spot_img
BerandaNewsFeatureFind X3 Pro 5G: Senjata Baru Oppo Menggempur Pasar Smartphone Premium

Find X3 Pro 5G: Senjata Baru Oppo Menggempur Pasar Smartphone Premium

-

Jakarta, Selular.ID – Awal Juni ini, Oppo kembali menggebrak pasar smartphone Indonesia. Vendor yang kini merupakan penguasa pasar ponsel Indonesia itu, resmi meluncurkan Find X3 Pro 5G. Smartphone flagship bertema luar angkasa itu sudah bisa dipesan oleh pencinta Oppo. Dibandrol seharga Rp15.999.000, konsumen perlu bergegas karena dijual dalam unit terbatas.

Peluncuran Find X3 Pro 5G di Tanah Air berselang kurang lebih tiga bulan sejak peluncuran global pada Maret 2021 lalu, termasuk pasar China. Oppo terbilang brand yang mampu mempersempit jarak peluncuran antara global dengan pasar domestik, rata-rata maksimal 1 hingga 3 bulan. 

Hal ini menjadi nilai lebih bagi Oppo. Karena konsumen di Indonesia tak perlu menunggu lama untuk menikmati smartphone berdesain futuristik yang sudah banyak diulas sebelumnya di berbagai media mainstream, media sosial, maupun situs video sharing.

Sebagai suksesor dari varian Find X2 Pro yang diperkenalkan pada tahun lalu, Find X3 Pro 5G tentu menawarkan spesifikasi lebih tinggi. Menurut Patrick Owen, CCO Oppo Indonesia, Oppo Find X3 Pro 5G, merupakan smartphone flagship dengan full path color management system pertama di dunia dan one billion colour dual primary cameras yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil foto atau video senyata warna aslinya. Smartphone ini juga dilengkapi perlengkapan gaming mutakhir yang menawarkan sensasi berbeda dibandingkan smartphone lain di segmen yang sama. 

Melenggangnya Find X3 Pro 5G memang terbilang tepat, selain memperkuat posisi Oppo di segmen high end, kehadirannya berselang tak lama setelah Telkomsel meluncurkan layanan 5G pertama di Indonesia. Seperti diketahui, operator terbesar di Indonesia itu, resmi memperkenalkan layanan 5G pada 27 Mei 2021. 

Hal ini bisa dijadikan momentum bagi Oppo untuk mendorong penjualan Find X3 Pro 5G. Apalagi Oppo telah menyematkan Qualcomm Snapdragon 888, prosesor tercanggih saat ini untuk mengakses layanan 5G. Selain itu, Find X3 Pro 5G telah dilengkapi GPU Adreno 660 yang diklaim mampu membuat konsumsi daya lebih rendah dan masa pakai baterai lebih lama.

Di sisi lain, guna mendongkrak popularitas Find X3 Pro 5G, Oppo telah menggaet aktor papan atas Indonesia, Nicholas Saputra. Sebagai brand ambassador, aktor yang telah meraih banyak penghargaan bergengsi itu,  dinilai sebagai pribadi yang mampu membawa warna baru dan kuat bagi Oppo Indonesia, terutama dalam mengoptimalkan keunggulan fitur-fitur Oppo Find X3 Pro 5G.

Pasar yang Seksi

Dengan segala spesifikasi yang terbilang mumpuni dan dukungan Nicholas Saputra sebagai brand ambassador, Find X3 Pro 5G memiliki kesempatan untuk mencuri pasar di segmen premium yang selama ini masih dikuasai oleh dua brand yang sudah kelotokan, Samsung dan Apple (iPhone). 

Samsung sendiri mengklaim masih menguasai 66% pasar smartphone premium di Tanah Air pada kuartal kedua 2019. Sementara Apple, meski memiliki market share di bawah Samsung, namun memiliki konsumen yang fanatik. Padahal harga iPhone dilego lebih mahal dibanding merek lain.

Menurut Counterpoint Technology Market Research, pasar segmen premium terbilang seksi. Counterpoint menemukan fakta bahwa konsumen bersedia untuk menghabiskan biaya lebih banyak untuk ponsel mereka dengan harapan bisa mempertahankannya lebih lama (masa pakai). 

Dengan animo yang terus membesar, lembaga riset yang berbasis di Hong Kong itu, memprediksi smartphone premium dengan harga lebih dari Rp 9 juta – diperkirakan tumbuh sebesar 48% pada 2020. 

Di Indonesia sendiri, Counterpoint memperkirakan pasar smartphone segmen premium akan tumbuh secara gradual. 

“Segmen premium di Indonesia masih dalam tahap awal, memberikan kontribusi hanya 6% ke pasar berdasarkan volume. Ini masih rendah jika dibandingkan dengan pasar seperti AS dan China, di mana segmen premium masing-masing menyumbang 50% dan 22%, ” kata Tarun Pathak, Associate Director Counterpoint Research.

Meski masih terbilang kecil, meningkatnya awareness terhadap smartphone premium ditambah dengan membaiknya daya beli sebagian konsumen Indonesia, membuat Oppo yang sebelumnya sudah menguasai pasar menengah, bernafsu menggusur Samsung dan Apple di pasar high end. Apalagi segmen ini menawarkan margin keuntungan lebih tinggi.

Tengok saja pencapaian Apple. Meski penjualan Apple sering kali turun naik, namun keuntungan yang didapat vendor yang berbasis di Cupertino, California itu, justru meningkat. Counterpoint merilis data tentang keuntungan yang dihasilkan industri smartphone sepanjang kuartal ketiga 2017.

Apple mendapatkan keuntungan lebih dari US$ 150 per iPhone yang dijual. Riset Counterpoint mencatat keuntungan per unit iPhone hampir lima kali lebih tinggi dibandingkan Samsung. Keuntungan Samsung per unit adalah US$ 31. Sedangkan empat vendor China yaitu Huawei mendapatkan keuntungan per unit US$ 51, Oppo US$ 14, Vivo US$ 13 dan Xiaomi US$ 2.

Dengan animo yang semakin meningkat dan margin keuntungan yang lebih tinggi, Counterpoint memprediksi pertumbuhan smartphone premium akan terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang. Tumbuh sekitar 10% berkat kedatangan perangkat 5G dan ponsel lipat serta munculnya segmen premium dengan harga terjangkau. 

Semuanya menawarkan beragam fitur keren, seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), tiga hingga empat kamera, tampilan layar penuh (full screen), batere besar, pengisian daya cepat, dan konfigurasi memori yang lebih besar.

Tak salah jika Oppo terus memborbardir pasar dengan varian baru. Termasuk varian Find X3 Pro 5G yang belum ini diluncurkan di Indonesia. Dengan segala kelebihannya, jagoan baru Oppo itu berpotensi menjadi “game changer” di segmen premium.

Nah, sudahkah Anda membeli Find X3 Pro 5G?

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru