Beranda News E-Commerce JD.ID Dorong Transformasi UMKM melalui Optimalisasi Teknologi Digital

JD.ID Dorong Transformasi UMKM melalui Optimalisasi Teknologi Digital

-

Jakarta, Selular.ID – Menjelang ulang tahun ke-5, JD.ID menyampaikan pandangannya terkait perkembangan industri e-commerce di tahun 2021 serta bagaimana strateginya menghadapi transformasi digital. Menurut perusahaan, saat ini efek pandemi telah mempercepat transformasi sektor ritel. Kedepannya, e-commerce akan memiliki potensi pertumbuhan yang besar sebagai platform transaksi daring, mengingat masyarakat masih memilih untuk berbelanja secara online daripada offline.

Pada acara media briefing yang diselenggarakan secara virtual dengan tema “Continue to Make Joy Happen” hari ini (25/3/2021), Sandy Permadi, Chief Financial Officer JD.ID, mengatakan, “Kami melihat transisi aktivitas sehari-hari menjadi lebih digital. Pandemi telah menyebabkan perubahan perilaku dan kebiasaan baru di masyarakat serta memberikan pelajaran berharga bagi perusahaan, termasuk JD.ID. Kami terus berupaya untuk melakukan strategi dan inovasi dalam menghadapi tantangan yang akan terjadi di masa mendatang.”

Sejak beroperasi tahun 2016, JD.ID aktif berkolaborasi dengan perusahaan induknya, JD.com, untuk mengembangkan banyak terobosan digital, termasuk mendorong pasar regional untuk menyediakan lebih banyak akses ke pengguna. Perusahaan juga membangun lebih banyak kehadiran gerai offline agar lebih dekat dengan para pelanggan.

Tertekan oleh penyusutan ekonomi sejak tahun lalu, mendorong pasar lokal untuk tumbuh dengan sendirinya, membeli barang dan kebutuhan dari masyarakat, secara lokal. Melihat prospek ini, JD.ID berupaya untuk mempertahankan brand atau UMKM lokal untuk mengembangkan kemampuan pemasaran mereka dengan menjual produk mereka di platform JD.ID, tentunya setelah melewati proses kurasi yang cermat.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke-5, JD.ID mengajak seluruh pelanggannya untuk bersama-sama menikmati berbagai promosi menarik, seperti Pasti Diskon 50%, Flash Sale Rp5, Top Brand & Seller Setiap Hari, Cashback 5x, Gratis Ongkir dan Voucher Miliaran Rupiah.

Leo Haryono, Chief Marketing Officer JD.ID yang baru bergabung dengan JD.ID pada Februari 2021 dan menjadi narasumber pada media briefing hari ini, menyatakan “Kami menyadari pandemi masih menjadi headline tahun ini, maka dari itu kami terus berusaha untuk memaksimalkan pengalaman berbelanja para pelanggan sehingga mereka dapat berbelanja dari rumah dengan nyaman dan bebas repot. Berkaca pada tahun 2020, maka tahun ini JD.ID akan terus mengembangkan kapabilitasnya dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, terpercaya, dan andal bagi seluruh pelanggan, agar aktivitas belanja menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman.”

Untuk lebih meningkatkan kepercayaan dan meningkatkan pengalaman berbelanja para pelanggan sepanjang tahun, JD.ID memiliki beragam penawaran unik, seperti kontrol kualitas logistik dari ujung ke ujung, model O2O (online to offline) inovatif untuk gerai online sekaligus offline, serta platform marketplace yang dikurasi. Hal ini mengarah pada pengiriman yang aman dan kualitas produk yang lebih baik. Selain itu, JD.ID juga melakukan terobosan lainnya, seperti menciptakan nilai tambah bagi pasar e-commerce Indonesia dengan mensinergikan pengalaman belanja online dan offline, serta mendorong digitalisasi UMKM untuk berkontribusi lebih bagi perekonomian bangsa.

JD.ID juga memastikan perusahaan akan terus meningkatkan layanannya untuk memenuhi permintaan pelanggan yang semakin meningkat, “JD.ID akan terus memberikan pengalaman belanja online yang terbaik bagi para pelanggan. Ulang tahun ke-5 menandai pencapaian kolektif, tantangan, dedikasi, dan upaya dari karyawan, mitra, dan para pelanggan kami agar JD.ID berkembang menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia,” tutup Leo.

Artikel Terbaru