spot_img
BerandaTipsBagaimana Cara Menghapus Akun Facebook

Bagaimana Cara Menghapus Akun Facebook

-

Jakarta, Selular.ID – Sepuluh tahun lalu facebook menjadi media sosial cukup populer di kalangan masyarakat sebagai alat untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, tetapi bagi banyak orang, namu permasalahan bermula pada gangguan iklan terus-menerus, praktik iklan yang meragukan, dan isu tentang kebocoran data.

Jika Anda tidak lagi menganggap raksasa media sosial itu berguna atau menarik, cukup mudah untuk menghapus Facebook. Perlu diperhatikan bahwa prosesnya dapat memakan waktu hingga 90 hari, dan anda dapat mengunduh cadangan dari semua pos dan pesan anda. Tentu saja, jika itu sedikit ekstrem dan anda hanya ingin istirahat sejenak, anda juga memiliki opsi untuk menonaktifkan sementara akun Facebook anda.

Cara menonaktifkan akun Facebook

Jika tidak ingin menghapus Facebook karena takut menyesali keputusan nanti, anda dapat menonaktifkannya. Menonaktifkan akun Facebook akan membuatnya tampak seolah-olah telah dihapus, dengan semua konten menghilang dari situs publik.

Perbedaan utama antara menghapus akun Facebook dan menonaktifkannya adalah dapat dibalik. Jika sewaktu-waktu ingin memutuskan untuk kembali ke platform, anda dapat mengaktifkannya kembali kapan saja untuk memulihkan teman, kiriman, dan gambar. Perbedaan besar lainnya adalah akun Messenger akan tetap aktif, dan perlu dinonaktifkan secara terpisah.

Cara menonaktifkan Facebook:

  1. Masuk ke akun Facebook anda.
  2. Klik panah di kanan atas.
  3. Tekan Pengaturan & privasi.
  4. Pilih Pengaturan.
  5. Pilih Informasi Facebook anda dari menu kiri.
  6. Klik Deaktivasi dan Penghapusan.
  7. Pilih Nonaktifkan Akun, lalu Lanjutkan ke Penonaktifan Akun.
  8. Ikuti instruksi untuk mengkonfirmasi penonaktifan.

Profil anda akan segera hilang dari Facebook, tetapi beberapa pesan anda, seperti yang diposting di dinding teman, akan tetap terlihat. Teman-teman anda yang sudah ada juga akan tetap melihat nama anda di daftar teman mereka, dan orang-orang masih dapat mencari anda untuk mengirimi anda pesan melalui Messenger.

Jika anda memutuskan untuk mengaktifkan kembali akun anda, yang perlu anda lakukan hanyalah masuk kembali di perangkat apa pun. Jika tidak, anda mendapatkan sebagian besar keuntungan dari menghapus Facebook tanpa harus benar-benar menghapusnya.

Cara mengunduh cadangan data Facebook

Masih tegas dengan keputusan untuk menghapus Facebook dari hidup anda, namun harus meluangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan semua konten yang telah anda tempatkan di platform selama bertahun-tahun. Setelah anda menekan hapus, semua gambar, catatan, pembaruan status, dan lainnya akan hilang selamanya. Jika tidak yakin apa itu, anda dapat memeriksa daftar lengkapnya di halaman Informasi anda.

Kabar baiknya adalah tidak perlu membiarkan hal itu menghentikan anda. Facebook memudahkan untuk mengunduh cadangan semua data anda. Ini ada di bagian yang sama dengan opsi untuk menonaktifkan atau menghapus akun Anda.

Cara mengunduh data Facebook:

  1. Masuk ke akun Facebook anda.
  2. Klik panah di kanan atas.
  3. Tekan Pengaturan & privasi.
  4. Pilih Pengaturan.
  5. Pilih Informasi Facebook anda dari menu kiri.
  6. Temukan Download Informasi anda dan klik view.
  7. Pilih tanggal, tipe data, dan format, lalu klik Buat File.
  8. Setelah file siap, anda akan menerima notifikasi dan dapat mendownload file tersebut.

Berapa lama prosesnya tergantung pada seberapa banyak data yang anda miliki di Facebook, dan jenis data apa yang anda coba ekstrak. Ini bisa memakan waktu mulai dari beberapa detik hingga berjam-jam, tetapi anda dapat mengunduh file yang sudah selesai di sejumlah perangkat.

Perhatikan bahwa file tersebut kadaluarsa beberapa hari setelah anda memintanya, jadi pastikan untuk mendownloadnya sebelum anda lupa. Jika anda lupa, cukup ulangi proses untuk membuat file baru.

Cara menghapus akun Facebook secara permanen

Jika sudah merasa tidak nyaman dengan platform ini dan ingin menghapus Facebook dari kehidupan anda sepenuhnya, prosesnya tidak jauh berbeda. Selain itu, anda tidak perlu lagi khawatir tentang menghapus Messenger secara terpisah, karena prosesnya yang sederhana menangani keduanya secara bersamaan.

Perlu diingat bahwa diperlukan waktu hingga 90 hari untuk menghapus informasi anda dari server Facebook, meskipun tidak akan dapat diakses oleh pengguna selama waktu itu. Selain itu, anda tidak lagi dapat menggunakan akun Facebook anda untuk masuk ke layanan lain, seperti Pinterest, Spotify, atau sejumlah game.

Cara menghapus akun Facebook:

  1. Masuk ke akun Facebook anda.
  2. Klik panah di kanan atas.
  3. Tekan Pengaturan & privasi.
  4. Pilih Pengaturan.
  5. Pilih Informasi Facebook anda.
  6. Klik Deaktivasi dan Penghapusan.
  7. Pilih Hapus Akun Secara Permanen, lalu Lanjutkan ke Penghapusan Akun.
  8. Klik Hapus Akun, masukkan kata sandi anda, lalu klik Lanjutkan.

Jika berubah pikiran, anda dapat membatalkan proses dengan masuk ke akun anda dalam waktu 30 hari dan mengklik Batalkan Penghapusan. Jika tidak, informasi anda akan dihapus dari Facebook dalam waktu 90 hari. Namun, beberapa informasi mungkin tetap ada di server cadangan, dan Facebook mungkin menyimpan beberapa informasi untuk tujuan hukum.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru