Beranda Apps Belum Genap Setahun, Total Unduhan Clubhouse Nyaris 11 Juta!

Belum Genap Setahun, Total Unduhan Clubhouse Nyaris 11 Juta!

-

Jakarta, Selular.ID – Clubhouse, aplikasi sosial berbasis audio  telah meledak popularitasnya akhir-akhir ini. Sekarang aplikasi besutan mantan karyawan Google itu sudah melampaui 10 juta unduhan di App Store secara global.

Menurut perkiraan SensorTower Clubhouse akan mencapai 11 juta unduhan dalam waktu kurang dari setahun sejak diluncurkan pada Maret 2020.

Yang dimana menjadikan AS sebagai pasar nomor satu dengan menyumbang 2,8 juta unduhan, atau sekitar 25 persen dari semua pemasangan aplikasinya. Sedangkan Jepang dan Rusia mengumpulkan masing-masing 1,5 juta dan 784.000 unduhan. Yang menarik di India sendiri ternyata berada di peringkat ke-29, secara global untuk unduhan Clubhouse dengan mengumpulkan 42.000 pemasangan hingga saat ini, menurut Sensor Tower.

Baca juga: Ternyata Ada Ancaman Dibalik Aplikasi Populer Clubhouse!

Padahal pasar India untuk platform sosial media merupakan yang terbesar, alasanya salah satunya karena Clubhouse baru tersedia di iPhone, sedangkan India tak dipungkiri merupakan pasar Android yang sangat kuat.

Meningkatnya popularitas Clubhouse di Dunia secara mendadak berkat didorong popularitas penggunanya, seperti CEO Tesla Elon Musk dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg tidak langsung direspon oleh pihak pengembang.

Karena memang aplikasi yang baru seumur jagung ini mendadak mendapat respon dari pengguna umum yang luar biasa besar. Ditambah inovasi sosial media yang dihadirkan memang cenderung baru.

Kendati populer keberadaan Clubhouse tidak berjalan mulus, di negara-negara seperti China dan Thailand, aplikasi ini menghadapi kritik karena telah digunakan sebagai media untuk kebebasan berbicara, dan untuk mengekspresikan perbedaan pendapat terhadap otoritas yang berkuasa.

Baca juga: Pengamat: Memutus Pola Kejahatan Daring Tiktok CS Melalui Edukasi    

Sementara di Indonesia sendiri aplikasi ini terancam diblokir pasalnya Clubhouse sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) belum melakukan pendaftaran, sesuai aturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo No 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Dan sesuai peraturan PSE yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses, penutupan akun dan penghapusan konten.

Aturan main pendaftaran bagi PSE lingkup privat dilakukan sebelum sistem elektronik itu mulai digunakan oleh pengguna. Masa pendaftaran adalah 6 bulan sejak PM diundangkan pada tanggal 24 November 2020. Ketentuan ini berlaku untuk semua PSE, tidak hanya Clubhouse.

Artikel Terbaru