BerandaNewsApakah Peralihan Google Dari APK Mempengaruhi Huawei

Apakah Peralihan Google Dari APK Mempengaruhi Huawei

-

Jakarta, Selular.ID – Beberapa minggu lalu Google mengumumkan perubahan mendasar pada Android bahwa Android App Bundle (AAB) akan menggantikan format APK. Semua aplikasi baru yang dikirimkan ke Play Store mulai Agustus mendatang harus menggunakan format baru, meskipun aplikasi yang sudah ada dapat terus menggunakan APK untuk saat ini.

Bagaimana Huawei dan platform Harmony OS, mendukung APK untuk menjalankan aplikasi Android. Melalui eksekutif Huawei Wang Chenglu mengatakan kepada outlet Global Times yang berafiliasi dengan negara bahwa format baru tidak akan mempengaruhi pengalaman pengguna Harmony OS atau menghambat pengembangan.

“Format AAB pada dasarnya mirip dengan Layanan Atom Harmony,” kata Chenglu kepada outlet tersebut.

Perusahaan sebelumnya menggambarkan Layanan Atom sebagai aplikasi pengguna yang berorientasi masa depan di Harmony OS yang bebas instalasi dan menyediakan fungsi tertentu.

Tidak jelas apakah platform Harmony OS dan HMS/Android Huawei mendukung Android App Bundle, meskipun dokumentasi tampaknya menunjukkan bahwa Galeri Aplikasi mendukung format tersebut.

Namun demikian, sepertinya format baru dapat membuat hidup sedikit lebih sulit untuk toko aplikasi dan repositori pihak ketiga lainnya juga. Pengembang perlu mengekspor bundel aplikasi mereka secara manual sebagai APK jika mereka ingin aplikasi mereka muncul di toko alternatif.

Ini adalah pedang bermata dua, karena pengembang mendapatkan kontrol lebih besar atas di mana aplikasi mereka muncul, tetapi itu menimbulkan sedikit gesekan jika anda ingin mendukung lebih dari sekadar Play Store.

Artikel Terbaru