiprah Palson di industri selular tak diragukan lagi. Ia merupakan sosok sentral dari pencapaian Realme yang terbilang sangat gemilang. Padahal, kehadiran Realme belum terlalu lama di Indonesia.

Merek smartphone asal China baru mengekspansi pasar Indonesia pada akhir tahun 2018. Namun hanya dalam waktu tiga tahun, Realme sudah sangat popular di kalangan anak muda, sehingga mampu meraih posisi lima besar merek smartphone di Indonesia. Tak ayal, pencapaian itu menahbiskan Realme sebagai “Game Changer”. Prestasi yang membanggakan, mengingat kompetisi antar vendor smartphone di Tanah Air terbilang sangat ketat.

Meski telah meraih posisi lima besar, namun Realme mengincar posisi lebih tinggi. Vendor yang sebelumnya merupakan sub brand Oppo itu, menargetkan bisa menempati posisi tiga teratas produk smartphone yang paling diminati di Indonesia pada tahun ini.

Seiring dengan tujuan menggapai posisi tiga besar di pasar Indonesia, Realme terus melakukan update teknologi dan desain premium untuk smartphone di segmen entry level yang selama ini mereka kuasai.

Selain itu, Realme rajin meluncurkan produk-produk baru, termasuk menghadirkan Realme 8 5G, smartphone yang diklaim paling terjangkau di kelas 5G. Meski terjangkau, namun Realme 8 5G sudah didukung prosesor terbaru dari MediaTek, Dimesity 700 yang mendukung pengalaman pengguna dalam mengakses layanan 5G.

Melalui Realme 8 5G, Palson menyebutkan bahwa Realme siap menjadi “5G Popularizer” yang menghadirkan smartphone 5G paling terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang untuk mengakselerasi teknologi 5G di Indonesia.

Artikel Terbaru