BerandaTips5 Panduan Menggunakan Asisten Google

5 Panduan Menggunakan Asisten Google

-

Jakarta, Selular.ID – Lebih dari 500 juta pengguna aktif, Google Asisten mungkin menjadi adalah asisten virtual paling populer di dunia. Sementara Google telah menambahkan lusinan fitur dan kemampuan unik ke Asisten selama beberapa tahun terakhir, banyak yang tersembunyi di bawah permukaan atau tidak terlalu terkenal.

Untuk itu, berikut adalah lima tips dan trik yang akan membantu anda memaksimalkan Google Asisten.

Akses daftar belanja bawaan

Google Asisten menyertakan daftar belanja praktis yang dapat dibagikan dengan seluruh keluarga anda. Menyerahkan daftar belanja anda ke asisten hands-free juga bisa sangat berguna saat anda berada di dapur dan tangan anda sudah sibuk.

Baik anda memiliki ponsel atau speaker pintar di dekat anda, panggil Google Asisten dan ucapkan “tambahkan susu dan telur ke daftar belanja saya” atau “hapus kopi dari daftar belanja”.

Bagian terbaik tentang fitur ini adalah daftar belanja disinkronkan secara otomatis ke akun Google anda. Ini berarti anda dapat mengaksesnya kapan saja dengan mengunjungi halaman Daftar Belanja Google bahkan di desktop.

Untuk membagikan daftar tersebut dengan keluarga anda atau anggota keluarga lainnya, klik tautan yang bertuliskan, “tambahkan kolaborator.”

Jadwalkan smarthome anda dengan perintah berjangka waktu

Google menawarkan banyak cara untuk menghidupkan dan mematikan perangkat smart home anda, mulai dari pintasan menu daya Android hingga rutinitas khusus. Namun, jika anda ingin mengatur waktu atau menjadwalkan operasinya, pertimbangkan untuk menggunakan Asisten.

Cukup beri tahu Asisten untuk “menyalakan lampu ruang tamu dalam 15 menit” atau “mematikan AC saat matahari terbenam” untuk menunda kontrol smart home di masa mendatang.

Bahkan anda dapat mengambil satu langkah lebih jauh dengan menyalakan atau mematikan perangkat untuk jangka waktu tertentu. Misalnya, katakan “nyalakan pemanas selama 30 menit” dan lihat pemanas menyala tepat setengah jam.

Jika anda memiliki speaker atau layar pintar, anda juga dapat menggunakan perintah yang sama untuk mengatur waktu tindakan lain, termasuk suara tidur. Coba “Ok Google, putar white noise selama tiga puluh menit” untuk mencegah suara diputar sepanjang malam.

Ajukan pertanyaan berdasarkan konteks layar anda

Salah satu fitur keren yang ada di Google Asisten adalah kemampuannya untuk menafsirkan konteks berdasarkan konten layar anda. Jika anda pernah menemukan tweet atau percakapan yang memerlukan informasi tambahan, cukup buka Asisten dan ajukan pertanyaan.

Berikut ini contohnya “Saya meminta informasi harga kepada Google Asisten tanpa menentukan produk”. Meskipun demikian, ia berhasil menyimpulkan bahwa sedang mencari sesuatu namun tidak berfokus hanya satu saja melainkan banyak hasil pencarian.

Meskipun eksekusinya tidak sempurna namun Google Asisten mempermudah pekerjaan anda, mudah untuk melihat bagaimana fitur ini dapat berguna.

Memicu rutinitas di samping alarm pagi anda

Rutinitas menawarkan cara cepat dan mudah untuk menjalankan beberapa perintah Google Asisten sekaligus. Meskipun anda biasanya mengaktifkan rutinitas dari perintah suara atau pada waktu tertentu setiap hari, anda juga dapat memicunya di samping alarm anda.

Tergantung pada smartphone anda, mungkin harus mengunduh aplikasi Jam Google dari Play Store. Dengan asumsi anda sudah menginstal aplikasi, buat alarm baru dan ketuk tombol “Google Assistant Routine +”.

Layar berikut akan meminta anda untuk mengatur rutinitas. Selain perintah biasa seperti membacakan kalender dan kondisi cuaca saat ini, anda juga dapat mengonfigurasi Asisten untuk mengontrol perangkat smart home.

Sebagai contoh, anda dapat menjadwalkan tindakan khusus setelah alarm berbunyi dengan menambahkan perintah berikut “Nyalakan pembuat kopi setelah lima menit.”

Baca halaman web apa pun dengan keras

Suka membaca berita tetapi tidak suka melihat kekacauan visual dan gangguan lain di internet Google Asisten dapat membacakan hampir semua artikel di internet baik itu dari publikasi mapan atau blog kecil-kecilan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka artikel seperti ini di browser web. Kemudian, buka Asisten dan ucapkan “baca artikel ini” atau “baca halaman ini”.

Satu atau dua detik pemrosesan kemudian, secara otomatis akan mulai memutar versi buku audio dari halaman web. Pada titik ini, anda dapat mengunci ponsel anda, dan Asisten akan terus berbicara di latar belakang. Fitur ini bahkan menyertakan kontrol pemutaran jika anda ingin mempercepat, memundurkan, atau menyempurnakan kecepatan narasi.

Sedikit catatan saat pertama kali anda mencoba perintah ini, aplikasi Google mungkin meminta anda untuk mengizinkannya membaca apa yang ada di layar anda.

Artikel Terbaru