Beranda Smartphone Memilih Smartphone Untuk Membuat Video Berkualitas

Memilih Smartphone Untuk Membuat Video Berkualitas

-

Jakarta, Selular.ID – Membuat video menggunakan smartphone hal yang sudah umum dilakukan bagi blogger, influencer, selebgram atau konten kreator. Alasannya, mungkin lebih praktis membuat video mengandalkan smartphone, atau harga. Sebagaimana kita ketahui harga smartphone lebih terjangkau ketimbang camcorder, handycam juga camera SLR.

Tapi perlu diingat, untuk menghasilkan video yang berkualitas, kalian harus mengandalkan smartphone yang mendukung fitur kamera, video mumpuni. Berikut spesifikasi yang harus diperhatikan untuk membuat video berkualitas.

Fitur Kamera Mumpuni
Kalian bisa menggunakan smartphone dengan melihat megapixel untuk hasil video yang memuaskan. Tidak hanya itu, cara memilih kamera bagus harus memperhatikan fitur yang ditawarkannya. Kalian perlu mempertimbangkan berbagai fitur yang tersedia pada kamera smartphone, karena ini akan menentukan kualitas gambar yang dihasilkan nantinya.

Tersedia Fitur HDR
Fitur HDR juga perlu diperhatikan. High Dynamic Range atau yang biasa disingkat HDR ini memiliki kegunaan untuk mengambil gambar dengan jangkauan pencahayaan yang lebih luas dan dinamis dibandingkan foto yang diambil tanpa mengaktifkan HDR.

Merekam Video
Cara memilih smartphone untuk membuat video bagus adalah memperhatikan fitur rekaman 4K. Memilih kamera dengan fitur rekaman 4K akan membuat rekaman video  semakin jernih.

Aplikasi Edit Video
Selain menggunakan software pengedit video yang tersedia di laptop. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi edit video yang  mudah dilakukan di Android.  Aplikasi edit video di Android ini lebih memudahkan menggabungkan, memotong atau menambah effect suara dalam video yang kamu ambil langsung dari smartphone.

Hands On Oppo Reno5Layar besar
Ukuran layar juga menjadi pertimbangan  membuat video di smartphone, hal ini  memudahkan dalam membuat video, supaya objek dapat tertangkap dengan baik. Minimal ukuran layar 6.4 inch.

Harga
Harga juga penting untuk masuk dalam list. Biasanya smartphone di rentang harga Rp4 jutaan, sudah bisa mendapatkan smartphone yang cukup mumpuni untuk konten video.

Nah dari ketentuan-ketentuan dalam memilih smartphone untuk membuat video. Oppo Reno5 memenuhi kriteria itu. Dari fitur kamera, video ukuran layar, aplikasi edit video juga harga.

Oppo Reno5
Untuk layar, Oppo Reno5 menggunakan ukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90 Hz. Membawa desain kekinian, Oppo Reno5 dijanjikan punya tampilan bebas sidik jari dan clean.

Terdepan di industri saat ini yakni AI Mixed Portrait video eksposur ganda pertama pada smartphone dan AI Highlight Video fitur yang menggunakan deteksi cahaya cerdas untuk menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR yang meningkatkan kualitas video secara signifikan dalam suasana cahaya redup dan cahaya latar yang kuat.

Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk menangkap, menyunting, dan berbagi video berkualitas profesional dengan mudah dan cepat.

AI Portrait Expert
Oppo Reno5 memperkenalkan sistem kamera belakang baru yang menampilkan matriks quadcam 64MP dan kamera depan 44MP. Keduanya hadir dengan peningkatan Oppo Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System, sebuah sistem pencitraan yang dirancang untuk efek video potret yang superior. Sistem ini terdiri dari dua mesin, Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret.

Mesin Peningkatan Kualitas membantu menangkap video yang jernih dalam kondisi apa pun, baik dalam kondisi malam hari atau cahaya latar yang kuat, saat bergerak atau berdiri diam. Mesin Persepsi Potret akan mendefinisikan kriteria yang sangat rinci untuk efek potret guna memproses secara alami subjek manusia dan video latar belakang.

Bersama-sama, sistem ini menghadirkan pengalaman terbaik dalam menangkap video potret dalam kualitas sempurna.

Didukung oleh FDF Potrait Video System, Oppo Reno5 membawa kualitas video potret ke level berikutnya dengan kehadiran AI Highlight Video, fitur pertama di industri yang secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR.

Dalam skenario lingkungan yang gelap, algoritma Ultra Night Video akan aktif secara otomatis untuk mencerahkan lingkungan sekitar, sementara pada skenario cahaya latar kuat akan mengaktifkan algoritma Live HDR untuk mengurangi area yang terlalu terang. Kedua fungsi tersebut membuat video dengan eksposur dan kecerahan yang lebih baik, lebih sedikit noise, dan warna yang jernih dan alami hanya dengan satu klik tombol “AI” saat dalam mode video.

Performa bidikan potret pada Oppo Reno5 juga telah melalui peningkatan yang signifikan dengan Oppo Image-clear Engine. Pengoptimalan tingkat sistem ini memungkinkan pengguna mengambil bidikan yang jelas dari subjek bergerak, atau dengan cepat menangkap momen dengan hasil yang tajam.

Oppo Reno5 didukung fitur Ultra-clear 108MP Image, yang dapat menampilkan detail dan tekstur kaya dalam gambar potret dan memberi pengguna banyak kemudahan saat melakukan penyuntingan.

AI Mixed Portrait
Dengan menggabungkan video potret dan video latar belakang, AI Mixed Portrait menghadirkan efek video eksposur ganda ke smartphone untuk pertama kalinya, memungkinkan efek artistik baru. Fitur ini hadir dengan dua mode yang berbeda di mana pengguna dapat menyesuaikan bagaimana video potret dapat menyatu dengan video latar belakang.

Baca Juga:Mengenal Fitur AI Mixed Portrait dan AI Highlight Video pada Oppo Reno5

Fitur Dual-view Video
Memungkinkan video ditangkap dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Fungsi perekaman perspektif ganda ini dengan mudah menggabungkan pengguna dan objek yang direkam dalam satu bingkai video yang sama, sehingga cocok digunakan untuk para vlogger dan konten kreator.

Aplikasi Soloop
Selain itu, aplikasi penyuntingan video Soloop kini dapat diakses melalui antarmuka kamera Oppo Reno5. Aplikasi video editor buatan Oppo ini memberi pengguna opsi untuk menyunting video berkualitas tinggi dengan mudah melalui template video dan alat penyuntingan berkualitas profesional. Perangkat Oppo Reno5 resmi meluncur ke Indonesia dengan harga Rp 4.999.000.

Artikel Terbaru