Beranda News Telco Telkomsel Konsisten Persiapkan Jaringan 5G  

Telkomsel Konsisten Persiapkan Jaringan 5G  

-

Jakarta, Selular.ID – Teknologi 5G implikasinya sangat besar bagi masa depan. Sebagai teknologi jaringan seluler generasi terbaru Telkomsel melihat jika jaringan super cepat ini akan membawa beberapa pengembangan dan inovasi dari generasi sebelumnya, seperti enhanced mobile broadband, ultra-reliable and low latency communications, serta massive machine type communication.

“Dengan kecanggihan ini, 5G tidak hanya dapat meningkatkan pengalaman komunikasi dan digital bagi segmen konsumer, namun juga membuka lebih banyak use case untuk operasi antar perangkat bagi segmen industri. Dengan keunggulan tersebut, 5G merupakan teknologi inklusif yang akan membuka peluang dan kesempatan baru bagi masyarakat, industri dan negara kita. Oleh karena itu, Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital akan terus mempersiapkan adopsi dan adaptasi seluruh entitas yang ada di ekosistem digital untuk implementasi teknologi jaringan 5G di Indonesia,” jelas Manager Network Master Plan Telkomsel, Harry Utama dalam acara Workshop bertajuk 5G Myth Busting, Selasa (9/3).

Baca juga: Pengalihan Rampung, 6.050 Menara Telkomsel Kini Milik Mitratel

Hal pertama yang perlu dipersiapkan menuju penerapan teknologi komunikasi itu adalah ekosistem. Kemudian, spektrum yang digunakan. Harry menceritakan saat ini untuk penerapan 5G sedang dikaji oleh pemerintah. “Kami juga terus menjalin komunikasi dengan stakeholder terkait dalam hal ini,” kata Harry.

Lalu Telkomsel dalam hal ini tetap konsisten melakukan persiapan jaringan tersebut, baik pada segi software maupun hardware. Upaya tersebut guna mencapai gaya hidup digital yang inklusif di Indonesia.

Baca juga: Ini Startup Berdampak Sosial Terbaik di The NextDev Telkomsel

Mengenai kesiapan Indonesia dalam penyediaan layanan 5G, Harry mengatakan kendalanya saat ini juga terletak pada penelitian. “Harapan ke depannya, ketika telah diterapkan di Indonesia secara luas, 5G akan meningkatkan pengalaman digital penggunanya,” tutupnya.

Seperti diketahui, Telkomsel telah melakukan uji coba layanan 5G pada beberapa acara di Indonesia sejak 2017 lalu. Yakni, 5G Demo di Jakarta, Telkomsel 5G Experience Center pada pelaksanaan Asian Games di Jakarta, dan Telkomsel 5G for Industry 4.0 di Batam. Terakhir, pada The NextDev Summit di Jakarta pada Desember 2019 lalu.

Artikel Terbaru