Beranda News Kominfo Umumkan 3 Operator yang Lolos Seleksi Lelang Frekuensi 2,3 Ghz ...

Kominfo Umumkan 3 Operator yang Lolos Seleksi Lelang Frekuensi 2,3 Ghz  

-

Jakarta, Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi mengugumkan operator yang dinyatakan lolos tahapan evaluasi administrasi lelang frekuensi 2,3 GHz yang sempat dibatalkan sebelumnya, Yakini Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren.

Ada tiga blok pita frekuensi yang akan dilelang dengan lebar pita masing-masing 10 MHz, yang bisa dimanfaatkan untuk layanan 5G. Adapun peserta seleksi yang lulus tahapan evaluasi administrasi akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tahapan lelang harga yang direncanakan berlangsung pada 19 April 2021, dalam hal Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021.

Baca juga: Pengamat: Smartfren Dan Telkomsel Berpeluang Menjadi Operator 5G Pertama di Indonesia

Dalam lelang ini sebenarnya memang ada lima operator seluler yang dilaporkan telah mengambil dokumen seleksi pada 17 Maret lalu, tapi hingga batas waktu yang ditentukan Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia tidak kunjung mengirimkan dokumen permohonan kepada Kominfo.

Hal ini menjadi menarik karena di lelang frekuensi 2,3 Ghz sebelumnya, Tri Indonesia menjadi salah satu dari tiga pemenang lelang, hanya saja tiba-tiba memang dibatalkan oleh Kominfo karena alasan administratif, optimalisasi dan maksimalisasi penerimaan negara.

Baca juga: Telkomsel Optimalisasi Tambahan Frekuensi 2,3 GHz

Dengan lolosnya ketiga operator tersebut, khususnya untuk Telkomsel dan juga Smartfren, pintu gerbang  menjadi operator pertama 5G di Indonesia sudah semakin dekat.

Karena menurut Muhammad Ridwan Effendi, Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB),  jika Smartfren dan Telkomsel berhasil mendapatkan keseluruhan blok tersebut, artinya menang 30 MHz, maka akan memiliki peluang menjadi operator 5G pertama di Indonesia.

Hal ini karena posisi dari Smartfren dan Telkomsel di lelang frekuensi 2,3 GHz terhitung strategis karena telah menghuninya dengan masing-masing mempunyai lebar pita 30 MHz. Lalu, Berca menguasai di zona 8, dan sisanya pada rentang 2360-2390 MHz sedang diperebutkan oleh operator peserta lelang.

Baca juga: Lelang Frekuensi 2,3 GHz Kembali Digelar, Ini Catatan Pentingnya

Sementara XL Axiata, sendiri memang diketahui sangat berminat dengan frekuensi tersebut, namun pada lelang pertama XL Axiata tidak masuk dalam daftar pemenang lelang. Namun setelah dinyatakan lolos evaluasi administrasi, dan harus berhadapan dengan Telkomsel dan Smartfren tentu bakal menjadi tantangan besar, pasalnya dua operator tersebut tak dipungkiri bakal memiliki ambisi yang kuat untuk memenangkan lelang itu.

 

Artikel Terbaru