Beranda Buyer's Guide Rekomendasi 7 Perangkat IoT Oppo Terkini

Rekomendasi 7 Perangkat IoT Oppo Terkini

-

Jakarta, Selular.ID – Selain smartphone, produk Internet of Things (IoT) Oppo juga sangat terdepan. Beberapa produk yang wearable ini rata-rata memang disamatkan dengan teknologi plus fitur kekinian.

Yang menarik juga selain canggih, produk IoT dari Oppo ini juga dibandrol dengan harga yang lumyan bersaing, enggak percaya? Simak berikut ulasanya.

Oppo Enco Q1

Produk headphone yang diberi nama Enco Q1 ini dibenamkan teknologi active noise cancellation. Masing-masing earphone punya unit dynamic driver dengan diafragma komposit 11,8 mm.

Selain mendukung format AAC, Enco Q1 juga memiliki tiga mode audio 3D yang imersif serta tuning audio yang dikembangkan oleh sebuah tim akustik khusus. Menggunakan fitur ini, pengguna dapat menikmati musik, game, dan video dengan kualitas terbaik di lingkungan apa pun.

Baca juga: Raih Skor Tinggi AnTuTu Benchmark, Ini Fitur Andalan Oppo Find X3 Pro

Headphone yang kini dibandrol Rp1.599.000 ini sudah memakai port pengisian USB-C. kemduian masa pakainya pun terbilang sangat awet, dengan mampu bertahan hingga 15 jam saat memainkan audio dengan mengaktifkan fitur active noise cancelation (ANC). Sementara jika fitur tersebut tidak aktif, Enco Q1 dapat bertahan 22 jam.

Oppo Enco Free

Nah, untuk produk satu ini merupakan earphone true wireless stereo (TWS), Enco Free ini kini dijual resmi 1.599.000. perangakt ini memiliki driver berukuran 13,4mm dan menjanjikan bass lebih dinamis. Oppo turut melengkapi TWS anyarnya dengan AI noise reduction yang bisa mereduksi gangguan suara dari luar. TWS ini juga sudah dilengkapi dengan IPX4 untuk ketahanan terhadap air.

Selain itu, Oppo juga membekali dua eartips cadangan berukuran M dan L yang bisa diganti-ganti kapan pun. Di ujung bawah earphone terdapat mikrofon utama sementara di sisi atas terdapat mikrofon sekunder. Fitur yang cukup menarik adalah touch control (kontrol sentuh) di earphone sebelah kiri. Touch control ini ditandai oleh sebuah garis bewarna abu-abu. Sebagaimana namanya, pengguna bisa mengontrol volume dengan mengusap area garis abu-abu itu ke atas untuk menaikkan volume suara dan mengusap ke bawah untuk mengecilkannya.

Pada bagian dapur dayanya TWS ini dibekali baterai berkapasitas 31 mAh sementara casing-nya memiliki baterai berkapasitas 410 mAh. Baterainya bisa diisi melalui port USB type C yang berada di sisi bawah. Oppo mengklaim, dengan volume 50 persen, earphone bisa digunakan selama lima jam dalam sekali isi daya. Sementara casing bisa bertahan 25 jam dalam sekali charge.

Oppo Enco M31

Enco M31 merupakan earphone nirkabel dengan tipe neckband, dikalungkan di leher, diklaim memiliki audio resolusi tinggi. Earphone ini memiliki sertifikasi HI-Res Wireless, Bluetooth 5.0 dan LDAC yang memungkinkan kecepatan transmisi hingga 990 kbps. Audio di perangkat ini juga didukung dengan driver 9,2mm full-range, diafragma komposit titanium PET dan ruang bass yang independen.

Baca juga: Xiaomi dan Oppo Garap Chip 5G Sendiri

Perangkat ini memiliki teknologi dual composite thermoplastic polyurethanes (TPU) dan diafragma graphene untuk meningkatkan respons frekuensi. OPPO memberikan dua mode audio pada earphone Enco W31, yaitu mode audio untuk musik pop dan klasik yang meratakan audio di seluruh rentang frekuensi dan mode untuk musik rock dan EDM yang memakai bass untuk meningkatkan frekuensi rendah.

Selain itu Enco M31 juga dilengkapi dengan algoritme kecerdasan buatan untuk mengurangi kebisingan latar selama panggilan. Bagi yang tertarik perangkat ini dijual seharga Rp599.000.

Oppo Enco W11

Salah satu keunggulan dari Enco W11 adalah daya tahan baterainya yang diklaim bisa bertahan maksimal 20 jam dalam mode standby. TWS ini disebut bisa digunakan selama 5 jam untuk mendengarkan musik terus-menerus.

