Beranda News Enterprise ZTE dan Omdia Rilis White Paper tentang 5G Messaging

ZTE dan Omdia Rilis White Paper tentang 5G Messaging

-

Jakarta, Selular.ID – ZTE mengumumkan kerja sama dengan Omdia, perusahaan market-research terkemuka di dunia, bersama–sama merilis white paper “5G Messaging Poised to Deliver Ecosystem Innovation.”

White paper tersebut menganalisa persyaratan layanan pesan dari berbagai operator di era 5G, memperkenalkan solusi 5G Messaging ZTE serta 5G Messaging China Mobile. ZTE merupakan perusahaan pertama di industri yang memperkenalkan solusi 5G Messaging. Dengan messaging platform terbesar di dunia, ZTE telah melayani lebih dari 100 juta pengguna dan telah menyampaikan pesan 5G pertama di dunia melalui platform 5G Messaging.

White paper tersebut turut menunjukkan bahwa 5G Messaging akan memberikan peluang bagi operator untuk meningkatkan layanan pesan dalam tiga bidang utama yaitu 5G SMS (ToC), 5G rich media message (ToC dan ToB), dan 5G IoT message (IoT). 5G Messaging dapat mencakup seluruh skenario layanan seperti, individu, perusahaan, dan IoT.

“ZTE tidak hanya menyediakan jasa platform, namun turut berkomitmen untuk mempromosikan pengembangan industri 5G Messaging,” jelas Wang Quan, Vice President, ZTE.

“OpenLab ZTE menyediakan pengembangan yang menyeluruh dan terpadu serta platform inovasi layanan bagi mitra. Lebih dari 30 penyedia layanan 5G Messaging telah terhubung ke platform, dan lebih dari 100 aplikasi Chatbot telah disediakan. Kami berharap seluruh industri dapat bekerjasama untuk menciptakan situasi yang saling menguntungkan dan mempromosikan kesuksesan 5G Messaging,” tambah Quan.

Pamela Clark-Dickson, Principal Analyst for Advanced Messaging and Communications, Service Provider Consumer Team, Omdia, mengatakan bahwa perusahaan telekomunikasi perlu mempertimbangkan manfaat dari pengembangan strategi 5G Messaging yang merangkum tentang peluncuran layanan pesan berbasis telekomunikasi di seluruh jaringan dan perangkat 5G, serta pemetaan layanan ke konsumen, perusahaan, dan pasar perangkat yang terhubung.

Namun, hal ini tidak dapat dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi secara terpisah karena keputusan tersebut akan berdampak pada pemain lain dalam rantai nilai. Bekerjasama dengan mitra dapat membantu untuk menciptakan inovasi dalam pengembangan layanan dan model bisnis baru.

Sebagaimana ekosistem telah berkembang dalam P2P dan A2P SMS, ekosistem akan turut berkembang dalam 5G Messaging dan kemungkinan akan berisi banyak pemain yang sama namun turut memberikan kesempatan bagi mitra baru untuk berpartisipasi.

Artikel Terbaru