Beranda News Rumour Bocoran Android 12 Mulai Terkuak

Bocoran Android 12 Mulai Terkuak

-

Jakarta, Selular.ID – Google dikabarkan akan merilis versi beta pengembang pertama dari Android 12. Belum banyak informasi yang terungkap, namun terkait tanggal peluncurannya bisa diprediksi berdasarkan fakta yang pernah ada.

Seperti yang kita ketahui, Google memiliki kebiasaan dalam merilis beta pengembang beberapa bulan kemudian setelah beta publik dan akan rilis secara resmi sekitar bulan Agustus.

Proses pengembangan untuk setiap versi baru Android pun terbilang cukup lama, dengan beta pengembang biasanya dirilis di awal tahun. Pada tahun 2020, Google merilis versi beta pengembang pertama Android 11 pada 19 Februari.

Apabila  Google masih mengikuti alur yang sama, maka Android 12 kemungkinan besar akan meluncur pada Agustus atau September 2021.

Baca juga: Android 12 Bakal Hadirkan Fitur Split-Screen Baru

Bocoran Fitur Baru Android 12 

Dalam setiap Proses pengembangan untuk setiap versi baru, pastinya tak lupa fitur anyar juga akan disiapkan. Begitu juga dengan rencana peluncuran Android 12, pastinya terdapat fitur-fitur yang melengkapinya. Dikutip dari PhoneArena, terdapat fitur-fitur baru yang akan hadir di Android 12, beberapa diantaranya meliputi App Pairs split screen mode, Scrolling screenshots, Smart rotation lock, App hibernation, Double-tap gesture command for the rear, dan New notification interface.

Bocoran Tampilan Android 12

Soal bocoran terkait tampilan yang akan terpampang di Android 12, rumor yang beredar mengungkapkan bahwa akan ada UI notifikasi baru di Android 12 yang menggantikan tampilan transparan saat ini dengan buram krem ​​muda.

Rona mungkin berubah jika mode gelap diaktifkan, sudut membulat dari setiap notifikasi lebih mudah dilihat. Google memang mengurangi jumlah ikon Pengaturan Cepat menjadi empat dari enam dan ini akan muncul ketika panel notifikasi diperluas.

Ikon lebih besar dari biasanya karena jumlah ikon yang digunakan lebih sedikit. Posisi tanggal dan jam telah ditukar di depan layar, dan ada indikator privasi baru di sudut kanan atas.

Jika pengguna mengetuk ikon-ikon ini maka nantinya akan ada pemberitahuan tentang aplikasi mana yang menggunakan mikrofon dan kamera di ponsel pengguna.

Ikon “Sensor mati” di Setelan Cepat akan memungkinkan pengguna untuk mematikan dan menonaktifkan semua sensor di ponselnya dengan satu ketukan. Menu Opsi pengembang harus diaktifkan untuk melihat ikon ini.

Melihat tangkapan layar di atas, terlihat ada tampilan yang benar-benar baru untuk widget, mirip dengan tampilan widget di iOS 14.

Terdapat juga label privasi kode warna baru yang menerangi pengukur sinyal ketika mikrofon dan kamera perangkat telah digunakan atau sedang diakses oleh aplikasi.

Sekali lagi, ini mirip dengan fitur iOS yang menempatkan titik berwarna di layar saat aplikasi baru-baru ini mengakses atau sedang menggunakan mikrofon dan kamera pengguna.

Artikel Terbaru