Pengguna dijanjikan bisa menikmati musik selama 1 jam dengan Enco W11, hanya dengan mengecas dalam waktu 15 menit saja. TWS ini juga mengantongi sertifikasi IP55 yang melindunginya dari debu dan air.

Oppo juga menyematkan algoritma khusus untuk mereduksi noise. Enco W11 dilengkapi pula dengan bluetooth versi 5.0 dan port USB C pada casing. Enco W11 memiliki beberapa fitur seperti touch control yang memudahkan pengguna mengatur audio dengan satu ketukan. Cukup satu tap bisa memutar atau menghentikan musik, bisa sisi earbud kanan maupun kiri.

Sementara untuk mengeraskan suara, bisa dilakukan dengan mengetuk lalu menahan earbud sisi kanan. Selain itu, pengguna juga bisa memindahkan daftar lagu, dengan ketuk dua kali pada earbud kiri untuk memutar ulang lagu terakhir. Jika ingin memutar daftar lagu berikutnya, cukup tap dua kali earbud sebelah kanan. Bagi Anda yang tertarik kini perangakat tersebut dijual dengan harga Rp499.000

Oppo Enco W51

Oppo Enco W51 mengemas driver dinamis 7mm di setiap bud dan memiliki rentang respons frekuensi 20Hz ~ 20KHz. Mereka dilengkapi dengan diagram graphene komposit TPU Ganda untuk meningkatkan respons audio dan kinerja treble. Selain itu, Enco W51 mendukung kontrol sentuh dan deteksi keausan serta fitur peredam bising hybrid untuk musik dan panggilan.

Salah satu fitur utama Oppo Enco W51 ialah menggunakan tiga mikrofon pada setiap bud bersama dengan chip reduksi gangguan digital inti ganda untuk mengurangi kebisingan hingga 35 dB.

Baca juga: Video: Review OPPO Reno 5F, Harga Irit, Spek Gak Pelit

Dalam pengujian kami peredam bising cukup layak, Enco W51 jelas tidak menghalangi semua suara dunia luar, kami masih mendengar pada rentang frekuensi rendah seperti suara kereta api dan klakson kendaraan. Tapi secara keseluruhan, fitur peredam bising pada Enco W51 sangat layak diapresiasi, untuk rentang harga Rp1.099.000.

Oppo Watch 41mm

Untuk produk wearable Oppo satu ini ialah berupa smartwatch, tak di pungkiri model 41mm ini merupakan perangkat jam tangan pintar yang andal, yang memiliki bentang layar 1,6 inci dan resolusi 320 x 360. Baterainya berkapasitas 300 mAh dengan tingkat ketahanan terhadap air 3 ATM.

Hanya ada satu varian warna untuk model 41 mm yakni hitam.  Kemudian disektor dapur pacunya ditenagai chip Ambiq Apollo 3 yang dikombinasikan konfirgasi memori RAM 1 GB/8 GB.

Seperti kebanyakan arloji pintar, Oppo Watch yang dibandrol Rp2499.000 ini memiliki beberapa sensor penunjang, seperti elektrokardiogram/EKG, GPS untuk merekam beragam aktivitas olahraga, mengatur jadwal tidur, Bluetooth 4.2, Outfit Matching AI Face, dan masih banyak lagi.

Oppo Watch 46mm

Sedangkan Oppo 46mm memiliki diagonal layar lebih luas yakni 1,91 inci dengan resolusi 402 x 476 piksel. Model ini dibekali baterai berkapasitas 430 mAh dengan tingkat ketahanan terhadap air 5 ATM. Model ini memiliki dua varian warna yakni hitam dan Rose Gold.

Sama halnya dengan model 41mm, smartwatch ini juga ditenagai chip Ambiq Apollo 3, yang didukung pula dengan konfigurasi RAM 1 GB/8 GB.

Baca juga: Konektivitas 5G Oppo Reno5 Dijamin ‘Aman’ Di Luar Negeri

Selain itu, model 46mm yang memiliki harga jual Rp3.999.000 ini menyediakan lima menit kursus olahraga dan lima mode olahraga dengan panduan pribadi untuk aktivitas olah tubuh lebih mudah dan lebih efisien bagi pengguna. Google Fit bawaan hadir dengan 90+ mode olahraga untuk membantu memperluas skenario penggunaan.

Keunggulan lainnya, hanya dalam waktu 15 menit pengisian daya, Oppo Watch 46mm dan juga di Oppo Watch 41mm ini dapat menghasilkan waktu pakai selama 18 Jam. Sementara baterai Oppo Watch akan terisi penuh setelah pengisian ulang selama 75 menit.

Artikel Terbaru