BerandaBuyer's GuideAudio Jernih, Intip 4 Rekomendasi TWS Oppo Untuk Mendengarkan Musik

Audio Jernih, Intip 4 Rekomendasi TWS Oppo Untuk Mendengarkan Musik

-

Jakarta, Selular.ID – Mendengarkan musik memang menjadi hobi bagi kebanyakan orang. Apalagi, jika menikmatinya dengan menggunakan headset, serasa dunia hanya milik sendiri. Lantunan syair pun seolah membuat diri kian nyaman kala menikmati musik.

Entah sembari berkerja, jogging, ataupun untuk pemancing rasa kantuk, dengan mendengarkan musik bisa menjadi jalan ninjanya. Berkat perangkat audio mini bernama True Wireless Stereo (TWS), kini menikmati musik dengan kualitas premium bisa secara mobile. Dan, Oppo menjadi salah satu brand yang rutin menghadirkan earbud TWS terbaik dengan menyuguhkan kualitas audio apik yang keren.

Jika Anda sedang memburu TWS dari kubu Oppo yang cocok digunakan untuk mendengarkan musik, berikut team Selular uraikan untuk Anda!

4 Rekomendasi TWS Oppo Untuk Mendengarkan Musik :

  • Oppo Enco X
  • Oppo Enco Free
  • Oppo Enco Air
  • Oppo Enco Buds

Baca juga:4 Rekomendasi TWS Oppo dengan Kualitas Audio Bass Tebal

1. Oppo Enco X

Rp2.199.000

Rekomendasi yang pertama yaitu Oppo Enco X. Earphone nirkable premium ini merupakan hasil pengembangan Oppo selama 15 tahun, dan disempurnakan melalui kolaborasi dengan Dynaudio, yang merupakan merek audio Hi-Fi premium di dunia.

Dengan mengusung desain ergonomis inovatif yang ringan, Oppo Enco X memiliki bobot 4,8 gram, dengan disertai kemasan compact charging case berbahan aluminium yang kokoh dan desain ramping nan elegan.

Guna menghadirkan audio yang presisi secara digital, Oppo mengeksplorasi 30 jenis material berbeda dan 152 komponen, serta melalui 120 modifikasi struktural sebelum akhirnya memutuskan struktur akustik final yang unik untuk Oppo Enco X, yaitu kombinasi driver membran yang seimbang dengan driver dinamis yang dibuat dengan struktur koaksial khusus.

Selain itu, Oppo turut menyematkan Dynamic Bass Enhancement Engine (DBEE) 3.0 Sound System yang mampu meningkatkan kejernihan suara, terutama pada frekuensi bass-nya secara signifikan. DBEE ini telah dikembangkan selama 13 tahun.

Enco X juga menggunakan Coaxial Dual-Driver Design yang umumnya hanya ditemukan dalam produk audio high-end, dimana dua buah speaker terpasang guna menjaga keseimbangan antara frekuensi audio high dan mid-to-low.

Pada bagian depan, unit speaker yang lebih kecil menggunakan Magnetically Balanced Membrane Driver untuk menjaga kualitas suara pada frekuensi tinggi agar memiliki audio resolution yang jernih.

Sedangkan di bagian belakang, Enco X mengadopsi Dynamic Driver berukuran lebih besar dengan triple layer design untuk frekuensi audio menengah dan rendah, serta menambah power pada suara bass-nya.

Lewat konektivitas Bluetooth, Oppo Enco X diklaim mampu mendukung proses streaming audio dalam resolusi lebih tinggi, serta dapat memberikan range suara yang lebih detail. Earphone nirkable yang hadir dengan dua varian warna ini yaitu black and white, juga memiliki keunggulan berupa dua opsi peredam kebisingan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yakni Max Noise Cancellation Mode dan Noise Cancellation Mode.

2. Oppo Enco Free

Rp1.599.000

Rekomendasi yang kedua jatuh pada Oppo Enco Free. Earphone nirkable yang memiliki driver berukuran 13,4mm ini, menjanjikan bass yang lebih dinamis. Tersedia juga fitur AI noise reduction yang bisa mereduksi gangguan suara dari luar. Juga, TWS ini sudah dilengkapi dengan IPX4 untuk ketahanan terhadap air.

Selain itu, Oppo juga membekali dua eartips cadangan berukuran M dan L yang bisa diganti kapan pun. Pada ujung bawah earphone, terdapat mikrofon utama. Sedangkan pada sisi atas, tersemat mikrofon sekunder. Fitur yang cukup menarik ialah touch control (kontrol sentuh) yang terletak pada earphone sebelah kiri. Touch control ini ditandai oleh sebuah garis bewarna abu-abu. Sebagaimana namanya, pengguna bisa mengontrol volume dengan mengusap area garis abu-abu itu ke atas guna menaikkan volume suara dan mengusap ke bawah untuk mengecilkannya.

Lebih lanjut, di bagian dapur dayanya, TWS ini dibekali baterai berkapasitas 31 mAh dengan casing-nya yang mengemas baterai berkapasitas 410 mAh. Baterainya pun bisa diisi melalui port USB type C yang berada di sisi bawah. Oppo jug mengklaim bahwa dengan volume 50 persen, earphone ini bisa digunakan selama lima jam dalam sekali isi daya. Sementara untuk casingnya, ia mampu bertahan selama 25 jam dalam sekali charge.

