Meski Sudah Update Patch, OS Android 12 Masih Ada Bug

Pembaruan Android 12

Selular.ID – Terlepas dari tampilan yang segar dan beberapa fitur kelas atas yang menarik, tetapi pada patch Desember masih ada bukti bug dari Android 12, karena Pixel 6 mendapatkan masalah koneksi jaringan yang diperburuk setelah update patch.

Karena hal tersebut Google menghentikan pembaruan dan kemudian menghapusnya dari arsipnya untuk mencegah unduhan manual. Sampai saat ini, perusahaan teknologi asal AS belum memberikan penjelasan untuk pembaruan yang bermasalah.

Laporan dari The Verge, tetapi google mengisyaratkan pada pernyataan bahwa perbaikan akan datang pada akhir Januari yang akan mencakup semua perbaikan bug yang direncanakan untuk patch Desember.

Baca Juga: Android 13 Bawa Fitur Tap to Transfer, Apa Kegunaannya?

Mishaal Rahman sebagai ahli dalam menggali basis kode Android dan terkenal dengan pembocor info dari Google, telah menduga bahwa masalah yang terjadi pada patch Desember Android 12 ini berkaitan dengan ukuran pembaruan yang luar biasa besar, khususnya yang dialami oleh Pixel 6.

“Banyak orang menyebutnya, termasuk saya sendiri, pembaruan OS Android 12 adalah yang terbesar untuk Android sejak Android 5.0 Lollipop, selain itu juga karena, Ada begitu banyak perubahan besar pada antarmuka dan set fitur.” Ujar Rahman

Dia juga menambahkan, bahwa komitmen Google untuk mengeluarkan pembaruan Android baru setiap tahun dapat memperburuk keadaan ketika mencoba menghadirkan begitu banyak hal, dan dengan memaksakan siklus pengembangan dalam satu tahun mempersempit ruang gerak timeline meninggalkan banyak ruang gerak di timeline.

Baca Juga: Browser Android Ini Cegah Situs Melacak Pengguna

Padahal Google telah memposisikan Pixel 6 dan 6 Pro sebagai flagship sejati, dengan prosesor khusus dan tampilan desain yang lebih halus, walupun tidak terlalu unik dibandingkan generasi sebelumnya. Update Patch dari Android 12 yang mengalami Bug ini berisiko menghilangkan citra baik yang diharapkan oleh para pembuat perangkat.

Seperti yang ada pada cuitan Twitter dari Marques Brownlee yaitu YouTuber terkenal karena video-videonya yang berfokus pada teknologi, yang menjelaskan bahwa sejak dibeli pada Oktober Pixel 6 miliknya malah mengalami permasalahan ia juga sudah tidak lagi merekomendasikan perangkat dari Google tersebut.

Karena perangkat smartphone yang berkelas dengan pengalaman perangkat lunak terkadang masih tidak merata. Itu lebih mudah untuk dimaklumi jika terjadi masalah tersbut pada smartphone kelas anggaran, tetapi sulit untuk menerimanya dari perangkat premium.