Beranda Smartphone Canggih, Samsung Galaxy S21 Series Sarat Fitur Pendukung 5G  

Canggih, Samsung Galaxy S21 Series Sarat Fitur Pendukung 5G  

-

Jakarta, Selular.ID – 5G merupakan teknologi yang digadang-gadang sebagai masa depan industri telekomunikasi di dunia, sekaligus sebagai pembuka pintu gerbang kehidupan di era digital baru.

Dalam workshop Samsung Galaxy S21 Series 5G Tech Series: 5G Myth-busting, Product Marketing Manager Samsung Electronic Indonesia dari Divisi Mobile, Taufiqul Furqon, menyebut jaringan 5G bisa meningkatkan kreativitas warganet menjadilebih luas kedepan. Hal ini karena bandwidth 5G yang lebih besar dari pada 4G memungkinkan pengguna untuk men-streaming data berukuran besar dengan cepat. Selain memiliki download dan upload speed yang jauh lebih cepat, pengguna juga dapat melakukan streaming content video dengan resolusi tinggi tanpa perlu buffering.

Baca juga: Smartwatch Samsung Terbaru Usung Fitur Pemantau Gula Darah

“Seperti halnya 5G bagi industri telekomunikasi, Samsung menghadirkan Samsung Galaxy S21 Series 5G, terutama varian S21 Ultra 5G untuk memungkinkan para pengguna untuk mengintip ke masa depan. Perangkat ini hadir dengan Infinity-o Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 1440p sehingga pengguna dapat menikmati konten-konten beresolusi 2K menggunakan perangkat Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dengan lebih maksimal. Selain itu layar dari Samsung Galaxy S21 Series 5G juga dilengkapi dengan refresh-rate sebesar 120 fps yang memberikan pengalaman menonton yang sangat smooth dan immersive,” papar Taufiqul, Selasa (9/3).

Selain dengan streaming konten-konten video, dengan Bandwidth yang lebih tinggi, 5G juga memungkinkan pengguna untuk melakukan video call dengan resolusi yang lebih baik dan lancar, memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi musik atau konser melalui zoom menggunakan jaringan mobile.

Kemudian 5G jelas Taufiqul tidak sekedar persoalan peningkatan Bandwidth, namun juga menghadirkan low-latency connectivity yang semakin memperkecil jangka waktu yang diperlukan untuk koneksi perangkat satu ke perangkat lainnya.

Dengan teknologi low-latency yang dapat di-deploy secara massive, hal ini memungkinkan pengguna jaringan 5G untuk mengakses konten-konten dengan tingkat respon yang sangat cepat. “Bagi pelaku industry, ini berarti kemampuan untuk melakukan operasi mesin jarak jauh. Bagi konsumen, hal yang paling dekat dengan kita adalah implementasi 5G terhadap gaming, khususnya game online. Dari sisi perangkatnya sendiri, Samsung Galaxy S21 Series 5G didukung dengan Exynos 2100 yang semakin meningkatkan performa perangkat ketika digunakan untuk bermain game dengan settingan tertinggi dalam 120FPS bagi game-game yang telah men-support 120FPS,” kata Taufiqul.

Baca juga: Samsung Bantu Content Creator Muda Lewat Program Be A Galaxy Creator

Sementara itu teknologi 5G juga diposisikan sebagai peluang untuk benar-benar mengadopsi kekuatan dari 5G secara penuh, salah satu contohnya yang dapat dilihat saat ini adalah bagaimana 5G dapat berkontribusi kepada Internet of Things (IoT).

Taufiqul menuturkan meskipun belum sepenuhnya mengadopsi IoT, Samsung Galaxy S21 Series 5G telah memiliki fitur Smart Things yang memiliki banyak sekali potensi di masa depan. Saat ini, fitur SmartThings digunakan untuk mencari perangkat-perangkat Galaxy yang dimiliki oleh konsumen melalui SmartThings Find. “Kedepannya, fitur ini dapat menghubungkan dan mengoperasikan perangkat-perangkat yang ada di rumah bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dengan adanya teknologi 5G,” tandasnya

Artikel Terbaru