3. Oppo Enco Air

Rp999.000

Selanjutnya, ada Oppo Enco Air. Earbud nirkable ini merupakan generasi kedua dari TWS perusahaan di kelas high-end, setelah Oppo Enco W51. Berkat pengujian yang dilakukan oleh TUV Rheinland dan sudah di-tuning oleh Oppo Digital, kualitas kinerja tinggi pada Oppo Enco Air ini lebih baik dari generasi sebelumnya. Selain itu, TWS ini turut serta membawa teknologi Active Noise Cancellation atau ANC (pada W51 sebatas Noise Cancellation).

TWS besutan Oppo yang hadir dalam dua opsi warna yaitu misty white dan misty black ini, mengusung desain ergonomis yang dibuat untuk memaksimalkan pengalaman pengguna. Desain semi-in-ear telah teruji dan dibentuk agar sesuai dengan lekukan alami telinga manusia dengan nyaman. Bobot satu Earphone hanya 3,75 gram.

Lalu, berkat sertifikasi IPX4, pengguna tak perlu khawatir jika Oppo Enco Air True Wireless tidak sengaja terciprat oleh air. Oppo Enco Air True Wireless Earphone juga dirancang untuk penggunaan streaming sepanjang hari, sehingga dapat bertahan hingga 4 jam jika digunakan berkelanjutan. Saat digunakan dengan casing pengisi daya, pengguna dapat menikmati musik hingga 24 jam.

Dengan menggunakan 12 mm composite titanium dynamic driver, casing kubah Earphone terdiri dari polyethylene naphthalate (PEN) berlapis titanium, sejenis poliester yang dikenal sebagai penghalang oksigen yang sangat baik yang dapat secara efektif menekan getaran tersegmentasi dan meningkatkan transien audio.

Sedangkan untuk tepi driver, terbuat dari polyurethane (PU) yang ringan dan tahan lama yang akan meningkatkan jangkauan bass dinamis serta mempertahankan suara yang halus dan alami. Berkat perpaduan bahan ini, Oppo Enco Air True Wireless Earphone memberikan audio yang sangat seimbang, menghadirkan bass yang kaya dan tebal serta nada midrange dan treble yang jernih.

Oppo Enco Air True Wireless Earphone dibuat dengan tuning dari tim R&D Teknologi Blu-ray Oppo yang memiliki pengalaman selama 16 tahun di dunia audio – visual. Untuk format audio, Oppo Enco Air True Wireless Earphone mendukung pengkodean definisi tinggi dan subband codec (SBC). Kemampuan pengkodean AAC yang sangat tinggi memberikan hampir setiap detail pada suara.

Kemudian, TWS Oppo Enco Air juga mengadopsi teknologi beamforming mikrofon ganda yang dimana pada setiap Earphone memiliki dua mikrofon internal yang sangat sensitif untuk meningkatkan fokus dan kejernihan vocal

Tersedia juga algoritma AI intensif yang memanfaatkan DNN untuk meredam kebisingan. Algoritma peredam bising pintar ini merangsang pendengaran binaural manusia untuk membedakan dan memisahkan suara manusia serta kebisingan latar belakang secara real-time.

4. Oppo Enco Buds

Rp599.000

Rekomendasi yang terakhir yaitu Oppo Enco Buds. TWS Oppo yang tersedia dalam balutan warna tunggal putih ini diklaim mampu mengantarkan musik sepanjang hari dengan daya tahan baterai yang tahan lama. Serta, sebagai earbud nirkabel sejati, koneksi nirkabel sangat stabil dan memungkinkan pengguna berada 10 meter dari ponsel saat sedang menelepon.

TWS Oppo yang satu ini juga memiliki fitur peredam bising berbasis model DNN yang cerdas, yang menggunakan algoritma cerdas untuk membedakan suara manusia dari kebisingan latar belakang saat pengguna sedang menelepon.

Juga, Oppo Enco Buds tidak hanya ideal untuk panggilan telepon, tetapi juga memberikan kualitas suara yang luar biasa saat mendengarkan musik dengan koil bergerak 8 mm dan dukungan untuk pengkodean audio AAC. Mari kita ulas lebih dalam.

Tak usah diragukan, kualitas suara Enco Buds sesuai harapan penikmat musik. Oppo Enco Buds hadir dengan koil bergerak 8 mm. Secara umum, semakin besar ukuran koil bergerak, semakin baik kinerja frekuensi rendah, memungkinkan bass yang lebih dalam.

Oppo Enco Buds juga mendukung AAC (Advanced Audio Coding), protokol transmisi audio definisi tinggi dengan tingkat pengkodean audio tinggi yang mempertahankan lebih banyak detail suara untuk kualitas suara yang lebih baik.

Alih-alih mengutak-atik earbud untuk mengaktifkannya, Oppo Enco Buds bisa secara otomatis menyala sendiri hanya dengan membuka casing pengisi daya. Saat menghubungkan earbuds dengan ponsel pintar untuk pertama kalinya, jendela pop-up tersedia pada model ponsel dan sistem operasi Oppo ColorOS 11.0. Model lain akan didukung setelah pembaruan OTA.

Saat keluar rumah, kita membutuhkan peralatan audio yang memungkinkan kita berkeringat tanpa khawatir rusak. Oppo Enco Buds memiliki IP54 tahan air untuk tahan terhadap gerimis.

So, dari keempat TWS Oppo di atas, manakah yang menjadi favorit kalian untuk mendengarkan musik?

Tonton juga video di bawah ini :

Artikel Terbaru